--> Skip to main content
Menu

Pengertian dan Macam Macam Jaringan Meristem, Fungsi, Cirinya

Pengertian dan macam macam jaringan meristem – Titik tumbuh pada sebuah tanaman ditentukan oleh adanya jaringan meristem. Namun, tahukah anda apa itu jaringan meristem? Seperti apakah jaringan meristem itu? Tentunya bagi kalian yang baru dengar jaringan meristem terasa asing dan belum tahu seperti apa yang dimaksud jaringan meristem itu. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan jaringan meristem. Dengan penjelasan yang kami tulis ini kami berharap anda bisa mengerti arti dari jaringan meristem. Di sini selain menjelaskan definisi jaringan meristem dan macam macam jaringan meristem, juga kami berikan penjelasan tentang fungsi jaringan meristem dan ciri-ciri jaringan meristem.

Pengertian dan Macam Macam Jaringan Meristem

Pengertian Jaringan Meristem

Jaringan meristem adalah sebuah jaringan yang terdapat pada tumbuhan yang terdiri dari sel-sel bersifat embrional yang aktif membelah diri secara menerus menambah jumlah sel tubuh. Jaringan ini merupakan jaringan yang menjadi titik pokok proses pertumbuhan pada sebuah tanaman. Jaringan meristem hanya terdapat di bagian tertentu pada tubuh tumbuhan. Umumnya terletak di bagian ujung akar, ujung batang, pangkal batang dan kambium.

Macam macam Jaringan Meristem

1. Macam Macam jaringan Meristem Berdasarkan Asalnya

Jelaskan macam macam jaringan meristem berdasarkan asal terbentuknya? Berikut ini adalah penjelasan dari macam-macam jaringan meristem berdasarkan asal terbentuknya:

  • Jaringan promeristem adalah jaringan meristem yang telah ada ketika tumbuhan masih dalam fase embrio atau masih pada tingkat embrio.
  • Jaringan meristem primer adalah jenis jaringan meristem yang dapat ditemukan pada tumbuhan yang sudah dewasa, yang sel-selnya masih membelah yang terdapat di bagian ujung akar dan bagian ujung batang, sehingga dapat membuat tumbuhan menjadi tumbuh memanjang dan meninggi.
  • Jaringan meristem sekunder adalah jenis jaringan meristem yang berasal dari jaringan meristem primer yang merupakan hasil perkembangan dari jaringan meristem primer. Atau dapat juga di definisikan sebagai jaringan meristem dewasa yang sel-selnya mengalami perkembangan lanjut (diferensiasi). Jaringan ini menghasilkan pertumbuhan diameter batang yang membesar. Contohnya kambium.
Pengertian dan Macam Macam Jaringan Meristem

2. Macam macam Jaringan Meristem Berdasarkan Letaknya

Sebutkan macam macam jaringan meristem berdasarkan letaknya? Nah berikut ini adalah jenis jenis jaringan meristem berdasarkan letaknya.

  • Jaringan Meristem apikal (ujung) adalah jaringan meristem yang terletak di ujung akar dan ujung batang tanaman. Ciri-ciri meristem apikal yaitu mempunyai sel-sel yang tumbuh memanjang. Pertumbuhan yang memanjang dari sel-sel jaringan ini disebut dengan pertumbuhan primer.
  • Jaringan Meristem interkalar / aksilar (antara) adalah jaringan meristem yang terletak di antara jaringan meristem primer dan dewasa. Umumnya bisa dijumpai di bagian pangkal daun, pangkal ranting, pangkal cabang dan pangkal batang.
  • Jaringan Meristem lateral (samping) adalah jaringan meristem yang terletak bersebelahan dengan organ-organ pada tumbuhan. Jaringan meristem lateral mempunyai sel yang aktif membelah dan tumbuh ke samping. Pertumbuhan sel-sel tersebut biasa dikenal dengan sebutan pertumbuhan sekunder.Bagian tumbuhan yang mempunyai jaringan ini misalnya yaitu kambium.

Fungsi Jaringan Meristem

Apa saja fungsi jaringan meristem bagi tumbuhan? fungsi jaringan meristem secara umum yaitu sebagai jaringan yang menyokong pertumbuhan tanaman baik itu meninggi (ke arah atas) atau membesar (ke arah samping). Tetapi, sebenarnya tiap-tiap jaringan meristem mempunyai fungsi berlainan yang lebih spesifik. Berikut ini adalah fungsi jaringan meristem pada tumbuhan:

  • Sebagai sebuah jaringan yang menyokong pertumbuhan meninggi pada batang serta memanjang pada akar tumbuhan.
  • Sebagai sebuah jaringan yang menyokong pertumbuhan diameter batang.
  • Sebagai sebuah yang menyokong pertumbuhan organ perantara tanaman.

Ciri-ciri Jaringan Meristem

Dengan mengetahui ciri ciri jaringan meristem pada tumbuhan, maka kita bisa membedakan antara jaringan meristem dengan jaringan penyusun tanaman yang lain. Ciri-ciri jaringan meristem yaitu:

  • Mempunyai sel yang bersifat embrional.
  • Ukurannya kecil serta bentuknya isodiametris seragam.
  • Mempunyai dinding sel yang tipis.
  • Tidak mengandung zat makanan.
  • Belum mengalami deferensiasi dan spesialiasi.
  • Plastida sel belum matang.
  • Tidak terdapat ruang antar sel.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian dan macam macam jaringan meristem. Semoga apa yang telah kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.