Skip to main content

Pengertian Pegunungan Patahan dan Jenis-Jenisnya

Pengertian pegunungan patahan – Seperti apa yang dimaksud dengan pegunungan patahan itu? Pernahkah kamu mempelajari materi tentang apa yang dimaksud pegunungan patahan?. Materi tersebut biasanya sering di ajarkan di sekolah dalam pelajaran geografi. Bagi kalian yang belum pernah mendapatkan materinya atau sudah mendapatkannya namun lupa atau kurang paham, maka kalian bisa menyimak penjelasan dari kami untuk mengetahui apakah yang dimaksud pegunungan patahan itu. Berikut ini adalah penjelasan secara singkat yang bisa kamu pahami tentang apa yg dimaksud pegunungan patahan.
Pengertian Pegunungan Patahan dan Jenis-Jenisnya

Pengertian pegunungan patahan

Pegunungan patahan adalah pegunungan dengan struktur geologi patahan/ sesar. Terjadinya struktur patahan itu dikarenakan adanya gerakan mendatar lempeng kerak bumi yang mengenai lapisan batuan yang tidak lentur, sehingga akan mengalami patah-patah. Patahan terdiri dari beberapa jenis-jenis atau macam-macam patahan. Jenis-jenis patahan diantaranya yaitu patahan normal, patahan rebah, sesar geser, host dan graben. Di setiap macam-macam atau jenis-jenis patahan ini tentunya mempunyai sebuah proses untuk terbentuknya patahan tersebut yaitu mengalami kejadian-kejadian serta kerugian-kerugian yang sangat besar yang mungkin saja mempunyai dampak positif, manfaat, maupun kerugian. Dalam pembahasan ini kami akan membahas tentang penjelasan jenis-jenis patahan, penjelasannya adalah sebagai berikut ini.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis-jenis Patahan

Berikut ini adalah jenis-jenis patahan beserta gambarnya.
  • Patahan Normal dapat terjadi jika letak bagian yang terpatah di atas bidang patahan.
  • Patahan Rebah (Thrush Fault) yaitu patahan yang terjadi turun ke bawah yang merupakan akibat lanjutan dari lipatan. Apabila tekanan dari salah satu sisi lebih kuat serta berlangsung terus menerus, maka struktur lipatan akan rebah dan porosnya terjadi pada bidang patahan.
  • Sesar Geser yaitu patahan yang bergeser secara horizontal yang searah dengan garis poros. Contoh sesar geser yaitu wilayah yang menjadi pusat gempa di California Amerika Serikat, dan sesar Opak yang merupakan pusat gempa di Yogya karta pada tanggal 27 Mei tahun 2006.
  • Horst yaitu segmen atau bagian dari patahan yang menonjol ke atas, kemudian graben yaiitu segmen yang mengalami turun ke bawah.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Seperti itulah penjelasan yang bisa kami berikan tentang pengertian pegunungan patahan dan jenis-jenisnya. Semoga apa yang kami jelaskan pada blog temukan pengertian tersebut bermanfaat untuk kita semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar