Skip to main content

Pengertian Ciri ciri Struktur dan Tujuan Teks Anekdot

Pengertian ciri ciri struktur dan tujuan teks anekdot – Dalam pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah ada sebuah materi tentang teks anekdot. Tahukah kamu apa itu teks anekdot? Mungkin bagi kamu yang sudah mendapatkan materi tentang apa yang dimaksud dengan teks anekdot, sudah tahu definisi teks anekdot. Namun bagi kamu yang belum dapat materi tersebut tentunya masih bingung jika disuruh menjelasakan tentang arti teks anekdot. Untuk itulah dalam pembahasan kali ini kami akan membahas tentang pengertian teks anekdot secara umum dan pengertian teks anekdot menurut para ahli. Tak hanya itu di sini juga kami berikan beberapa penjelasan tentang ciri ciri teks anekdot, struktur teks anekdot, tujuan teks anekdot dan contoh teks anekdot. Oke langsung saja silahkan kamu simak penjelasan tentang pengertian ciri-ciri struktur dan contoh teks anekdot sebagai berikut ini.
Pengertian Ciri ciri Struktur dan Tujuan Teks Anekdot

Pengertian Teks Anekdot

Pengertian teks anekdot adalah cerita singkat yang di dalamnya mengandung unsur lucu, menarik dan mempunyai maksud untuk mengkritik. Biasanya teks anekdot bertopik mengkritik tentang layanan publik, politik, lingkungan maupun sosial. Teks anekdot biasanya menggambarkan orang atau kejadian yang sebenarnya, biasanya di suatu tempat yang bisa diidentifikasi. Dengan gambaran dan bentuk yang singkat serta pendek, teks anekdot mempunyai sifat yang lentur sehingga mempunyai banyak pembaca.

Tetapi, seiring berjalannya waktu, modifikasi pada saat penceritaan kembali bisa mengubah sebuah anekdot menjadi sebuah fiksi, sesuatu yang diceritakan kembali, tetapi “terlalu bagus untuk nyata”. Teks anekdot terkadang menghibur dan bisa membuat tertawa, namun bukanlah lelucon. Sebab tujuan utama teks anekdot yaitu tidak hanya membuat tertawa, namun untuk mengungkapkan sebuah kebenaran yang lebih umum dari kisah singkat itu sendiri, atau untuk menggambarkan sifat karakter dengan ringan sehingga ia menghentak dalam kilasan pemahaman yang langsung pada intinya. Jadi teks anekdot selain memberikan humor, juga harus memuat amanat, pesan moral ataupun suatu kebenaran secara umum.

Pengertian Teks Anekdot Menurut Para Ahli

Definisi teks anekdot menurut para ahli adalah sebagai berikut”
  • Pengertian teks anekdot menurut Setiawan (1990), teks anekdot adalah sebuah cerita narasi atau dialog lucu dengan berbagai macam tujuan, baik hanya sekedar hiburan atau senda gurau, sindiran ataupun mengkritik secara tidak langsung.
  • Pengertian teks anekdot menurut Cuddon, J.A (1992), teks anekdot merupakan sebuah cerita singkat dan lucu/ menarik, yang mungkin memberikan gambaran tentang peristiwa/ kejadian orang sebenarnya.
  • Pengertian teks anekdot menurut Wijana (1995:24), teks anekdot yaitu teks atau wacana yang bermuatan humor untuk menyindir, bersunda gurau, atau mengkritik secara tidak langsung segala bentuk ketidakberaesan yang telah terjadi di lingkungan masyarakat penciptanya.
  • Pengertian teks anekdot menurut Dananjaja (1997:11), anekdot adalah kisah fiktif lucu pribadi seseorang tokoh atau beberapa tokoh yang memang benar-benar ada.
  • Pengertian teks anekdot menurut kbbi (2008:62), teks anekdot adalah sebuah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya tentang orang-orang terkenal atau penting dan berdasarkan dari kejadian yang sebenaranya.
  • Pengertian teks anekdot menurut Muthiah (2012), teks anekdot ialah sebuah teks yang isinya tentang pengalaman seseorang yang tidak biasa. Pengalaman tersebut disampaikan kepada orang lain dengan tujuan untuk menghibur pendegnar atau pembacanya.

Ciri Ciri Teks Anekdot

Berikut ini adalah ciri ciri teks anekdot dan penjelasannya:
  • Bersifat humor, lucu menggelitik dan bisa membuat pembacanya terasa terhibur.
  • Bersifat menyindir atau satiris.
  • Bisa jadi ceritanya tentang orang-orang penting.
  • Cerita yang disajikan hampir menyerupai dongeng.
  • Menceritakan karakter manusia dan hewan, sering dihubungkan secara umum dan realistis.
  • Memiliki tujuan tertentu.

Struktur Teks Anekdot

Struktur teks anekdot adalah? Berikut ini adalah struktur teks anekdot beserta penjelasannya:
  • Abstrak
  • Abstrak adalah bagian bagian awal dalam paragraf yang berperan dalam menggambarkan isi teks dari anekdot.
  • Orientasi
  • Orientasi adalah bagian yang berisikan permulaan, latar belakang terjadinya suatu peritiwa atau kejadian yang terjadi dalam teks.
  • Even
  • Even adalah bagian yang berisi jalannya cerita atau peristiwa yang menjelaskan latar dan watak.
  • Krisis
  • Krisis adalah bagian yang berisi tentang terjadinya permasalahan dalam teks anekdot.
  • Reaksi
  • Reaksi adalah bagian yang menjelaskan tentang penyelesaian masalah yang timbul pada bagian krisis.
  • Koda
  • Koda adalah bagian akhir yang akan muncul perubahan yang terjadi pada tokoh dan memberikan sebuah kesimpulan.
  • Re-orientasi
  • Re-orientasi adalah bagian akhir yang berisi penutup.

Tujuan Teks Anekdot

Tujuan penulisan teks anekdot adalah sebagai berikut ini:
  • Tujuan teks anekdot secara umum tidak hanya untuk membangkitkan tawa, tetapi utnuk mengekspresikan kebenaran yang lebih umum dari pada cerita singkat tersebut, atau untuk memberikan gambaran tentang karakter dengan begitu ringan, sehingga mereka tersentak dalam sekejap.
  • Tujuan teks anekdot adalah sebagai sarana mengkritik dan menyindir.
  • Membangkitkan tawa para pembacanya
  • Membuat pembacanya terasa terhibur.
  • Menggambarkan karakter-karakter dengan singkat dan langsung pada intinya.
  • Mengandung makna cerita singkat tentang kenang-kenangannya.

Contoh Teks Anekdot

Selanjutnya sialhakn simak contoh teks anekdot singkat yang kami tulis ini. Di sini yang kami tuliskan adalah contoh teks anekdot pendidikan.

Mengikuti UAS
Ketika ujian akhir semester dilaksanakan, paijan penasaran dengan persiapan yang dilakukan oleh teman-temannya untuk mengukur sejauh mana persiapan paijan untuk mengikuti ujian akhir semester. Paijan akhirnya pun bertanya kepada salah satu temannya yang bernama painem.
Paijan: nem, kamu udah siap untuk UAS besok?
Painem: Aku belum siap sama sekali.
Paijan: Apa kamu tidak menyiapkan diri untuk menghadapi UAS?
Painem: Untuk apa siapin diri? UAS itu kan Ujian Asal Silang, he he he
Paijan: Waduh-waduh, ada-ada aja kamu nem.

Sekolah Bertarif Internasional
Ketika lonceng sekolah di sekolah B dibunyikan, pak guru memasuki sebuah kelas sambil membawa lembaran pengumuman.
“Anak-anak, bapak punya sebuah pengumuman yang penting dan menggembirakan untuk kalian semua. Mulai bulan Agustus, sekolah kita akan berubah status menjadi sekolah bertaraf internasional. Nah, bagaimana anak-anak? Apa yang akan kalian lakukan untuk menyambut hal itu? “ Pak guru sambil mengoper lembaran pengumuman untuk dibagikan kepada siswa-siswinya.
Painem mengangkat tangannya, “Kalau saya mau les bahasa Inggris pak untuk mendukung belajar dengan taraf internasional”.
“Wah, bagus itu nem”. Pak guru senang mendengarnya, kemudian melirik ke arah paijan”. Kalau kamu apa jan?”.
“Kalau saya? Saya mau meminta orang tua saya untuk mempersiapkan biaya sekolah yang lebih banyak lagi”.
“Lho kog gitu? Kenapa jan?”.
“Soalnya dengan bergantinya status sekolah ini menjadi sekolah yang bertaraf internasional, maka biaya untuk sekolahnya pun pasti akan lebih mahal. Iuaran yang harus dibayarkan akan menjadi lebih tinggi, belum lagi bayar ini itu”. Jawab Paijan.
“Kok jawaban kamu sinis sekali jan?”. Pak guru sambil mengerutkan kening. “Begini jan, kalau sekolah kita menjadi bertaraf internasional kan jadinya seperti sekolah-sekolah di luar negeri, yang lebih berkualitas”.
“Tetapi pak, menurut saya sekolah bertaraf internasional itu sebenarnya mempunyai arti sekolah bertarif internasional”. Jelas Paijan.

Demikian penjelasan yang bisa kami tulis tentang pengertian ciri ciri struktur dan tujuan teks anekdot serta contoh teks anekdot. Semoga apa yang sudah kami tulis di atas dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar