--> Skip to main content
Menu

Pengertian Sel dan Bentuk Sel serta Macam-macam Sel

Pengertian sel dan bentuk sel – Setiap makhluk hidup mempunyai yang namanya sel, apa itu sel? Mungkin teman-teman yang mepelajari ilmu biologi ada yang sudah tahu seperti apakah sel itu. Namun pastinya diantara teman-teman ada yang belum tahu dengan apa yang dimaksud sel. Maka dari itu dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan sel. Melalui pembahasan ini diharapkan teman-teman yang belum tahu tentang definisi sel bisa mengetahuinya. Selain membahas tentang arti sel di sini juga kami sertakan penjelasan tentang macam macam sel, bentuk bentuk sel dan juga ukuran sel. Langsung saja pengertian bentuk dan ukuran sel adalah sebagai berikut ini, silahkan teman-teman simak dan pahami dengan baik ya.

Pengertian Sel dan Bentuk Sel

Pengertian Sel

Pengertian sel adalah? Definisi dari sel adalah unit terkecil kehidupan. Bagian-bagian sel tidak bisa berdiri sendiri untuk menyusun kehidupan. Sel tersusun dari membran sel, sitoplasma, serta organel-organel. Sel gabus yang pertama kali ditemukan tidaklah berupa ruangan yang berisi cairan yang terdapat inti di bagian tengahnya, melainkan hanya terdapat deretan ruangan kecil. Sel seperti itu tidak menggambarkan sel yang sebenarnya. Ruangan yang terdapat pada sel makhluk hidup tidaklah sederhana, namun memiliki sekat-sekat yang tersusun dari membran dalam.

Membran dalam tersebut membentuk suatu sistem membran dalam atau yang disebut sebagai endomembran. Dengan adanya sistem membran, ruangan sel terbagi dalam beberapa bagian. Misalnya yaitu terdapat sekat yang bentuknya berliku-liku membentuk sebuah lorong yang kecil dikenal sebagai retikulum endoplasma (RE, retikulum yaitu anyaman, endoplama yaitu cairan dalam).

Macam-macam Sel

1. Prokariot dan Eukariot

Makhluk hidup bisa digolongkan menurut struktur sel penyusun tubuhnya. Berdasarkan dari ada dan tidaknya membran ini, organisme atau makhluk hidup dikelompokan menjadi organisme prokariot dan eukariot (dibaca yukariot). Organisme prokariot tidak mempunyai membran inti. Sedangkan organisme eukariot memiliki membran inti.

2. Uniseluler dan Multiseluler

Organisme, berdasarkan dari banyak sel yang menyusun tubuh dikelompokkan menjadi organisme bersel satu (uniseluler) dan organisme bersel banyak (multiseluler). Organisme bersel satu contohnya protozoa, bakteri, ganggang hijau, dan ganggang biru. Pada organisme bersel satu, segala bentuk kegiatan hidupnya dilakukan oleh sel itu sendiri. Kegiatannya meliputi makan, bernapas, mengeluarkan zat-zat sisa, berkembang biak, dan bergerak menanggapi rangsang.

Kemudian makhluk hidup bersel banyak contohnya yaitu anjing, kambing, pohon pada pisang dan bunga mawar. Sel-sel tubuh makhluk hidup bersel banyak tersebut melakukan pembagian tugas. Tugas-tugasnya yaitu ada yang menangkap cahaya, menangkap suara, dan bergerak. Makhluk hidup bersel banyak memiliki organ, misalnya yaitu organ indera, organ perkembangbiakan, dan organ yang mencerna makanan.

Bentuk dan Ukuran Sel

Baik itu bentuk maupun ukuran sel itu beraneka ragam. Bentuk sel bisa berbentuk bulat, bulat panjang, pipih, berbentuk segi lima memanjang, segi enam, persegi banyak dan berbulu. Ukuran sel pada umumnya sangat kecil atau mikroskopik. Skala pengukurannya yaitu menggunakan um (mikro meter = mikron). 1 um (satu mikro) itu sama dengan seperseribu mm. Berdasarkan dari contoh sel bakteri berukuran antara 4 sampai 10 um, sel protozoa bisa dilihat dengan mata biasa jadi tidak perlu menggunakan bantuan mikroskop, misalnya yaitu sel serabut kapas yang mempunyai panjang 15 cm.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian sel dan bentuk sel. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua.