Pengertian Batuan Sedimen dan Jenisnya

Advertisement
Pengertian batuan sedimen dan jenisnya – Seperti apa itu batuan sedimen? Diantara kamu tentunya ada yang pernah mendengar batuan sedimen, namun belum tahu tentang apa yang dimaksud batuan sedimen. Untuk itulah kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan batuan sedimen. Penjelasan di sini kami tulisakan untuk anda agar bisa memahami tentang apa definisi batuan sedimen. Selain menjelaskan tentang definisi dari batuan sedimen kami juga menjelaskan tentang jenis jenis batuan sedimen. Oke langsung saja simak penjelasan arti batuan sedimen dan jenis-jenisnya berikut ini.
Pengertian Batuan Sedimen dan Jenisnya

Pengertian Batuan Sedimen

Batuan sedimen disebut dengan batuan endapan. Batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk dari endapan bahan-bahan yang terbawa oleh air dan angin. Ada pula yang menyebutnya sedimentasi. Sudah tahukah kamu apa yang dimaksud sedimentasi itu? Jika belum silahkan baca artikel yang berjudul: Pengertian Sedimentasi dan Macamnya yang telah kami tulis sebelumnya. Batuan endapan atau sedimen itu dikelompokan menjadi 3 jenis yaitu batuan sedimen klastika, kimia dan organik. Untuk penjelasan dari 3 jenis-jenis batuan sedimen tersebut silahkan baca penjelasannya sebagai berikut.

Jenis Jenis Batuan Sedimen

Jenis jenis batuan sedimen adalah sebagai berikut ini:
  • Batuan Sedimen Klastika yaitu batuan sedimen yang terdiri dari hancuran batuan atau klstika-klastika yang mengendap secara alami/ mekanik oleh gaya beratnya sendiri. Batuan sedimen klastika disebut juga dengan sebutan batuan sedimen mekanik. Contoh batuan sedimen klastika yaitu batu pasir, konglomerat, breksi dan batu lempeng. Batu pasir adalah batuan endapan yang asalnya dari fragmen batuan yang ukurannya 1/16 – 2 mm. Ukuran klastika pada sedimen ini itu menunjukkan tempat terbentuknya. Konglomerat yaitu endapan krikil yang sudutnya membulat atau jauh terbawa oleh aliran sungai). Breksi yaitu endapan krikil yang sudutnya tajam (masih dekat dengan tempat mulanya). Breksi dan konglomerat merupakan endapan darat di sepanjang sungai hingga dengan muara. Pasir diendapkan di sepanjang pantai hingga kedalamannya mencapai 200 meter di laut.
  • Batuan Sedimen Kimia yaitu batuan sedimen yang terbentuk dari adanya reaksi kimia, seperti evaporasi, presitasi, serta konsentrasi. Contoh batuan sedimen kimiawi adalah yaitu stalagmit, stalaktit, gypsum dan batu garam.
  • Batuan Sedimen Organik (Sedimen Asal Jasad) yaitu batuan sedimen yang asalnya dari sisa-sisa jasad hidup atau batuan sedimen yang dibbuat oleh jasad hidup. Sedimen ini digolongkan menjadi 2 macam yaitu sedimen biomekanik dan sedimen biokimia.Sedimen biomekanik yaitu endapan dari sisa-sisa bagian tubuh jasad hidup yang secara alami mengendap karena beratnya sendiri. Contoh sedimen biomekanik yaitu batu gamping berlapis, batu gamping numilites, batu gamping kerang. Sedimen biokimia yaitu pengendapan unsur gamping serta silisium dengan batuan makhluk hidup. contoh batuan sedimen biokimia yaitu batu gamping terumbu (rumah binatang karang) serta tanah diatomea (pengendapan unsur silisium karena CO2 (karbon dioksida) di dalam air banyak yang diserap ganggang diatomea).
Seperti itulah penjelasan singkat yang bisa kami berikan tentang pengertian batuan sedimen dan jenisnya. Semoga apa yang telah kami jelaskan pada blog temukan pengertian ini bisa dipahami dengan baik.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru