Pengertian Lava dan Lahar

Advertisement
Pengertian lava dan lahar – Kita mungkin pernah mendengar apa itu lava dan lahar. Namun tahukah kamu apa yang dimaksud lava dan lahar? Biasanya materi tentang apa yang dimaksud dengan lava dan lahar di ajarkan di sekolah dalam pelajaran geografi. Dalam latihan soal maupun UAS terkadang kita menjumpai pertanyaan “jelaskan apa yang dimaksud dengan lava dan lahar”. Diantara kamu tentunya yang sudah memahaminya akan bisa menjawabnya, namun bagi yang belum memahaminya akan sulit untuk menjawabnya. Untuk itu di sini kami akan menjelaskan apa yang dimaksud lava dan lahar. Silahkan anda simak definisi lava dan lahar yang kami sampaikan di sini. Selain menjelaskan tentang apa arti lava dan lahar di sini kami juga menjelaskan tentang perbedaan antara lava dan lahar. Sebab beberapa orang menganggap kalau lava dan lahar itu sama, padahal jelas-jelas berbeda. Ada juga yang tahu kalau lava dan lahar itu beda namun sulit untuk membedakannya, karena itullah di sini juga kami bahas perbedaan lava dan lahar.
Pengertian Lava dan Lahar

Pengertian Lava dan Lahar

Lava dan lahar merupakan bahan yang dikeluarkan gunung api. Pengertian Lava adalah bahan cair liat serta panas yang dikeluarkan oleh gunung api. Pengertian Lahar adalah lava yang sangat cair serta mengalir menuruni lereng gunung. Lahar dikelompokan menjadi 2 macam yaitu lahar panas dan lahar dingin. Lahar panas yaitu lahar yang keluar ketika letusan gunung bercampur dengan air telaga di kawah gunung api. Kemudian Lahar dingin yaitu lahar yang lama bertumpuk serta diguyur oleh hujan dan mengalir turun sebagai banjir lahar dingin atau golado.

Perbedaan Lava dan Lahar

Perbedaan antara lava dan lahar bisa kita lihat atau kita analisis dari pengertian lava dan lahar. Apabila dilihat dari pengertiannya tersebut maka bisa dibedakan kalau lava adalah cairan yang keluar dari gunung api, sedangkan lahar merupakan cairan lava yang menuruni lereng gunung api.

Itulah informasi yang bisa kami jelaskan tentang Pengertian lava dan lahar. Semoga apa yang kami jelaskan di atas dalam blog temukan pengertian ini bisa menambah ilmu pengetahuan yang kita miliki.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru