Pengertian Metamorfosis

Advertisement
Pengertian metamorfosis – Metamorfosis merupakan sebuah istilah dalam materi di ajarkan di sekolah, mungkin teman-teman sudah ada yang tahu apa itu metamorfosis, namun tak jarang juga yang masih belum tahu seperti apakah metamorfosis itu. Untuk itulah bagi kamu yang belum tahu seperti apa yang dimaksud metamorfosis, bisa menyimak penjelasan yang akan kami sampaikan di sini agar kamu bisa tahu arti dari metamorfosis. Di sini selain membahas tentang definisi dari metamorfosis, juga kami berikan penjelasan tentang macam macam metamorfosis, agar nantinya kamu bisa lebih paham tentang apa yang dimaksud dengan metamorfosis. Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut ini.
Pengertian Metamorfosis

Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis yaitu suatu perubahan tubuh mulai dari zigot sampai dewasa melalui fase-fase tertentu. Atau pengertian metamofosis adalah sebuah proses perkembangan biologi yang terjadi pada tubuh makhluk hidup dari telur sampai menjadi dewasa secara sempurna dengan mengalai perubahan pada bentuk anatomi, mofroligi dan fisiologi. Perubahan pada fisik yang terjadi itu disebabkan karena pertumbuhan serta diferensiasi sel baik itu secara radikal ataupun dinamik. Atau secara singkatnya metamorfosis ialah suatu proses perkembangan biologi yang melibatkan perubahan dari bentuk struktur maupun perubahan dari fungsi organ-organ tubuh makhluk hidup.

Pada beberapa hewan, dapat kita lihat kalau bentuk antara hewan muda dan hewan yang sudah dewasa hampir sama. Misalnya kita memperhatikan anak kucing dengan induknya, antara anak kucing dan induknya hanya berbeda ukurannya saja. Kemudian pada anak kambing dan induknya juga tidak jauh beda bentuknya hanya ukurannya saja yang beda. Sekarang coba kamu perhatikan bentuk ulat, kepompong, dan kupu-kupu. Meskipun itu termasuk dalam satu individu, namun perubahan bentuk dari ulat, kepompong, dan kupu-kupu menunjukkan perbedaan yang sangat jauh. Karena itulah kupu-kupu bisa dikatakan mengalami metamorfosis.

Macam macam Metamorfosis

Sebutkan macam macam metamorfosis dan contohnya? Berikut ini adalah macam-macam metamorfosis beserta contohnya:
  • Metamorfosis sempurna adalah metamofosis dalam perkembangannya suatu individu melalaui tahap-tahap mulai dari fase telur, larva pupa dan imago. Atau pengertian metamorfosis sempurna adalah proses perubahan bentuk yang terjadi pada serangga dimana larva (hewan muda) memiliki bentuk yang sangat beda dengan bentuk pada saat telah dewasa. Sering dikenal dengan istilah holometabola. Caramakan bahkan habitatnya pun biasanya berbeda. Ada masa transisi atau titik perubahan bentuk dari larva menjadi hewan dewasa yakni menjadi kepompong. Hewan yang mengalami proses metamorfosis sempurna yaitu melalui 4 tahap pertumbuhan dan perkembangan. Tahap-tahap tersebut yaitu (telur – larva – pupa – imago/ hewan dewasa). Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yaitu kupu-kupu, lalat dan nyamuk.
  • Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis yang dalam perkembangannya pertama-tama melalui tahap bertelur, sesudah bertelur akan menjadi nimfa, sesudah itu nimfa yang tumbuh dan berkembang menjadi dewasa (imago). Atau pengertian metamorfosis tidak sempurna adalah sebuah proses pertumbuhan yang terjadi pada hewan yang tidak mengalami perubahan secara signifikan. Metamorfosis tidak sempurna sering dikenal dengan sebutan hemimetabola. Metamorfosis tidak sempurna terjadi melalui 3 tahapan yaitu dimulai dari telur, kemudian mentetas menjadi nimfa, lalu tumbuh menjadi dewasa (telur – nimfa – dewasa (imago). Hewan yang baru menetas dari telur memiliki bentuk yang sama dengan hewan yang sudah menjadi imago atau tumbuh dewasa. Perubahan yang terjadi hanya pada bagian tubuh yang belum mengalami pertumbuhan. Contoh metamorfosis tidak sempurna yaitu belalang, kepik, rayap, whitefly, kutu daun, capung, jangkrik, dan kecoa.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang pengertian metamorfosis. Semoga penjelasan yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat untuk anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru