Pengertian Demokratisasi

Advertisement
Pengertian demokratisasi - Di sekolah mungkin kamu pernah menjumpai istilah demokratisasi dalam pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Namun tahukah kamu apa itu demokratisasi? Seperti apa yang dimaksud demokratisasi itu? Tentunya bagi kamu yang pernah mempelajarinya disekolah sudah tahu apa yang dimaksud dengan demokratisasi, namun tentunya diantara kamu ada juga yang lupa atau mungkin belum tahu. Untuk itulah pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang definisi dari demokratisasi. Berikut ini penjelasan tentang arti dari demokratisasi dan juga proses demokratisasi yang dapat kamu simak.
Pengertian Demokratisasi

Pengertian Demokratisasi

Demokratisasi adaalah sebuah proses pendemokrasian segenap rakyat untuk ikut serta dalam pemerintahan melalui wakil-wakilnya atau ikut serta dalam berbagai bidang kegiatan (masyarakat atau negara) baik itu secara langsung ataupun tidak langsung, dengan mengutamakan persamaan akan hak, kewajiban serta perlakuan yang sama bagi setiap warga negara. Atau demokratisasi bisa pula dikatakan sebagai suatu proses untuk menuju demokrasi.

Demokratisasi adalah sebuah jalan keluar dari otoritarisme, hal itu dikarenakan demokratisasi merupakan suatu proses yang dapat digunakan untuk mengembalikan hak-hak rakyat, sehingga dengan adanya demokratisasi rakyat banyak yang menyukai demokrasi. Sedangkan sebuah pemerintahan yang bentuk dan sifatnya otoriter meniadakan demokrasi, sehingga hak-hak rayat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi dan kebudayaan dibatasi. Karena itulah dukungan akan demokratisasi sangatlah menentukan proses tersebut.

Proses Demokratisasi

Kriteria proses demokratisasi secara singkat menururut Robert A. Dahl adalah sebagai berikut ini:
Pengertian Demokratisasi
(Kriteria proses demokrasi menurut Robert A Dahl)

Keterangannya yaitu:
  • Partisipasi Efektif yaitu sebelum suatu kebijakan dipergunakan oleh negara atau asosiasi, semua anggota harus mempunyai kesempatan yang sama dan berpartisipasi efektif, supaya pandangan mereka diketahui oleh anggota-anggota lain sebagaimana semestinya kebijakan tersebut dimuat.
  • Persamaan Suara yaitu jika suatu keputusan mengenai kebijakan dibuat, maka setiap anggota haruslah memiliki kesempatan yang sama dan efektif untuk memberikan suara dan semua suara harus dihitung sama.
  • Pemahaman yang Jelas maksudnya yaitu dalam batas waktu yang rasional, setiap anggota haruslah memiliki kesempatan yang sama dan efektif untuk mempelajari tentang kebijakan-kebijakan alternatif yang relevan serta konsekuensi-konsekuensi yang mungkin.
  • Pengawasan Agenda yaitu setiap anggota haruslah memiliki kesempatan eksklusif untuk memberikan keputusan bagaimana dan apa permasalahan yang dibahas di dalam agenda.
  • Pencakupan Orang Dewasa maksudnya yaitu semua, atau paling tidak sebagian besar orang dewasa menjadi penduduk tetap, semestinya mempunyai hak kewarganegaraan penuh yang ditunjukkan oleh 4 kriteria sebelumnya.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian demokratisasi. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blogg temukan pengertian ini dapat bermanfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru