--> Skip to main content
Menu

Pengertian Gizi dan Zat Gizi Macam macam dan Fungsi Zat Gizi

Pengertian gizi dan zat gizi - Bagi tubuh kita gizi merupakan hal yang sangat penting untuk dapat mempertahankan kehidupan. Karena itulah setiap manuusia pasti memerlukan apa itu gizi. Seperti apakah gizi itu? Bagi teman-teman yang belum tahu apa yang dimaksud dengan gizi, maka teman-teman bisa membaca penjelasannya dalam artikel yang kami tulis ini. Dalam pembahasan ini kami akan menguraikan tentang pengertian gizi, baik itu secara umum maupun dari beberapa ahli, juga pengertian ilmu gizi dan zat gizi. Tidak hanya itu agar bisa lebih memahaminya di sini juga kami sertakan macam macam dan fungsi zat gizi.

Pengertian Gizi dan Zat Gizi

Pengertian Gizi

Pengertian gizi secara bahasa yaitu, “gizi” berasal dari bahasa mesir yang artinya adalah “makan”. Gizi merupakan terjemahan dari kata “nutrition” atau yang sering disebut nutrisi. Sedangkan pengertian pengertian gizi secara umum yaitu bahwa pengertian gizi adalah suatu zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumubuhan dan perkembangan, selain itu juga untuk pemeliharaan dan perbaikan jaringan pada tubuh. Dengan kata lain definisi gizi adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi adanya proses perubahan yang terjadi pada setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga bisa mempertahankan kehidupan. Tetapi, pengertian gizi itu luas, tidak hanya sebatas tentang berbagai jenis pangan dan kegunaannya untuk tubuh, namun juga tentang berbagai cara untuk memperoleh, mengolah serta mempertimbangkan agar tubuh bisa tetap terjaga kesehatannya. Para ahli yang mempelajari tentang gizi disebut sebagai ilmu gizi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Ilmu Gizi

Pengertian ilmu gizi adalah ilmu yang mempelajari tentang zat-zat gizi yang terkandung di dalam makanan dan penggunaannya untuk tubuh, yang meliputi pemasukan, penceranaan, penyerapan, transpor atau pengangkutan, metabolisme dan pengeluaran, yang semuanya termasuk dalam proses zat gizi dalam tubuh.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Gizi Menurut Para Ahli

Adapun definisi gizi menurut para ahli adalah sebagai berikut ini:

  • Menurut Lioni Ellis H, bahwa gizi adalah suatu komponen penting yang dibutuhkan tubuh untuk dapat tumbuh dan berkembang.
  • Menurut Tuti Sunardi, gizi adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi proses perubahan seluruh jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh yang bisa mempertahankan kehidupan.
  • Menurut Chairinniza K. Graha, bahwa gizi yaitu unsur yang terkandung di dalam makanan, yang mana unsur-unsur tersebut bisa memberikan manfaat untuk tubuh yang mengkonsumsinya sehingga bisa menjadi sehat.
  • Menurut Harry Oxorn & William R. Forte, menyatakan gizi mempunyai pengertian yang luas tidak hanya jenis-jenis pangan dan kegunaannya untuk tubuh, akan tetapi juga tentang cara-cara memperoleh, mengolah dan mempertimbangkan supaya kita tetap sehat.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Zat Gizi

Pengertian zat gizi adalah zat yang terdapat pada makanan yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang, zat gizi merupakan zat yang dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh. Contohnya yaitu: vitamin, protein, karbohidrat, mineral, air dan lemak. Zat gizi dapat diperoleh dari makanan yang didapatkan dalam bentuk sari makanan dari hasil pemecahan yang terjadi dalam sistem pencernaan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Zat Gizi

Fungsi zat gizi bagi tubuh diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai sumber energi (tenaga).
  • Sebagai sumber untuk pertumbuhan dan perkembangan.
  • Untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.
  • Untuk mempertahankan fungsi organ tubuh.
  • Sebagai pengatur dan pendukung proses metabolisme.
  • Untuk menjaga keseimbangan pada metabolisme.
  • Sebagai pembentuk sel-sel pada jaringan tubuh.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Macam-macam Zat Gizi

Macam-macam zat gizi pada makanan sumber dan fungsinya bagi tubuh adalah sebagai berikut ini:

Macam macam Zat Gizi Berdasarkan Sumbernya

Zat gizi berdasarkan sumbernya yaitu terdiri dari:

  • Nabati adalah zat gizi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.
  • Hewani adalah zat gizi yang berasal dari hewan.

Macam-macam Zat Gizi Berdasarkan Fungsinya

Pengelompokan zat gizi berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut:

  • Sumber energi bagi tubuh, maksudnya yaitu jenis zat gizi yang menjadi sumber tenaga untuk tubuh seperti protein, karbohidrat dan lemak.
  • Pembangun dan penjaga tubuh, maksudnya yaitu jenis zat gizi yang fungsinya untuk membangun dan menjaga tubuh, seperti protein, vitamin lemak dan mineral.
  • Pengatur kerja dalam tubuh, maksudnya yaitu jenis zat gizi yang dapat mengatur proses metabolisme dalam tubuh, diantaranya yaitu protein, lemak, mineral dan air.

Macam macam Zat Gizi Berdasarkan Jumlahnya

Berdasarkan jumlahnya macam-macam zat gizi makro (makronutrien) dan mikro (mikronutrien). Berikut ini adalah pengertian zat gizi makro dan zat gizi mikro.

  • Zat gizi makro adalah zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang banyak atau besar dalam satuan gram. Zat gizi yang termasuk makronutrien adalah karbohidrat, protein dan lemak.
  • Zat gizi mikro adalah zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang kecil atau sedikit. yang termasuk zat gizi mikro adalah vitamin, mineral dan air.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian gizi dan zat gizi, serta macam macam dan fungsi zat gizi. Semoga apa yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.