Skip to main content

Pengertian Bukti Right

Pengertian bukti right – Bukti right merupakan bagian dari derivatif yang mana sebelumnya telah kami bahas tentang pengertian dan jenis derivatif. Pada pembahasan tersebut, ada 3 jenis derivatif yaitu bukti right, waran dan kontrak berjangka. Nah pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan pengertian bukti right, mungkin yang lainnya akan kami bahas di lain waktu. Sebelumnya sudah tahukah kamu apa yang dimaksud bukti right itu? Mungkin teman-teman ada yang suah tahu seperti apa yang dimaksud dengan bukti right. Tetapi bagi yang belum tahu seperti apa definisi bukti right atau arti bukti right maka bisa menyimak penjelasannya di sini. Di sini selain kami bahas tentang pengertian dari bukti right juga kami bahas tentang keuntungan dan kerugian bukti right.
Pengertian Bukti Right

Pengertian Bukti Right

Bukti right adalah sebuah proses dalam penerbitan saham baru yang mana hak tersebut melekat untuk memesan saham baru, di mana terlebih dahulu diberikan kepada pemegang saham yang lama. Bukti right di dalam undang-undang pasar modal diartikan sebagai suatu hak memesan efek terlebih dahulu pada harga yang telah ditetapkan dalam periode tertentu. Bukti right diterbitkan dalam penawaran umum terbatas, yang mana saham baru ditawarkan pertama kalinya pada pemegang saham lama. Bukti right di pasar sekunder juga diperdagangkan dalam periode tertentu.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Keuntungan dan Kerugian Bukti Right

Apa sih keuntungan dan kerugian memiliki bukti right? Nah berikut ini adalah penjelasan dari keuntungan dan risiko bukti right.

1. Keuntungan Bukti Right
  • Manfaat bukti right yaitu manfaat mempunyai hak istimewa untuk membeli sebuah saham baru pada harga yang sudah ditentukan dengan menukarkan bukti right yang dimilikinya. Hal tersebut dapat memungkinkan investor untuk mendapatkan keuntungan dengan membeli sebuah saham baru dengan harga yang lebih murah. Sebagai contoh, apabila seorang investor membeli bukti right di pasar sekunder pada harga Rp.200,00, dengan exercise price/ harga pelaksanaan Rp.1.500,00. Ketika tanggal pelaksanaan, harga saham perusahaan PTC diasumsikan mengalami lonjakan hingga Rp.2.000,00 per lembar. Sebaiknya investor membeli saham PT X hanya dengan membayar Rp.1.700,00 yaitu harga pelaksanaan (Rp.1.500,00) + harga right (Rp.200,00). Selanjutnya investor tersebut akan mendapatkan keuntungan Rp.300,00 yang bersumber dari Rp.200,00-Rp.1.700,00.
  • Bukti right bisa diperdagangkan di pasar sekunder, sehingga investor bisa menikmati capital gain, pada saat harga jual dari bukti right tersebut lebih besar dibanding dengan harga belinya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

2. Kerugian Bukti Right
  • Risiko bukti right, apabila harga saham di periode pelaksanaan mengalami jatuh dan menjadi lebih rendah dibanding harga pelaksanaan, maka investor tidak akan mengkonversikan bukti right tersebut, sementara itu investor akan mengalami sebuah kerugian atas harga beli right. Sebagai contoh, seorang investor melakukan pembelian bukti right di pasar sekunder pada harga Rp.200,00 dengan harga pelaksanaan yaitu sebesar Rp.1.500,00. Selanjutnya di periode pelaksanaan, harga saham mengalami penurunan menjadi Rp.1.200,00 per saham. Tentunya investor tersebut tidak akan menukarkan bukti right yang ia miliki, karena apabila dia melakukannya, maka dia harus membayar Rp.1.700,00 (harga pelaksanaan Rp.1.500,00 + harga right Rp.200,00). Sementara itu, apabila ia tidak menukarkan bukti right yang ia miliki, maka ia akan mengalami kerugian sebesar Rp.200,00 atas harga right tersebut.
  • Bukti right bisa diperdagangkan pada pasar sekunder, hingga investor bisa mengalami kerugian (capital loss), pada saat harga jual dari bukti right tersebut lebih rendah dibanding dengan harga belinya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian bukti right. Semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar