Pengertian Rangka Manusia dan Fungsinya

Advertisement
Pengertian rangka manusia dan fungsinya – Manusia mempunyai rangka yang terletak di dalam tubuh, nah apa itu rangka manusia dan apa itu fungsi rangka manusia? Mungkin kalian di sekolah sudah mendapatkan materi tersebut dalam pelajaran biologi. Namun bagi kalian yang belum pernah mendapatkan materi tersebut tentunya akan kesulitan jika disuruh untuk menjelaskan tentang apa yang dimaksud rangka manusia. Maka dari itulah di sini kami akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan rangka manusia. Penjelasan di sini kami harapkan agar kamu yang belum tahu bisa tahu seperti apakah rangka manusia itu. Oke langsung saja berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian dan fungsi rangka pada manusia.
Pengertian Rangka Manusia dan Fungsinya

Pengertian Rangka Manusia

Pengertian rangka manusia adalah rangkaian tulang pada manusia yang saling bersambungan secara teratur membentuk tubuh manusia. Bisa dikatakan sebuah rangka kalau terhubung antara satu dengan lainnya yang membuat rangka tersebut terhubung karena terdapat sendi dan digerakkan oleh adanya otot, yang kita ketahui kalau rangka tubuh sering dikenal dengan endoskeleton. Endoskeleton yaitu rangka yang ada dalam tubuh manusia yang dibungkus oleh otot atau daging.

Rangka akan saling bekerja sama yang akan membentuk sebuah sistem rangka. Sistem rangka yaitu sebuah kesatuan yang memberikan suatu dukungan fisik yang disusun oleh sejumlah tulang. Sistem rangka dibagi menjadi 3 tipe atau 3 tipe bagian yaitu basis cairan (rangka hidrostatik), internal dan eksternal. Basis cairan atau rangka hidrostatik dikelompokkan secara terpisah tidak terdapat struktur penunjangnya.

Fungsi Rangka Manusia

Rangka manusia mempunyai peranan yang penting bagi tubuh manusia, secara garis besar fungsi rangka manusia yaitu sebagai menegakkan tubuh, namun tidak hanya itu saja terdapat banyak fungsi rangka mansia yang bisa kamu lihat dalam penjelasan berikut ini.
  • Untuk menegakkan tubuh dan memberi bentuk tubuh. Contohnya tulang belakang dan tulang kaki fungsinya untuk menegakkan tubuh kemudian tulang-tulang tengkorak bagian depan fungsinya untuk menentukan bentuk pada wajah.
  • Untuk pelindung alat-alat tubuh yang lunak dan penting. Contohnya tulang penyusun pada rongga dada yang fungsinya yaitu untuk melindungi paru-paru dan jantung, kemudian tulang-tulang tengkorak yang fungsinya untuk melindungi otak dan juga bola mata.
  • Sebagai tempat melekat otot-otot. Tanpa adanya rangka, otot-otot rangka tidak memiliki tempat melekat. Contohnya otot bisep yang terdapat di lengan, bagian ujung atasnya melekat pada tulang belikat dan juga tulang lengan atas, kemudian pada ujung bawahnya melekat pada tulang pengumpil.
  • Sebagai tempat pembuatan sel-sel darah. Contohnya di dalam tulang-tulang pipih dan tulang-tulang pendek.
  • Sebagai tempat sumsum kuning. Contohnya di dalam tulang pipi dan tulang paha yang merupakan tempat sumsum kuning yang mengandung sel-sel lemak.
  • Sebagai alat gerak. Dengan cara meluruskan dan merapatkan anggota badan, manusia bisa bergerak dan berpindah.

Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian rangka manusia dan fungsinya. Semoga apa yang kami uraikan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru