--> Skip to main content
Menu

Apresiasi Seni Rupa Pengertian Jenis Tahap Manfaat Dan Tujuan

Di dalam sebuah karya seni rupa pastinya terkandung unsur-unsur keindahan yang dapat dinikmati. Karena itulah secara sadar atau tidak ketika kita melihatnya, kita akan melakukan apresiasi terhadap seni rupa. Jadi apa itu apresiasi seni rupa? Mungkin teman-teman masih ada yang bingung seperti apa yang dimaksud dengan apresiasi seni rupa itu. Maka dari itulah di sini kami akan mengupas tentang pengertian dan jenis apresiasi seni rupa. Selain itu untuk menambah pemahaman di sini juga kami bahas tentang tahap tahap apresiasi seni rupa, serta manfaat dan tujuan apresiasi karya seni rupa.

apresiasi seni rupa pengertian jenis tahap manfaat dan tujuan

Pengertian Apresiasi Seni Rupa

Apresiasi berasal dari bahasa latin appretiatus yang artinya putusan yang disertai dengan rasa hormat. Sedangkan kata apresiasi berasal dari bahasa inggris yaitu appreciate yang artinya adalah menilai atau menghargai. Jadi pengertian apresiasi seni rupa adalah kegiatan memberikan penilaian dan penghargaan terhadap suatu karya seni rupa. Penilaian tersebut dapat mencakup beberapa kegiatan seperti melihat, mengenali, menghayati, menilai dan memberikan penghargaan terhadap bobot-bobot seni yang terkandung di dalam karya seni rupa tersebut.

Dapat pula dijelaksan bahwa arti apresiasi seni rupa adalah aktivitas mengindra karya seni, menikmati, merasakan, menghayati dan menghargai nilai-nilai keindahan yang ada dalam karya seni serta menghormati keragaman konsep dan variasi kaidah artistik eksistensi karya seni.

Pengertian Apresiasi Seni Rupa Menurut Para Ahli

Pengertian Apresiasi Seni Rupa Menurut Brent G Wilson

Apresiasi seni rupa menurut brent g wilson dalam bukunya Evaluation of Learning in Art education. Bahwa apresiasi seni mempunyai 3 domain yaitu feeling (perasaan), dalam konteks ini berhubungan dengan perasaan keindahan, valuing (penilaian) berhubungan dengan nilai seni dan emphatizing (empati), berhubungan dengan sikap hormat terhadap dunia seni rupa, termasuk juga pada profesi perupa (pelukis, pegrafis, pedesain, pepatung, pekramik, pekira dan lain sebagainya).

Jenis Jenis Apresiasi Seni Rupa

Adapun jenis jenis apresiasi karya seni rupa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Apresiasi Empatik

Apresiasi empatik adalah apresiasi yang hanya menilai atau menghargai suatu karya seni berdasarkan dari penglihatan mata (indrawi).

2. Apresiasi Estetis

Apresiasi estetis adalah apresiasi yang menilai atau menghargai suatu karya seni berdasarkan pengamatan dan penghayatan yang mendalam.

3. Apresiasi Kritis

Apresiasi kritis adalah adalah apresiasi yang menilai atau menghargai suatu karya seni dengan melibatkan deskripsi, klasifikasi, tafsiran, analisis dan evaluasi serta menyimpulkan hasil penilaian atau penghargaannya.

Tahapan Apresiasi Seni Rupa

Terdapat beberapa tahapan dalam apresiasi seni rupa, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

1. Pengamatan

Pengamatan yang dilakukan terhadap suatu karya seni tidak hanya dilakukan dengan satu indera saja. Akan tetapi dengan memberdayakan seluruh pribadi. Artinya apresiasi ini juga dilakukan dengan ketajaman pengamatan seseorang dan juga pengetahuan ilmu seni.

2. Aktivitas Fisiologis

Aktivitas fisiologis merupakan tindakan yang nyata dalam melakukan sebuah pengamatan.

3. Aktivitas Psikologis

Aktivitas psikologis adalah persepsi dengan evaluasi yang selanjutnya bisa menimbulkan sebuah interpretas imajinatif sebagai dorongan kreativitas.

4. Aktivitas penghayatan

Aktivitas penghayatan bisa dilakukan dengan cara mengamati sebuah objek karya seni secara mendalam.

5. Aktivitas Penghargaan

Aktivitas penghargaan adalah sebuah evaluasi terhadap objek dengan cara menyampaikan kritik dan saran.

Manfaat Apresiasi Seni Rupa

Terdapat beberapa manfaat dari apresiasi seni rupa. Adapun manfaat apresiasi seni rupa adalah sebagai berikut ini.

  • Agar kita bisa lebih menganal dan memahami tentang karya seni dari berbagai sisi.
  • Dapat meningkatkan dan memupuk rasa kecintaan terhadap suatu karya seni.
  • Dapat digunakan sebagai sarana dalam melakukan hiburan, penikmatan, empati, edukasi dan penilaian.
  • Dapat menimbulkan hubungan timbal-balik positif antara penikmat karya seni dengan pencipta (seniman).
  • Dapat memperoleh pengalaman dan ilmu baru sehingga dapat menjadi bekal untuk meningkatkan dan mengembangkan suatu karya seni yang lebih baik dikemudian hari.

Tujuan Apresiasi Seni Rupa

Tujuan seseorang melakukan apresiasi seni rupa adalah sebagai berikut:

  • Untuk mengevaluasi dan mengembangkan nilai estetika dari suatu karya seni.
  • Untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan dalam berkreasi dan berimajinasi.
  • Untuk menyempurnakan keindahan suatu karya seni.

Demikianlah penjelasan yang bisa kami tulis tentang: apresiasi seni rupa pengertian jenis tahap manfaat dan tujuan dalam blog temukan pengertian. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.