Skip to main content

Pengertian Pembelahan Mitosis dan Tahapannya

Pengertian pembelahan mitosis dan tahapannya - Pembelahan sel pada dasarnya dibedakan menjadi 2 macam yaitu pembelahan secara langsung (amitosis) dan pembelahan secara tidak langsung (mitosis dan meiosis). Nah yang akan kami bahas dalam pembahasan kali ini yaitu tentang apa yang dimaksud pembelahan mitosis. Sudah tahukah kamu apa itu pembelahan mitosis? Nah bagi kamu yang belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan pembelahan mitosis, kamu bisa mempelajarinya di sini agar bisa tahu seperti apakah itu pembelahan mitosis. Di sini selain membahas tentang definisi pembelahan mitosis juga kami berikan pembahasan tentang tahap tahap pembelahan mitosis. Langsung saja simak penjelasan dari kami tentang pengertian pembelahan mitosis dan tahap tahap pembelahan mitosis.

Pengertian Pembelahan Mitosis dan Tahapannya

Pengertian Pembelahan Mitosis

Pembelahan mitosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak dengan jumlah kromosom dan jenis kromosom yang sama dengan sel induknya. Atau lebih jelasnya tentang arti dari pembelahan mitosis yaitu sebuah proses pembelahan inti sel yang menjadi 2 inti sel baru melalui tahapan-tahapan tertentu dan menghasilkan sel anak dengan jenis dan jumlah kromosom yang sama dengan sel induknya. Dari satu sel kemudian menjadi 2 sel anak identik, masing-masing dari sel anak mewarisi kromosom yang sama banyak dengan kromosom yang dimiliki induknya. Apabila sel induk mempunyai 2n kromosom, maka setiap sel anak akan mempunyai 2n kromosom.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tahap tahap Pembelahan Mitosis

Pembelahan mitosis dapat terjadi melalui beberapa tahapan. Mula-mulanya bagian inti sel membelah, kemudian diikuti pembelahan sitoplasma. Tahap-tahap pembelahan mitosis itu terdiri dari profase, metafase, anafase, telefase dan interfase. Untuk lebih jelasnya tentang tahap tahap pembelahan mitosis dan ciri cirinya adalah sebagai berikut ini.

1. Profase

Profase adalah fase pembelahan pertama. Dalam fase ini kromosom mulai terjadi pemendekan, menebal dan masing-masing saling berpasangan (2n) yang terdiri atas 2 benang. Dalam fase ini, membran masih terlihat. Ciri ciri profase pada tahap pembelahan mitosis adalah sebagai berikut:

  • Benang-benang kromoneme memendek dan menebal membentuk kromosom homolog dengan duplikatnya sehinggakromosom menjadi 2.
  • Nukleus dan membran inti menghilang.
  • Sentriol membelah dua, kemudian bergerak berlawanan ke arah kutub yang berlawanan.
  • Setiap sentriol menuju ke benang gelendong (benang spider).

2. Metafase

Metafase adaalah fase membran inti melebur. Dalam fase ini kromosom berkumpul pada bidang ekuator yang berada di tengah sel. Kromosom memperbanyak diri, maka di setiap kromosom terdiri atas 2 kromatid. Pada waktu ini bisa dibilang kalau sel mempunyai 4n kromosom. Ciri ciri metafase pada pembelahan mitosis yaitu:

  • Setiap kromosom homolog dengan duplikatnya sejajar pada dataran metafase/ bidang metafase.

3. Anafase

Anafase merupakan fase di mana setiap kromosom memisahkan dri menjadi 2 bagian yang sama, yang masing-masing bergerak ke arah kutub sel yang saling berlawanan. Jadi 2n kromosom bergerak ke arah kutub yang satu kemudiaan 2n kromosom bergerak menuju ke arah kutub yang lainnya. Ciri-ciri tahap anafase pada pembelahan mitosis adalah:

  • Setiap kromosom homolog akan memisahkan dari dublikatnya ke arah 2 kutub berlawanan dengan gerak kontraksi dari daya tarik benang spindel.

4. Telofase

Telofase merupakan fase dimana kromosom sudah sampai di kutub masing-masing, setelah itu terbentuk membran inti yang mengelilingi kelompok kromosom. Di setiap kedua inti yang baru terbentuk tersebut , muncul membran pemisah. Setelah itu terbentuklah membran sel yang memisahkan kedua sel anak tersebut. Jadi, sudah lengkaplah proses pembelahan mitosis dari satu sel menjadi dua sel anak dan di setiap sel anak mempunyai 2n kromosom. Ciri ciri telofase pada pembelahan mitosis yaitu:

  • Kromosom homolog dan duplikatnya saling menuju ke arah kutub selnya masing-masing.
  • Mulai tampak membran inti sel dan nukleus.
  • Pada bagian tengah sel mulai terbentuk sekat pemisah.
  • Terbentuk 2 sel anak.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan dari kami tentang pengertian pembelahan mitosis dan tahapannya. Semoga penjelasan yang dapat kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar