Skip to main content

Pengertian Hormon dan Fungsinya serta Macam-macam Hormon

Pengertian hormon dan fungsinya - Zat yang terdapat dalam tubuh manusia mempunyai banyak manfaat untuk membantu bekerjanya organ-organ tubuh. Salah satunya yaitu hormon. Apa itu hormon dan apa fungsinya? Nah bagi kamu yang belum tahu dengan apa yang dimaksud hormon. Kamu bisa menyimak penjelasan tentang definisi hormon dan fungsinya di sini. Di sini selain membahas tentang definisi hormon dan fungsinya secara umum, juga kami bahas tentang macam-macam hormon.

Pengertian Hormon dan Fungsinya

Pengertian Hormon

Istilah hormon berasal dari kata hormaein (bahasa yunani) yang berarti memacu, ata berasal dari kata hormao yang artinya menggairahkan atau membangkitkan. Secara umum, pengertian hormon adalah zat kimia yang berguna sebagai pemacu fungsi organ-organ tubuh tertentu. Hormon dihasilkan oleh organ tubuh tertentu yang berasal dari kelenjar endokrin.

Hormon dapat diproduksi oleh semua organisme multiseluler, diantaranya yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan. Hormon memiliki peranan yang penting dalam pengendalian proses pertumbuhan, metabolisme, reproduksi, kekebalan dan pola hidup manusia.

Berbagai macam hormon diproduksi oleh kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin sendiri ada beberapa macam diantranya yaitu kelenjar pankreas, kelenjar ovarium, kelenjar hipotalamus, kelenjar timus, kelenjar pencernaan, kelenjar hipofisis, kelenjar tiroid dan kelenjar adrenal.

Hormon tidak memiliki saluran sehingga pada sekresinya masuk ke dalam aliran darah mengalir mengikuti peredaran darah tersebut ke seluruh tubuh. Jika telah sampai pada organ tertentu, maka hormon akan merangsang untuk terjadinya suatu perubahan. Perubahan yang terjadi umumnya dalam waktu yang panjang. Misalnya pertumbuhan, tetapi ada pula hormon yang memiliki waktu yang relatif pendek misalnya pada saat ada kejadian yang menakutkan.

Dalam proses metabolisme, hormon mempunyai peranan yang penting, seperti halnya enzim. Tetapi antara hormon dengan enzim terdapat perbedaan. Hormon memiliki kemampuan dalam menentukan tingkat metabolisme dan mengontrol fungsi tubuh. Sedangkan Enzim memiliki kemampuan untuk mempercepat reaksi metabolisme.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Hormon

Keberadaan hormon dalam tubuh sangatlah penting karena hormon memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat bagi tubuh. Adapun fungsi hormon adalah sebagai berikut ini:

  • Dapat mempengaruhi metabolisme glukosa, protein dan lemak seluruh tubuh.
  • Untuk mengendalikan perkembangan pada sistem reproduksi.
  • Untuk mengendalikan tekanan darah.
  • Merangsang proses pembentukan eritrosit (sel darah merah) dalam tubuh.
  • Merangsang pembentukan dan pelepasan dari kelenjar tiroid.
  • Untuk mengendalikan pembentukan dan pelepasan hormon yang dilakukan oleh konteks adrenal.
  • Untuk mempertahankan homeostasis (keseimbangan keadaan tubuh terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya).
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Macam-macam Hormon

Berikut ini adalah macam macam hormon pada tumbuhan hewan dan manusia beserta fungsinya:

Macam macam Hormon Pada Manusia

Macam-macam hormon pada tubuh manusia dan fungsinya:

  • Hormon Tiroksin adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar gondok/ zat tiroi berfungsi untuk mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan metabolisme karbohidrat dalam tubuh.
  • Hormon Growth adalah hormon yang berfungsi untuk percepatan atau kecepatan pertumbuhan pada tubuh. Jika seseorang kelebihan hormon ini maka akan dapat tumbuh tinggi besar seperti raksasa. Sedangkan jika seseorang kekurangan hormon ini maka akan menjadi kerdil.
  • Hormon Tesrosteron adalah hormon yang berfungsi untuk mengatur perkembangan organ reproduksi dan pemacu munculnya tanda-tanda kelamin pada pria.
  • Hormon Progresteron adalah hormon yang memacu munculnya tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Macam macam Hormon Pada Hewan

Berikut ini adalah macam macam hormon pertumbuhan pada hewan beserta fungsinya:

  • Hormon Tiroksi adalah hormon yang berfungsi untuk mengendalikan pertumbuhan hewan, pada otak dapat merangsang terjadinya proses metamorfosis.
  • Hormon Somato medin adalah hormon yang berfungsi untuk mempengaruhi pertumbuhan tulang.
  • Hormon Juvenil adalah hormon yang fungsinya untuk mempengaruhi vase lampah dan vase dewasa pada hewan invertebrate.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Macam-macam Hormon Pada Tumbuhan

Macam-macam hormon pada tumbuhan beserta fungsinya:

  • Hormon Auksin adalah hormon yang fungsinya dapat membantu membentuk perpanjangan sel, merangsang pembentukan bunga dan buah dan dapat mengaktifkan cambium untuk pembentukan sel-sel baru.
  • Hormon Sitokinin adalah hormon yang dapat memacu pembelahan sel dan membantu mempercepat pertumbuhan akar dan tunas.
  • Hormon Giberelin adalah hormon yang fungsinya untuk merangsang pembelahan dan pembelahan sel serta dapat mempercepat perkecambahan pada biji.
  • Hormon Etilen adalah hormon yang berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan dan dapat mempercepat penuaan buah dan daun.
  • Hormon Asam Abisisat adalah hormon yang dapat membantu proses perontokkan daun.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian hormon dan fungsinya beserta dengan macam-macam hormon. Semoga penjelasan di atas dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar