Pengertian Status Sosial dan Cara Memperolehnya

Advertisement
Pengertian status sosial dan cara memperolehnya – Tahukah kamu apa itu status sosial? Bagaimana cara memperolehnya. Mungkin masih banyak diantara kamu yang masih belum tahu tentang apa yang dimaksud status sosial dan cara memperolehnya. Biasanya kita sering mendengar bahkan menggunakan kata-kata status sosial namun masih sulit untuk menjelaskan definisi status sosial atau arti status sosial itu sendiri. Nah untuk itulah di sini kami akan mencoba untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan status sosial. Seperti apakah itu status sosial dan cara memperolehnya. Mari kita simak penjelasan tentang apakah yang dimaksud status sosial dan cara memperolehnya dalam artikel ini. Berikut ini pengertian social status berdasarkan cara memperolehnya.
Pengertian Status Sosial dan Cara Memperolehnya

Pengertian Status Sosial

Status sosial adalah tempat seseorang dalam suatu pola hidup tertentu seperti di lingkungan keluarga, kantor mamupun di lingkungan masyarakat. Pada dasarnya status sosial hanya merupakan kumpulan hak dan kewajiban. Status sosial juga merupakan bagian dari proses sosialisasi di mana proses sosialisasi akan berpengaruh serta dipengaruhi oleh adanya peran.

Cara Memperoleh Status Sosial

Dalam kehidupan bermasyarakat status sosial yang dimiliki seseorang menurut cara memperolehnya dikelompokan menjadi dua macam yaitu Ascribed Status dan Achieved Status. Berikut ini penjelasan dari  2 macam cara memperoleh status sosial dalam masyarakat tersebut.
  • Ascribed status adalah suatu kedudukan yang dimiliki oleh seseorang dalam masyarakat karena faktor keturunan atau kelahiran. Di sini status seseorang tidak dibedakan atas dasar kemampuan. Itu artinya, status seseorang dalam suatu kelompok tidak bisa naik ataupun turun. Contoh ascribed status adalah kedudukan seorang anak bangsawan akan tetap sebagai seorang bangsawan. Orang yang berada di luar kelompok tersebut jarang sekali bisa berada atau menduduki kelompok ini. Tetapi, sekarang banyak terjadi orang yang bukan dari keturunan bangsawan bisa memperoleh gelar bangsawan. Hal tersebut dapat diperoleh karena pengabdian atau jasa-jasa yang besar terhadap masyarakat.
  • Achieved status adalah suatu kedudukan yang dimiliki oleh seseorang dengan usaha-usaha yang sengaja dilakukan. Kedudukan ini tidak didapat secara kelahiran, namun atas dasar usaha sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Contoh achieved status adalah apabila ingin menjadi seorang dokter, maka harus sekolah SMA dengan memilih jurusan IPA, kemudian melanjutkan ke perguruan tinggi dengan fakultas kedokteran. Apabila hanya terdiam tanpa ada usaha, maka tidak akan mungkin bisa menjadi seorang dokter.
Itulah penjelasan yang bisa kami tuliskan tentang pengertian status sosial dan cara memperolehnya. Semoga apa yang telah kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru