Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Advertisement
Pengertian pertumbuhan ekonomi - Berbicara tentang ilmu ekonomi, ada yang namanya pertumbuhan ekonomi. Tahukah kamu apa itu pertumbuhan ekonomi? Bisakah kamu menjelaskan seperti apakah pertumbuhan ekonomi itu? Bagi kamu mungkin ada yang sudah bisa menjelaskannya namun tak jarang pula ada yang belum bisa menjelaskannya. Untuk itulah di sini kami menulis artikel tentang apa yang dimaksud pertumbuhan ekonomi agar nantinya kamu yang belum tahu arti dari pertumbuhan ekonomi bisa memahami apa yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi. Di sini selain kami tuliskan tentang definisi pertumbuhan ekonomi, juga kami tuliskan tentang ciri-ciri pertumbuhan ekonomi, cara mengukur pertumbuhan ekonomi, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.
Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Pengertian dari pertumbuhan ekonomi adalah sebuah proses perubahan keadaan perekonomian suatu negara atau daerah secara berkesinambungan menuju ke keadaan yang lebih baik selama periode tertentu tanpa mengaitkannya dengan tingkat pertumbuhan penduduk. Atau pertumbuhan ekonomi yaitu suatu keadaan dimana terjadi peningkatan produk domestik bruto dari suatu daerah atau negara. Pertumbuhan ekonomi bisa dikatakan meningkat jika persentase kenaikan Produk Domestik Bruto pada suatu periode lebih besar dibanding periode yang sebelumnya.

Terkadang orang sulit untuk membedakan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi, apabila dilihat dari segi pengertian pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi jelaslah beda. Jadi, pertumbuhan ekonomi yaitu suatu kondisi di mana terjadi kenaikan Produk Domestik Bruto pada suatu daerah tanpa memandang apakah kenaikan itu lebih besar ataukah lebih kecil dari tingkat pertumbuhan penduduk.

Ciri-ciri Pertumbuhan Ekonomi

Terdapat beberapa ciri-ciri pertumbuhan ekonomi. Ciri-ciri pertumbuhan ekonomi adalah sebagai berikut ini:
  • Peningkatan Produktivitas.
  • Laju pertumbuhan penduduk dan produk per kapita.
  • Urbanisasi.
  • Laju Perubahan Struktural yang Tinggi.
  • Arus Barang, Modal, dan Orang Antarbangsa.
  • Ekspansi Negara Maju.

Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi sebuah negara bisa diukur dengan cara membandingkan, sebagai contoh: untuk ukuran nasional, GNP (Gross National Product), tahun yang sedang berjalan dengan tahun yang sebelumnya.

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah sebagai berikut ini:
  • Sumber Daya Manusia: Cepat lambatnya pertumbuhan ekonomi tergantung samapai sejauh mana sumber daya manusianya selaku subjek dalam pembangunan ekonomi mempunyai kompetensi yang memadai untuk melaksanakan proses pembangunan dengan membangun infrastruktur-infrastruktur di daerah-daerah.
  • Sumber Daya Alam: Di negara berkembang sebagian besar dalam proses pembangunan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi bertumpu pada sumber daya alam. Tetapi dengan sumber daya alam saja tidak akan menjamin keberhasilan adanya pertumbuhan ekonomi, jika tidak didukung dengan kemampuan sumber daya manusia yang memadai dalam mengelola sumber daya alam.
  • Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK): Dengan perkembangan IPTEK yang semakin pesat mampu mendorong adanya proses pembangunan. Karena dengan IPTEK yang semakin pesat mampu menggantikan pola kerja yang semula manual menggunakan tangan manusia diganti dengan mesin-mesin yang super canggih. Hal itu berdampak pada segi kualitas, efisiensi dan kuantitas serangkaian aktivitas pembangunan ekonomi yang dilakuikan, hingga akhirnya akan mampu mempercepat laju pertumbuhan ekonomi.
  • Budaya: Faktor budaya bisa berfungsi sebagai pendorong atau pembangkit proses pembangunan namun bisa juga sebagai penghambat pembangunan. Budaya yang bisa mendorong peroses pembangunan yaitu sikap kerja keras, jujur, kerja cerdas, ulet dan lain-lain. Sedangkan budaya yang bisa menghambat pembangunan yaitu sikap egois, jujur, KKN, boros dan lain-lain.
  • Daya Modal: Modal diperlukan oleh manusia dalam mengelola Sumber Daya Alam serta dalam meningkatkan IPTEK. Karena itulah sumber daya modal bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi sangatlah penting.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian pertumbuhan ekonomi. Semoga apa yang telah kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat untuk anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru