--> Skip to main content

Pengertian Dan Manfaat Daun Sirih

Daun sirih merupakan salah satu daun herbal yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Tanaman ini banyak ditemukan di kebun atau pekarangan rumah yang memang sengaja dibudidayakan untuk keperluan obat rumahan. Seperti apakah daun sirih itu? Apa saja manfaat dari daun sirih? Bagi kamu yang belum tahu bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

manfaat daun sirih

Pengertian Daun Sirih

Pengertian daun sirih adalah daun dari tanaman sirih yang merupakan tanaman yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Daun sirih daunnya tunggal dan berbentuk jantung, ujungnya runcing, tumbuh secara berselang-seling, memiliki tangkai, dan akan mengeluarkan bau yang sedap jika diremas. Ukuran daun sirih panjangnya antara 5 – 8 cm kemudian lebarnya antara 2 – 5 cm.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Daun Sirih

Manfaat daun sirih terbukti mujarab untuk mengatasi berbagai masalah penyakit. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih tidak hanya dikonsumsi dengan cara dikunyah saja, tetapi juga bisa direbus dan diambil khasiatnya. Adapun beberapa manfaat daun sirih diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Mencegah gigi berlubang dan mengurangi bau mulut

Bakteri di mulut merupakan penyebab gigi berlubang dan bau mulut. Masalah tersebut dapat diatasi dengan cara memanfaatkan daun sirih, karena daun sirih mempunyai kandungan antibakteri yang tinggi. Dengan cara mengunyah daun sirih, bakteri yang ada di mulut bisa semakin berkurang. Semakin berkurangnya bakteri di mulut maka gigi tidak akan mudah berlubang dan akan menjadi lebih sehat. Selain itu kandungan minyak atsiri yang terdapat pada daun sirih mempunyai aroma yang wangi dan segar sehingga dapat mengurangi baut mulut.

Mengurangi bau badan

Daun sirih dapat mengurangi bau badan karena terdapat kandungan klavikula dan estradiol. Kandungan tersebut berkhasiat untuk mengurangi bau badan yang berlebih. Hal itu karena kandungan klavikula dan estradiol mampu mengatur produksi hromon yang terdapat pada kelenjar keringat. Untuk merasakan khasiatnya cukup minum air rebusan daun sirih tersebut secara rutin.

Menghentikan mimisan

Adanya kandungan terpene dan fenil popies yang terdapat pada daun sirih yang menjadi kunci utama untuk mengatasi mimisan. Cara menghentikan mimisan dengan daun sirih yaitu dengan cara menggulung daun sirih sesuai dengan ukuran lubang hidung, kemudian masukkan ke lubang hidung yang mimisan. Namun jangan sampai lupa untuk mencuci daun sirih terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Menyembuhkan jerawat

Sifat antiseptik dan anti bakteri yang terdapat pada daun sirih, dapat berkhasiat untuk menyembuhkan jerawat. Caranya yaitu bersihkan beberapa lembar daun sirih. Setelah itu tumbuk sampai halus dan rebus. Setelah dingin ambil airnya menggunakan handuk kemudian tempelkan pada area kulit yang berjerawat.

Menjaga kesehatan mata

Sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang terdapat pada daun sirih dapat membantu menjaga kesehatan mata. Terutama menjaga kesehatan mata dari rasa gatal-gatal. Cara menggunakannya yaitu dengan mencuci bersih daun sirih sebanyak 20 lembar, kemudian merebusnya. Setelah dingin gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci mata.

Meringankan sembelit

Daun sirih dapat membersihkan radikal bebas dari tubuh dan dapat mengembalikan tingkat PH normal dalam tubuh. Tentunya hal ini dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi sakit perut atau sembelit. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih dalam meringankan sembelit, bisa dengan menumbuk daun sirih dan memasukkannya ke dalam air. Setelah itu biarkan selama semalam dan minum airnya di pagi hari pada saat perut masih dalam keadaan kosong.

Menjaga kesehatan organ kewanitaan

Manfaat daun sirih mampu melawan bakteri Candida yang dapat menyebabkan keputihan. Cara menggunakan daun sirih yaitu cuci bersih daun sirih sebanyak 5-10 lembar lalu rebus dengan air 250 ml. Setelah dingin, gunakan air rebusan daun sirih untuk mencuci organ kewanitaan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan tentang pengertian dan manfaat daun sirih. Mungkin masih banyak manfaat-manfaat lain dari daun sirih yang belum dapat kami sebutkan dalam artikel ini. Semoga artikel dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar