--> Skip to main content

Pengertian Barista Dan Tugasnya Serta Cara Menjadi Barista

Pengertian barista dan tugasnya - Bagi para penggemar kopi, istilah barista sudah tidak asing lagi. Profesi barista di Indonesia menjadi salah satu pekerjaan bebas dari gender stereotyping, bahkan beberapa dari barista maupun Q-Grader banyak yang dijalankan oleh para wanita. Lalu apa itu barista? apa saja tugas barista? Dan bagaimana cara menjadi seorang barista? Nah bagi kamu yang belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan barista, kamu bisa mempelajari tentang definisi barista di sini. Selai itu juga tentang tugas dan cara menjadi seorang barista.

Pengertian Barista Dan Tugasnya

Pengertian Barista

Pengertian dari barista adalah sebuah profesi seseorang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Istilah “barista” merupakan istilah yang berasal dari bahasa Italia yang artinya adalah orang yang menyajikan minuman (bartender).

Dapat pula didefinisikan bahwa arti kata barista adalah sebutan untuk seseorang yang sudah terlatih secara profesional dalam membuat kopi espresso, juga ahli dalam melakukan peracikan kopi dengan berbagai campuran seperti cappucino atau kopi latte.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Barista Menurut Para Ahli

Adapun definisi barista menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Pengertian Barista menurut Masdakaty (2015)

Kata barista secara etimologi berasal dari bahasa Italia yang artinya batender, yang menyajikan berbagai macam minuman tidak hanya minuman kopi. Namun, seiring dengan perkembangan jaman dan masuknya tren kopi ke Eropa dan Amerika, maka kata ini diadopsi menjadi seperti sekarang kita kenal.

Pengertian Barista Menurut Fadil (2017)

Barista terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Home barista adalah seseorang yang gemar membuat kopi di rumah. Sehingga disebut sebagai barista rumahan yang tidak bekerja secara komersil dan biasanya ini merupakan seorang pecinta kopi.
  2. Barista Coffee Shop adalah seseorang yang bekerja di coffee shop yang mempunyai tanggung jawab akan profesinya dalam membuat berbagai jenis kopi untuk disajikan kepada pelanggan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tugas Barista

Pekerjaan seorang barista tidak hanya sekedar menyajikan seduhan kopi yang berbasis espresso saja, tetapi pekerjaan seorang barista lebih dari itu. Adapun beberapa tugas barista adalah adalah sebagai berikut ini:

  • Melayani dan menerima pesanan pelanggan.
  • Menggiling biji kopi segar untuk kemudian diseduh menjadi secangkir kopi.
  • Menyeduh dan menuangkan kopi untuk para pelanggan.
  • Menyiapkan berbagai jenis minuman lain, misalnya teh, cold brew, latte, dan lain-lain.
  • Menyiapkan dan menyajikan makanan untuk para pelanggan.
  • Menangani keluar dan masuknya uang pada coffee shop.
  • Membersihkan peralatan yang digunakan untuk membuat kopi, peralatan makanan dan minuman. Juga membersihkan area makan.
  • Melayani pesanan melalui drive thru, apbila ada. Layanan ini tergantung dari tempat barista bekerja.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Menjadi Seorang Barista

Bagaimana cara menjadi seorang barista? Menjadi seorang barista merupakan pekerjaan yang dicari-cari oleh orang-orang yang ingin berkecimpung dalam dunia kuliner. Hal itu karena banyak coffee shop yang mencari barista tanpa pengalaman kerja. Meskipun pengalaman kerja tidak diutmakan saat tertarik menjadi seorang barista, tetapi tidak ada salahnya jika sebelumnya menimba pengalaman yang berkaitan dengan kopi. Untuk itu kita harus tahu cara jadi seorang barista yang baik.

Kenapa begitu? Karena kini banyak pemilik coffe shop atau restoran yang lebih memilih kandidat barista yang baik dan berkarakter bagus. Adapun beberapa karakteristik kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang barista adalah sebagai berikut ini:

1. Keterampilan berkomunikasi yang baik

Dalam industri kuliner baik itu coffee shop maupun restoran merupakan industri yang serba cepat. Coffee shop membutuhkan orang yang dapat membuat pelanggannya tersenyum di tengah padatnya jam kerja mereka.

2. Semangat untuk belajar

Seseorang yang mempunyai kemauan untuk belajar sangat dicari, hal itu dikarenakan para pemilik coffee shop bersedia untuk mengajari para calon barista mereka.

3. Kemampuan beradaptasi di lingkungan kerja yang serba cepat

Suasana yang terjadi di coffee shop bisa jadi sangat sibuk. Seorang barista yang profesional harus dapat menangani stres dan juga membuat berbagai macam pesanan minuman secara sekaligus.

4. Mempunyai Mindset yang berfokus pada detail

Proses penyeduhan kopi memerlukan banyak langkah agar seorang barista bisa menonjolkan cita rasanya. Seorang barista yang profesional harus dapat memperhatikan setiap aspek untuk dapat memastikan kualitas rasa dan konsistensinya.

5. Dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan

Membangun hubungan baik dengan pelanggan merupakan hal yang sangat penting bagi seorang barista. Hafalkan pelanggan-pelanggan tetap yang datang dan juga hafalkan minuman kesukaannya agar mereka lebih merasa dihargai. Dengan begitu maka akan membuat mereka mau kembali lagi ke coffee shop atau restoran anda. (kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting)

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jika kamu ingin menjadi seorang barista handal, kamu juga perlu untuk mengikuti pelatihan barista. Demikian penjelasan tentang pengertian barista dan tugasnya serta cara menjadi barista yang dapat kami tuliskan. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfafat.

Buka Komentar
Tutup Komentar