Pengertian Vulkanisme dan Tempat Terjadinya Vulkanisme

Pengertian vulkanisme - Di sekolah, mungkin kamu pernah menjumpai pertanyaan jelaskan tentang vulkanisme? Pertanyaan jelaskan yang dimaksud vulkanisme tersebut biasanya kita jumpai dalam pelajaran geografi. Nah masih ingatkah kamu dengan jawaban dari pertanyaan jelaskan apa yang dimaksud vulkanisme itu seperti apa itu vulkanisme. Tentunya di antara kamu ada yang lupa apa yang dimaksud dengan vulkanisme itu, namun tak sedikit pula yang masih ingat dengan definisi vulkanisme itu. Maka dari itulah bagi kam yang lupa tentang arti vulkanisme. Di sini kami akan memberikan sedikit penjelaskan tentang arti dari vulkanisme selain itu juga kami jelaskan tentang dimana saja temapt terjadinya vulkanisme.
Pengertian vulkanisme

Pengertian vulkanisme

Vulkanisme adalah hasil tenaga endogen yang disertai dengan adanya gerakan magma menuju ke permukaan bumi. Pada proses terjadinya vulkanismme serta proses terbentuknya vulkanisme terdapat magma, magma yaitu substansi atau campuran dari berbagai macam unsur yang panas serta berpijar. Magma terbentuk pada kerak bumi di bagaian bawah dengan kedalaman antara 60 sampai 100 km di bawah permukaan bumi. Pada kedalaman tersebut bersuhu 1000 derjat celcius sampai 1200 derjat celcius. Beberapa unsur pada suhu tersebut telah mencapai titik leburnya sehingga akan meleleh menjadi substansi yang cair serta berpijar di dalam bumi.

Benda padat yang panas akan mencair sehingga akan membuat volumenya menjadi bertambah serta beberapa diantaranya ada yang menjadi gas. Gas-gas yang terbentuk tersebut akan menekan magma bergerak menemukan jalan keluar melalui retakan-retakan yang ada di atasnya. A[abila magma bisa mencapai ke permukaan bumi, maka akan terbentuklah gunung api (vulkanisme). Apabila kekuatannya habis di pertengahan jalan serta tidak bisa mencapai ke permukaan bumi maka disebut dengan plutonisme. Terjadinya vulkanisme dibagi menjadi 3 zona/ tempat, tempat tersebut diantaranya yaitu.

Tempat terjadinya vulkanisme

Tiga tempat terjadinya vulkanismeatau Zona Vulkanisme yaitu:
  • Vulkanisme pada Zona Divergen
  • Vulkanisme pada Zona Konvergen
  • Vulkanisme ditengah-ditengah lempeng kerak bumi (interlpate)

Sekian artikel tentang Pengertian Vulkanisme dan Penjelasannya. Semoga penjelasan di blog temukan pengertian tersebut bermanfaat.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru