Pengertian Relief Mikro dan Macam Relief Mikro

Pengertian Relief Mikro dan Macam Relief Mikro - Dalam pelajaran geografi di sekolah tentunya diajarkan sebuah materi tentang pengertian relief makro dan relief mikro. Sudah dapatkah kamu tentang materi tersebut? Mungkin diantara kamu ada yang sudah dapat namun lupa, ada juga yang belum dapat. Nah untuk pengertian relief makro silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul: Pengertian Relief Makro dan Bentuk Relief Makro. Sedangkan untuk pengertian relief mikro akan kami bahas dalam artikel ini. Seperti apa yang dimaksud relief mikro? Mari kita bahas apa yang dimaksud dengan relief mikro dan juga macam relief mikro.
Pengertian Relief Mikro dan Macam Relief Mikro

Pengertian Relief Mikro

Relief mikro adalah bentuk-bentuk permukaan bumi dan terkandung (terdapat di dalam) relief makro. Relief mikro merupakan bagian dari relief permukaan bumi yang kita ketahui bahwa relief permukaan bumi itu dibedakan menjadi dua macam yaitu relief makro dan relief mikro.

Macam Relief Mikro

Sebutkan macam macam relief mikro? Berikut ini adalah macam-macam relief mikro atau bentuk-bentuk relief mikro.
  • Dataran tinggi yaitu tanah datar yang lebih tinggi dari pada daerah sekitarnya. Contoh dataran tinggi yaitu: dataran tinggi Alas dan dataran tinggi Gayo (di pulau Sumatera), dataran tinggi Bandung dan dataran tinggi Dieng (di pulau Jawa).
  • Dataran rendah yaitu daerah rendah dan datar. Biasanya daerah ini adalah endapan erosi dari daerah sekitarnya. Dataran rendah banyak dipergunakan sebagai area persawahan sebah lebih mudah mengairinya.
  • Dataran polos/ nyaris (peneplain) yaitu dataran rendah yang posisinya sedikit miring ke arah laut karena mengalami erosi secara terus-menerus. Meskipun dataran rendah, namun tidak subur sebab lapisan tanahnya di bagian atas sudah hilang.
  • Pegunungan yaitu daerah yang lebih tinggi dibanding dengan daerah sekitarnya karena banyak gunung.
  • Gunung yaitu daerah muka bumi yang bentuknya kerucut atau seperti kubah. Beberapa gunung ada yang bersifat vulkanik, yang sering disebut dengan gunung api. Gunung-gunung api yang ada di Indonesia bisa menghasilkan tanah yang subur.
  • Lembah yaitu daerah yang lebih rendah dibanding dengan daerah sekitarnya. Umumnya lembah dihasilkan dari erosi.
  • Plato yaitu dataran tinggi yang permukaannya atau bagian atasnya rata dan dibatasi oleh tebing-tebing yang terjal sisa dari erosi.

Seperti ituah penjelasan yang bisa kami berikan tentang Pengertian Relief Mikro dan Macam Relief Mikro. Semoga apa yang kami sampaikan dalam blog temukan pengertian ini bisa memberikan manfaat.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru