--> Skip to main content

Belum Pakai SSD Hosting untuk Website Bisnis Kamu? Ketahui Keunggulannya

SSD Hosting Sumber: freepik.com

SSD sekarang sudah menjadi salah satu teknologi yang populer dipakai banyak orang sebagai tempat penyimpanan data. Ini memungkinkan banyak orang tidak lagi perlu menyimpan data yang penting dan banyak jumlahnya dalam HDD. Menggunakan SSD hosting paling recomended dan murah dapat mengurangi potensi mengalami kehilangan data akibat data corrupt.

Apabila kamu belum menggunakan teknologi yang satu ini, maka disarankan untuk cepat-cepat berlangganan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa perusahaan dapatkan dengan mendaftarkan layanan Solid State Drive. Bahkan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh daripada menggunakan teknologi lama HDD. Penasaran dengan apasaja keunggulannya, mari simak berikut.

Benarkah SSD Hosting Penting?

SSD merupakan singkatan dari Solid-State Drive yang mana sama sekali tidak memiliki bagian penyimpanan fisik. Penyimpanan ini memanfaatkan flash memory dalam menyimpan data. Pembacaan data dengan menggunakan teknologi ini jauh lebih cepat daripada menggunakan HDD atau Hard Disk Drive.

Kemudahan dalam mengakses suatu data sekarang akan sangat berpengaruh terhadap performa perusahaan, terutama yang memiliki website. Akses data yang cepat memungkinkan perusahaan untuk bisa bekerja dengan lebih efisien dan menjadi lebih produktif. Apapun skala dari perusahaan tempat kamu bekerja, tetap disarankan untuk menggunakan teknologi SSD.

Keunggulan Menggunakan Teknologi SSD

Kamu pasti akan mudah menemukan di internet ada banyak perusahaan yang memberikan layanan SSD hosting murah. Namun sangat disarankan tidak menggunakan yang terlalu murah, karena biasanya memiliki kualitas kurang baik. Jadi gunakanlah Solid State Drive hosting dengan harga yang realistis sesuai keperluan, agar bisa mendapatkan seluruh keuntungan tersebut. Beberapa keunggulan menggunakan teknologi ini yakni:

1. Performa yang Tinggi

Data yang disimpan dalam Solid State Drive dapat dibaca secara langsung melalui sebuah storage area. Hal ini sangat berbeda dari mekanisme kerja HDD. Solid State Drive tidak terdapat bagian yang berputar maupun bergerak di dalamnya. Tidak adanya bagian komponen yang berputar menyebabkan teknologi ini mampu melakukan proses penulisan dan pembacaan data lebih cepat.

Kemampuan penulisan dan pembacaan data yang cepat mampu meningkatkan performa teknologi ini. Apabila kamu berniat untuk melakukan penyimpanan data dalam jumlah besar saat ini, maka disarankan untuk menggunakan SSD. Proses menjadi lebih cepat dan memiliki kapasitas penyimpanan cukup besar.

Baca juga : apa itu react native untuk website?

2. Perangkat Teknologi Lebih Handal

Solid State Drive sama sekali tidak memiliki komponen di dalamnya yang bergerak. Tidak memiliki lapisan magnet maupun kepala untuk membaca maupun menulis data. Hal tersebut membuat teknologi ini menjadi lebih bebas dari mengalami distorsi. Ketiadaaan komponen yang bergerak juga dapat bermanfaat menghindari bagian aus akibat gesekan antar komponen dalam drive.

Sedangkan HDD memiliki bagian yang bergerak, sehingga lebih cepat mengalami panas. Ketika drive sering mengalami panas, maka bagian komponen yang saling bergesekan akan cepat rusak. Alhasil HDD memiliki masa penggunaan jauh lebih singkat daripada SDD.

3. Kecepatan Transfer Data Tinggi

Dunia teknologi memang selalu mendapatkan tantangan untuk bisa memberikan performa semakin tinggi dari tahun ke tahun. Ini juga berlaku dalam dunia SSD hosting dimana permintaan pengguna terhadap layanan berkecepatan tinggi menjadi lebih cepat. SSD memang di rancang untuk mampu menggunakan flash memory untuk menyimpan data.

Sebagian besar teknologi ini yang digunakan sekarang memiliki performa kecepatan 300% lebih cepat daripada HDD. Bisa dilihat bahwa kecepatan tersebut berbeda secara signifikan, sehingga membuat ada banyak perusahaan dari berbagai skala mulai meninggalkan teknologi HDD dan beralih ke SDD.

Kecepatan tinggi yang ditawarkan tersebut akan berpengaruh terhadap kecepatan penulisan, pembacaan, waktu respon, dan transfer data. Bahkan Solid State Drive paling canggih saat ini bisa bekerja dalam waktu di bawah 10 detik dan sudah masuk dalam ranah mili detik.

4. Konsumsi Energi Rendah

SSD memerlukan daya listrik yang sangat rendah, sehingga ini baik untuk tujuan penggunaan teknologi ramah lingkungan. Sekarang saja, kamu akan bisa menemukan SSD yang hanya memerlukan daya kurang dari 1 Watt.

Konsumsi energi rendah tersebut dapat terwujud, karena SSD memang tidak memiliki komponen bergerak di dalamnya. Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun juga memungkinkan perbaikan efisiensi SSD, sehingga suatu saat bisa menjadi jauh lebih baik dari yang ada sekarang.

5. Ada Banyak Ukuran

Setiap pengguna layanan SSD hosting Indonesia memerlukan besarkapasitas penyimpanan data yang berbeda. Jika kita membandingkan antara keperluan Solid State Drive sebuah toko online dengan perusahaan besar, sudah pasti bahwa suatu perusahaan besar akan memerlukan kapasitas Solid State Drive yang lebih besar. Bahkan, kapasitas yang lebih tinggi bisa klien dapat dengan melakukan upgrade.

Bagi kamu yang sedang mencari-cari penyedia layanan hosting yang menyediakan teknologi ini sebagai penyimpanan data, maka bisa dilakukan dengan berlangganan hanya di DomaiNesia. Kamu akan bisa mendapatkan teknologi ini dengan berbagai ukuran di sana. Bahkan, kami juga menyediakan layanan Paket Exa yang memiliki SSD sebesar 48 GB.

SSD Hosting
Newest Post
Buka Komentar
Tutup Komentar