Pengertian Batuan Beku dan Jenisnya

Pengertian batuan beku dan jenisnya – Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengertian batuan beku dan jenis jenisnya. Pertanyaan tentang apa yang dimaksud batuan beku tentunya akan kalian dapatkan dalam pelajaran geografi di sekolah. Bagi yang sudah dapat materi definisi batuan beku, masih ingatkah kamu dengan apa itu batuan beku? Seperti apakah yang dimaksud batuan beku itu. Untuk itulah di sini kami akan menguraikan arti batuan beku atau akan menjelaskan yang dimaksud batuan beku itu. Silahkan di simak penjelasannya adalah sebagai berikut ini.
Pengertian batuan beku dan jenisnya

Pengertian batuan beku

Batuan beku adalah sebagian dari jenis-jenis batuan bumi. Pengertian batuan beku menurut definisi para ahli yaitu batuan yang terbentuk dari magma yang mengalami pembekuan. Dilihat dari proses terbentuknya batuan beku maka sudah bisa diketahui ciri-ciri batuan beku. Macam-macam batuan beku atau jenis batuan beku terbagi menjadi 3 macam yaitu batuan beku dalam (batuan plutonik), batuan beku korok atau gang dan batuan beku lelehan atau luar. Untuk penjelasannya tentang jenis-jenis batuan beku serta proses terbentuknya batuan beku dalam, proses terbentuknya batuan beku gang dan proses terbentuknya batuan beku luar beserta contoh-conttoh batuan beku tersebut akan kami bahas di pembahasan berikut ini.

Jenis jenis batuan beku

Berikut ini adalah jenis jenis batuan beku dan contohnya.
  • Batuan beku dalam (batuan plutonik), secara perlahan sekali membeku di dalam dapur magma sehingga tumbuhlah batuan yang terdiri dari kristal-kristal besar. Contoh batuan dalam yaitu batuan granit, batuan gabro dan batuan peridotitim.
  • Batuan beku gang atau korok, batuan yang membeku pada celah-celah atau gang antar lapisan di dalam kulit bumi. Proses pembekuan berjalan cepat sehingga selain terdiri dari kristal besar juga banyak kristal kkecil (semi kristalin – porfir). Contoh batuan beku adalah granit porfir.
  • Batuan beku luar atau batuan lelehan merupakan batuan beku yang berada di luar kulit bumi. Terbentuknya batuan ini yaitu pada saat gunung api menyemburkan lava cair pijar. Pembentukan batuan luar tidak hanya terjadi di sekitar kawah gunung api, namun terjadi pula di udara. Proses berlangsungnya pembentukan tergolong singkat hampir tidak mengandung amorf (kristal).

Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian batuan beku dan jenisnya. Semoga uraian dalam blog temukan pengertian tersebut bisa memberikan manfaat bagi kita.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru