--> Skip to main content

Aplikasi Absensi Online Solusi Pantau Kehadiran Karyawan

Kedisiplinan karyawan adalah hal utama yang perlu dipupuk untuk menumbuhkan kinerja berkualitas Membentuk kedisiplinan bisa dimulai dari membiasakan hadir tepat waktu di kantor. Umumnya karyawan mencatatkan kehadiran di kantor dengan berbagai cara, ada yang menggunakan absensi manual, mesin fingerprint, dan ada juga yang menggunakan aplikasi absensi yang nantinya data kehadiran disimpan dalam Aplikasi Absensi Online. Sayangnya, penggunaan absensi manual dan finger print tidak begitu efektif bagi HRD dalam memantau kehadiran. Lalu, bagaimana dengan Aplikasi Absensi Online?

Keuntungan Aplikasi Absensi Online

Sekilas Mengenai Kehadiran Karyawan

Kehadiran karyawan dapat menjadi salah satu indikasi apakah karyawan dalam suatu perusahaan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan pekerjaannya. Ketika karyawan sering datang terlambat dan tidak menyelesaikan pekerjaannya, maka ada pertanda bahwa karyawan tidak disiplin. Jika karyawan selalu tepat waktu dan kinerjanya selesai tepat waktu, maka tandanya karyawan sudah mampu mengikuti pola kerja dan semua pekerjaan yang diberikan dari atasan.

Bagaimana jika karyawan yang selalu datang tepat waktu tetapi tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu? Itu juga menjadi pertanda besar bagi HRD untuk membantu karyawan mencari tahu apakah ada yang salah dari beban kerja sehingga produktivitas karyawan bisa berkurang. Tak hanya digunakan untuk meninjau atau evaluasi kinerja, data kehadiran karyawan juga digunakan untuk proses penggajian bulanan. Sistem akan memproses data kehadiran yang masuk kemudian mengkalkulasikannya untuk penggajian.

Keuntungan Aplikasi Absensi Online dalam Memantau Kehadiran Karyawan

Ada berbagai keterbatasan jika HRD menerapkan absensi manual dan fingerprint. Contohnya, absensi manual tidak dapat dipantau secara real time dan absensi fingerprint membutuhkan biaya pemeliharaan berkala. Keterbatasan seperti ini malah menghambat kinerja HRD. Sedangkan Aplikasi Absensi Online menawarkan berbagai kemudahan yang tidak tersedia di absensi manual dan fingerprint. Apa saja keuntungan tersebut?

Real Time

Semua data kehadiran yang masuk melalui aplikasi absensi akan disimpan secara real time atau saat itu juga dalam sistem. Akan terlihat jelas mana karyawan yang terlambat dan mana karyawan yang tepat waktu. Karena masuk secara real time, minim kemungkinan data akan dimanipulasi atau dipalsukan oleh karyawan.

Aman

Segala informasi dan data karyawan bersifat konfidensial dan harus dijamin kerahasiaannya oleh perusahaan. Begitu pula dengan data kehadiran karyawan. sistem absensi didukung oleh cloud based server yang mampu menyimpan informasi dan data karyawan dalam skala besar. Manajerial dan HRD yang hendak mengakses data harus login terlebih dahulu dengan password dan username.

Terintegrasi dengan Payroll

Seperti yang disebutkan di atas, data kehadiran digunakan dalam penggajian atau payroll bulanan. Dengan absensi manual, HRD perlu input data kehadiran secara manual ke dalam sistem payroll, barulah payroll bisa diproses. Sedangkan Aplikasi Absensi Online sudah mencakup proses payroll sehingga dapat mengintegrasikan data kehadiran dengan sistem payroll.

Hemat

Mesin fingerprint membutuhkan biaya pemeliharaan rutin. Tentu hal ini membuat anggaran HRD bisa membengkak. HRD tidak perlu mengeluarkan biaya pemeliharaan jika menggunakan Aplikasi Absensi Online. Dengan begitu, HRD dapat menekan biaya yang tidak diperlukan dan mengalokasikannya kepada hal yang lain.

Membudayakan Paperless

HRD tidak perlu menggunakan kertas seperti absensi manual dengan sistem absensi. Paperless atau budaya tanpa kertas sudah banyak diadopsi oleh perusahaan. Selain lebih ramah lingkungan, budaya paperless juga dinilai lebih praktis karena tidak membuat penumpukan dokumen fisik. Menerapkan budaya paperless juga dapat meningkatkan citra perusahaan lebih baik di mata konsumen dan masyarakat umum.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Absensi Online dapat memudahkan HRD dalam memantau kehadiran karyawan. Ketika HRD mudah dalam memantau dan mengawasi kehadiran karyawan, HRD punya banyak waktu untuk mengerjakan tugas lain yang lebih urgent. Itulah sebabnya berinvestasi dan mengimplementasikan sistem absensi dalam perusahaan adalah keputusan tepat. Untuk informasi selengkapnya, hubungi LinovHR sekarang juga!

Buka Komentar
Tutup Komentar