Pengertian Relief Makro dan Bentuk Relief Makro

Pengertian Relief Makro dan Bentuk Relief Makro - Dalam pelajaran geografi di sekolah mungkin kamu pernah menjumpai pertanyaan “jelaskan pengertian relief makro”. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan relief makro?. Mungkin kamu pernah mendapat materi tentang apa yang dimaksud relief makro namun sudah lupa, atau malah belum pernah dapat sama sekali. Maka dari itulah dalam pembahasan ini kami akan menjelaskan tentang apa itu relief makro. Di sini selain menjelaskan tentang pengertian relief makro juga akan kemi jelaskan tentang apa saja bentuk relief makro itu. Silahkan di baca penjelasan berikut ini sampai selesai agar bisa lebih memahaminya.
Pengertian Relief Makro dan Bentuk Relief Makro

Pengertian Relief Makro

Relief makro adalah bentuk-bentuk permukaan bumi yang sangat besar meliputi sebuah benua bahkan beberapa benua. Relief makro itu merupakan bagian dari relief permukaan bumi yang mana relief permukaan bumi itu dibagi menjadi dua macam yaitu relief makro dan relief mikro. Untuk penjelasan tentang relief mikro akan kami ulas dalam artikel selanjutnya.

Bentuk Relief Makro

Macam macam relief makro (bentuk relief makro) itu dibagi menjadi 3 macam yaitu perisai benua, dataran stabil, dan jalur pegunungan. Penjelasan dari 3 macam relief makro tersebut adalah sebagai berikut ini.
  • Perisai benua adalah dasar benua-benua yang berbentuk sedikit cembung seperti perisai atau tameng. Perisai benua juga sering disebut dengan sebutan SHILED. Saat ini dasar benua tersebut terkubur oleh lapisan endapan yang sangat tebal. Batuan-batuan yang terdapat pada perisai benua umurnya sudah sangat tua dan sudah mengalami perubahan bentuk dan sifat (metamorfosa).
  • Dataran stabil atau yang disebut dengan (stable plateform) adalah dataran yang luas di atas permukaan atau lapisan endapan yang tebal yang menutupi perisai benua. Contoh dataran stabil yaitu dataran luas yang ada di Amerika Utara. Dataran ini bisa disebut dengan dataran stabil itu dikarenakan lapisan sedimennya masih tersusun rapi dari bawah ke atas tanpa adanya perubahan yang berarti. Sekarang dataran tersebut telah terpotong-potong oleh beberapa sungai. Sungai tersebut diantaranya yaitu: sungai colorado(kolorado), lembah-lebag bekas erosinya yang berdinding terjal disebut dengan canyon (kanyen), Grand Canyon kolorado (gren kanyen kolorado) yaitu nama daerah aliran sungai colorado yang begitu luas dan terdapat banyak dinding canyon. Pada bagian dinding-dinding canyon tampak pelapis batuan yang tebal dan sama di mana-mana. Itu artinya dahulu semua daerah ini adalah dataran yang begitu luas.
  • Jalur pegunungan (mountaint belt) adalah rangkaian atau deretan pegunungan atau gunung-gunung yang panjang terdapat di sepanjang perbatasan benua-benua. Terdapat 2 jalur pegunungan panjang yakni jalur pegunungan sirkum pasifik dan jalur pegunungan sirkum mediterania. Berikut ini adalah penjelasannya.
  1. Jalur pegunungan Sikrum Pasifik yaitu jalur pegunungan yang melingkari samudra pasifik. Jalur pegunungan Sikrum Pasifik ini dimulai dari pegunungan Ades yang berada di Amerika Selatan, pegunungan Rocky yang ada di Amerika Utara, Kepulauan Aleut yang ada di samudra pasifik utara, Kepulauan Jepang, Filipina, pegunungan di Kalimantan Utara, Sangir Talaut, Minahasa, Maluku Utara, pegunungan Jaya Wijaya, dan berakhir di Selandia Baru.
  2. Jalur pegunungan Sirkum Mediterainia yaitu jalur pegunungan yang melingkari laut tengah atau laut mediteran. Jalur ini dimulai dari Afrika Uara, Selat Gibraltar, pegunungan alpen yang ada di Eropa Selatan, pegunungan Himalaya yang ada di Asia Selatan, pegunungan-pegunungan yang ada di Asia Tenggara, Semenanjung Malaka, pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, dan berujung di maluku selatan.

Demikian penjelasan yang dapat kami bagikan tentang pengertian Relief Makro dan Bentuk Relief Makro. Semoga apa yang telah kami jelaskan di blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru