Skip to main content

Pengertian Fotosintesis dan Proses Fotosintesis, Reaksinya

Pengertian fotosintesis dan proses fotosintesis – Di dunia ini setiap makhluk hidup memerlukan yang namanya energi untuk bisa melakukan aktivitasnya sehari-hari. Sebagai contoh manusia makan makanan dan minum untuk bisa melakukan aktivitasnya dan untuk bisa bertahan hidup. Jika manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan makan dan minum, maka bagi tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan hidpunya yaitu dengan melakukan proses fotosintesis. Apa itu fotosintesis? Seperti apakah fotosintesis itu? Mungkin teman teman saat di sekolah pernah mendapatkan meteri tentang apa yang dimaksud fotosintesis, namun bagi teman-teman yang belum dapat atau sudah dapat tetapi lupa dengan apa yang dimaksud dengan fotosintesis, maka di sini kami akan menguraikan penjelasan tentang apa definisi dari fotosintesis agar kamu bisa tahu apa arti fotosintesis. Selain itu juga kami berikan penjelasan tentang syarat terjadinya fotosintesis, seperti apa itu proses fotosintesis dan reaksi kimia dalam proses fotosintesis.

Pengertian Fotosintesis dan Proses Fotosintesis

Pengertian Fotosintesis

Kata fotosintesis itu berasal dari kata photo yang artinya cahaya dan synthesis yang artinya proses pengolahan dengan menggunakan bahan tertentu. Sehingga, fotosintesis adalah sebuah proses pembentukan energi yang dibutuhkan tumbuhan yang dibatu oleh adanya cahaya matahari dan bahan-bahan pendukung seperti air, CO2 dan unsur hara yang berfungsi untuk kelangsungan hidup suatu tumbuhan. Atau secara singkatnya pengertian fotosintesis yaitu suatu proses pembentukan zat makanan. Perlu diketahui bahwa proses fotosintesis hanya bisa dilakukan oleh tumbuhan yang mempunyai klorofil, tanpa adanya klorofil maka tumbuhan tidak bisa membuat makanan sendiri.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Syarat Terjadinya Fotosintesis

Sebutkan syarat terjadinya fotosintesis, berikut ini adalah 4 syarat terjadinya fotosintesis:

  • Tanaman harus mendapatkan cahaya matahari.
  • Tanaman harus mendapatkan zat hara.
  • Tanaman tidak layu atau mati.
  • Tanaman harus mempunyai daun hijau.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Proses Terjadinya Fotosintesis

Sebelum membahas seperti apa proses fotosintesis itu, maka alangkah baiknya kita tahu apa saja bahan yang diperlukan dalam fotosintesis. Bahan untuk terjadinya proses fotosintesis adalah:

  • CO2 (karbon dioksida)
  • air
  • Klorofil
  • Cahaya Matahari

Proses fotosintesis bermula dari karbon dioksida yang diambil melalui mulut daun ketika malam hari (pada umumnya), kemudian dilanjut dengan pengambilan air dari dalam tanah dengan menggunakan akar yang selanjutnya dibawa oleh sistem transportasi pada tumbuhan yaitu jaringan xilem dan floem. Apabila cahaya matahari sudah ada, maka selanjutnya klorofil pada tumbuhan akan menyerapnya sebagai energi utama dalam pembentukan glukosa. Nantinya glukosa ini akan dioleh lebih lanjut menjadi protein, lemak dan zat-zat yang lain.

Pengertian Fotosintesis dan Proses Fotosintesis
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Reaksi Kimia Dalam Proses Fotosintesis

Persamaan reaksi kimia dalam proses fotosintesis adalah sebagai berikut ini:

Pengertian Fotosintesis dan Proses Fotosintesis
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian fotosintesis dan proses fotosintesis, semoga apa yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar