--> Skip to main content
Menu

Pengertian Manajemen Fungsi dan Unsur dan Contohnya

Pengertian manajemen fungsi dan unsur – Dalam sebuah perusahaan atau organisasi pasti ada berbagai masalah yang harus dipecahkan. Tidak jarang permasalahan dalam perusahaan atau organisasi bisa semakin buruk dan bahkan berakibat pada kehancuran. Semua itu dapat terjadi karena manajemen yang kurang tepat, untuk itu agar perusahaan atau organisasi bisa lebih teratur dan bisa mencapai tujuannya maka diperlukan sebuah manajemen yang baik. Lalu apa itu manajemen? Seperti apa yang dimaksud manajemen? Nah dalam pembahasan inilah teman-teman bisa tahu tentang arti manajemen tersebut. Di sini selain kami jelaskan pengertian/ definisi manajemen secara umum juga tuliskan penjelasan pengertian manajemen menurut para ahli. Tidak hanya itu agar bisa lebih memahaminya di sini juga kami sertakan penjelasan fungsi manajemen, unsur manajemen dan contoh manajemen.

Pengertian Manajemen Fungsi dan Unsur

Pengertian Manajemen

Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian manajemen secara umum dan menurut para ahli:

Pengertian Manajemen Secara Umum

Pengertian manajemen secara umum adalah suatu proses untuk mengatur sesuatu yang akan dilakukan oleh organisasi atau sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan dari organisasi tersebut dengan cara bekerja sama dalam memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya.

Dapat pula dijelaskan bahwa pengertian manajemen adalah suatu proses pengorganisasian seperti melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, pergerakan dan pengawasan. Manajemen perlu dilakukan untuk mencapai target atau tujuan individu maupun kelompok secara kooperatif dengan menggunakan sumber daya yang tersedia.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Para ahli dalam bidang ilmu manajemen telah menjelaskan tentang arti manajemen. Sehingga penjelasan tersebut dapat kita jadikan sebagai landasan agar bisa lebih memahami seperti apa manajemen itu. Adapun pengertian manajemen menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Pengertian Manajemen Menurut Henry Fayol

Definisi manajemen menurut henry fayol adalah sebuah proses pengorganisasian, perencanaan, pengkoordinasian, kontrol atau pengawasan terhadap sumber daya yang ada supaya dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

2. Pengertian Manajemen Menurut Mary parker Follet

Definisi manajemen menurut mary parker follet adalah suatu seni dalam hal menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Maksudnya yaitu seorang manajer yang bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan pada sebuah oraganisasi.

3. Pengertian Manajemen Menurut James AF Stoner

Definisi manajemen menurut james a.f stoner adalah sebuah proses pengorganisasian, perencanaan, leadership dan pengendalian upaya dari anggota organisasi tersebut serta penggunaan sumber daya yang teersedia dalam organisasi tersebut untuk mencapai tujuan yang sebelumnya sudah ditetapkan organisasi.

4. Pengertian Manajemen Menurut George R. Terry

Definisi manajemen menurut george r terry yaitu suatu proses yang khas yang terdiri atas beberapa tindakan: pengorganisasian, perencanaan, penggerakan serta pengawasan. Semua tindakan itu dilakukan untuk menentukan dan mencapai sasaran atau target yang ingin dicapai dengan cara memanfaatkan seluruh sumber daya, termasuk juga sumber daya manusia dan sumber daya yang lain.

5. Pengertian Manajemen Menurut Oey Liang Lee

Definisi manajemen menurut oey liang lee adalah seni atau ilmu dalam hal perencanaan, penyusunan, pengorganisasian, pengendalian dan pengerahan terahadap sumber daya yang ada untuk mencapai suatu tujuan yang sebelumnya telah ditentukan.

6. Pengertian Manajemen Menurut Ricky W Griffin

Definisi manajemen menurut ricky w griffin adalah suatu proses perencanaan, organisasi, koordinasi, kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai suatu tujuan dengan efektif dan efisien. Tujuan dari efektif yaitu agar bisa tercapai sesuai dengan rencana, sedangkan efisian yaitu agar tugas bisa dijalankan dengan benar, terorganisisr dan sesuai dengan yang dijadwalkan.

7. Pengertian Manajemen Menurut Hilman

Menyatakan bahwa manajemen menurut hilman yaitu fungsi untuk mencapai tujuan melalui perantara kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha tiap individu untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

8. Pengertian Manajemen Menurut Renville Siagian

Bahwa manajemen menurut renville siagian ialah sebuah bidang usaha yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang sudah terlatih dan berpengalaman dalam bidangnya.

9. Pengertian Manajemen Menurut Lawrence A. Appley

Bahwa manajeman adalah suatu keahlian yang dimiliki oleh seseorang atau organisasi untuk menggerakkan orang lain supaya mau melakukan sesuatu.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Manajemen

Terdapat 4 macam fungsi menjadi elemen dasar yang harus melekat dalam menejemen. Penjelasan tentang fungsi manajemen adalah sebagai berikut ini.

1. Fungsi Perencanaan (Planning)

Fungsi perencanaan (planning) dalam manajemen yaitu menentukan tujuan yang diinginkan, kemudian menyusun rencana dan strategi bagaimana cara agar bisa mencapai tujuan tersebut.

2. Organizing (Fungsi Pengorganisasian)

Pengorganisasian organizing adalah pengaturan sumber daya manusia dan juga sumber daya fisik yang dimiliki supaya dapat menjalankan rencana-rencana yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

3. Actuating/ Directing (Pengarahan)

Actuating atau pengarahan (Directing) adalah sebuah upaya untuk menciptakan suasana kerja yang dinamis dan sehat supaya bisa lebih efektif dan efisien dalam bekerja.

4. Controlling (Fungsi Pengendalian / Pengawasan)

Pengendalian (controlling) adalah upaya yang dilakukan untuk menilai suatu kinerja yang berpaku pada standar yang sudah dibuat, selain itu juga melakukan perbaikan jika memang diperlukan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Unsur Manajemen

Untuk dapat membentuk manajemen yang baik dalam sebuah perusahaan atau organisasi diperlukan unsur-unsur manajemen yang saling terkait antara satu dengan yang lain. Unsur manajemen adalah sebagai berikut ini:

1. Man (Sumber Daya Manusia)

Sumber daya manusia merupakan unsur manajemen yang paling vital. Di mana manusia lah yang membuat perencanaan dan yang melakukan proses tersebut untuk mencapai tujuan. Tanpa adanya sumber daya manusia maka proses kerja tidaka akan pernah ada, sebab prinsip dasarnya manusia adalah makhluk pekerja.

2. Money (Uang)

Dalam menjalankan seluruh aktifitas perusahaan dalam sehari-hari pasti tidak akan bisa terlepas dari yang namanya biaya (uang). Dengan tersedianya dana (uang) yang memadai maka menajemen perusahaan bisa lebih leluasa dalam melakukan berbagai efisiensi untuk mencapai tujuan akhir perusahaan yaitu mendapatkan laba yang maksimal.

3. Materials (Bahan Baku)

Dalam sebuah proses produksi pastinya ketersediaan material atau bahan baku sangatlah penting. Karena tanpa adanya bahan baku, perusahaan manukfaktur tidak akan dapat mengolah sesuatu yang bisa menjadi produk untuk dijual.

4. Machines (Peralatan Mesin)

Untuk dapat mengolah bahan baku menjadi barang jadi, maka memerlukan peralatan mesin. Dengan menggunakan peralatan mesin, maka waktu yang diperlukan untuk proses produksi akan menjadi lebih efisien dan cepat.

5. Methods (Metode)

Dalam menerapkan manajemen untuk dapat mengelola unsur-unsur di atas tentunya dibutuhan sebuah metode atau standard opartional prosedure yang baku.

6. Market (Pasar)

Market atau pasar merupakan elemen yang sangat penting, karena tanpa adanya permintaan maka proses produksi dan segala aktifitas perusahaan akan terhenti. Supaya bisa menguasai segmen pasar, maka pihak perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran yang handal yang mampu bersaing dengan kompetitor market sejenis baik itu dari segi harga, kualitas maupun dari segi kuantitas.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh dan Jenis Manajemen

Penerapan ilmu manajemen untuk kehidupan sehari-hari itu ada banyak sekali contoh yang dapat kita temukan, sesuai pada bidangnya. Adapun contoh dan macam macam manajemen adalah sebagai berikut:

  • Manajemen Administrasi Perkantoran
  • Manajemen Strategi
  • Manajemen Organisasi
  • Manajemen Biaya
  • Manajemen Perusahaan
  • Manajemen Personalia dan Administrasi
  • Manajemen Produksi
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Waktu
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Komunikasi
  • Manajemen Organisasi
  • Manajemen Konstruksi
  • Manajemen Pendidikan
  • Manajemen Stress
  • Manajemen Agribisnis
  • Manajemen Risiko
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  • Manajemen Rantai Pasokan
  • Manajemen Humas (Hubungan Masyarakat)
  • Dan lain sebagainya
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ternyata ilmu manajemen itu sangat luas dan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sebetulnya ada banyak sekali. Pada dasarnya kehidupan manusia itu tidak terlepas dari ilmu manajemen.

Demikian penjelasan yang cukup singkat tentang pengertian manajemen fungsi dan unsur serta contohnya. Semoga penjelasan di atas yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.