--> Skip to main content

Pengertian Biotik dan Komponen Biotik beserta Fungsinya

Pengertian Biotik dan komponen biotik - Ekosistem merupakan suatu kesatuan yang menyeluruh dan mempunyai hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Di dalam ekosistem terdapat dua macam komponen yaitu biotik dan abiotik. Nah apa itu biotik? dan apa itu abiotik? Untuk biotik akan kami bahas dalam pembahasan kali ini. Sedangkan untuk abiotik silahkan kamu baca: Pengertian Abiotik. Sebelumnya tahukah kamu apa yang dimaksud dengan biotik? Jika kamu belum tahu definisi biotik, kamu bisa mempelajari tentang pengertian biotik di sini. Selain itu di sini juga kami bahas tentang macam-macam komponen biotik beserta fungsinya.

Pengertian Biotik

Pengertian Biotik

Pengertian biotik adalah istilah yang dipakai untuk menyebut suatu sesuatu yang hidup atau organisme. Jadi arti biotik adalah lingkungan yang terdiri dari makhluk hidup. Pengertian lingkungan biotik adalah semua lingkungan yang terdiri atas komponen-komponen makhluk hidup yang ada di permukaan bumi. Beberapa dari komponen lingkungan biotik diantaranya adalah manusia, hewan dan tumbuhan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Biotik Menurut Para Ahli

Adapun penjelasan tentang pengertian biotik menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Pengertian Biotik Menurut Kamus Besar

Arti biotik menurut kbbi adalah makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan) baik itu yang mikro maupun makro beserta prosesnya.

Pengertian Biotik dalam Geografi

Arti biotik dalam geografi adalah aspek yang berhubungan dengan unsur vegetasi (flora), fauna dan juga kajian penduduk.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Macam macam Komponen Biotik

Komponen biotik dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu berdasarkan peranan/ fungsinya dan berdasarkan tingkat trofik/ nutrisinya. Adapun penjelasan dari macam-macam komponen biotik adalah sebagai berikut:

Komponen Biotik Berdasarkan Peranannya

komponen biotik berdasarkan peranannya dibedakan menjadi 3 yaitu:

1. Produsen (Penghasil)

Produsen adalah makhluk hidup yang dapat mengolah zat anorganik menjadi zat organik (organisme autotrof). Selanjutnya akan digunakan untuk menghasilkan makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Beberapa contoh produsen adalah tumbuhan hijau, alga, lumut, dan fitoplankton.

2. Konsumen (Pemakai)

Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak bisa menghasilkan makanan, sehingga bergantung pada organisme lain untuk dapat bertahan hidup. Berdasarkan dari tingkatannya, konsumen terbagi menjadi 3 macam yaitu:

  • Konsumen primer, adalah konsumen pemakan langsung produsen. Contoh konsumen primer adalah kerbau, sapi, kambing, rusa, ullat dan lain-lain.
  • Konsumen sekunder, adalah konsumen yang menjadi pemakan konsumen primer. Contoh konsumen sekunder adalah singa, harimau, ular, katak, ayam dan lain-lain.
  • Konsumen tersier, adalah konsumen yang menjadi pemakan konsumen sekunder. Contoh konsumen tersier adalah elang, gurita, ikan hiu dan lain-lain.

3. Dekomposer (Pengurai)

Dekomposer adalah makhluk hidup atau organisme yang menguraikan atau merubah bahan-bahan organik dari organisme yang telah mati menjadi senyawa anorganik melalui proses dekomposisi. Contoh dekomposer atau pengurai adalah cacing, jamur, bakteri dan lain-lain. Beberapa dekomposer yang mengguanakn sisa banhan organik hasil dekomposisi disebut sebagai detritivor, contohnya kutu kayu.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Komponen Biotik Berdasarkan Tingkat Trofiknya

Komponen biotik berdasarkan tingkat trofiknya dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

1. Komponen Autotrof

Komponen autotrof adalah organisme uniseluler dan multiseluler yang bisa berfotosintesis (menghasilkan makanan sendiri). Melalui hasil proses fotosintesis tersebut makhluk hidup akan menghasilkan karbohidrat dan oksigen.

Komponen ini dapat dikatakan sebagai produsen yang utama dalam ekosistem. Adapun beberapa contoh dari makhluk hidup yang termasuk komponen autotrof adalah: phytoplankton, tumbuhan paku, tumbuhan lumut, tumbuhan berbiji dan ganggang.

2. Komponen Heterotrof

Komponen heterotrof adalah golongan organisme yang memanfaatkan bahan organik yang disediakan organisme lain sebagai bahan makanan. Dapat dikatakan bahawa golongan ini tidak bisa menghasilkan makanannya sendiri.

Komponen heterotrof dikelomopkan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Herbivora adalah sebagai organisme konsumen primer yang menduduki tropic tingkat 1 dan 2. Herbivora merpakan organisme pemakan tumbuh-tumbuhan.
  • Karnivora adalah sebagai organisme konsumen sekunder yang menduduki tropic tingkat 2 dan 3. Karnivora merupakan organisme pemakan daging dari makhluk hidup lain.
  • Omnivora adalah sebagai organisme konsumen yang menduduki tropic tingkat 1 dan 2. Omnivora merupakan organisme pemakan segala baik itu daging maupun tumbuh-tumbuhan.
  • Dekomposer adalah mikroorganisme yang tugasnya adalah sebagai pengurai zat organik hasil dari sisa-sisa tumbuhan dan hewan. Termasuk di dalamnya adalah kitin atau selulosa yang mengubah zat menjadi lebih sederhana. Contoh dari dekomposer yaitu jamur dan bakteri.
  • Parasit adalah organisme yang hidup di luar tubuh inang, contoh parasit adalah kutu yang hidup di kepala manusia.
  • Detritivor adalah organisme yang hidupnya dengan cara memakan serpihan dari makhluk hidup yang telah mati. Contoh detritivor adalah cacing, rayap dan kaki seribu.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian biotik dan komponen biotik beserta fungsinya. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar