--> Skip to main content

Apa itu VPS: Pengertian dan Panduan Dasar

Ketika kamu membuat sebuah website, kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan paket hosting. Tentunya hal ini akan membuat kamu menjadi bingung untuk memilih paket hosting. Apalagi setiap paket hosting memiliki fitur dan keunggulan yang berbeda-beda. Adapun salah satu pilihan paket hosting yang tersedia adalah VPS. Nah, apa itu VPS? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu VPS

Apa itu VPS

Kepanjangan dari VPS adalah Virtual Private Server. VPS adalah jenis hosting yang memberikan akses root secara penuh sehingga jika kamu menggunakan VPS kamu akan mempunyai control penuh terhadap server. Jadi dengan menggunakan VPS ini kamu dapat melakukan konfigurasi server secara mandiri. Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat mengelola berbagai akun hosting/ website dalam satu server VPS.

Secara global VPS sering digunakan untuk menyimpan data dan file pada website. VPS biasanya digunakan pada website yang memerlukan sumber daya yang besar. VPS berbeda dengan shared hosting karena penggunanya tidak perlu berbagi sumber daya dengan website lain.

Cara Kerja Virtual Private Server (VPS)

Cara kerja VPS diawali dari server fisik yaitu berupa komputer yang telah divirtualisasi. Pada server inilah yang menjadi tempat kamu dan seluruh user lain menyimpan berbagai file dan database yang diperlukan untuk website. Browser yang digunakan oleh user nantinya akan mengirimkan sebuah permintaan kepada server dan server akan melayani user tersebut sesuai dengan permintaan untuk selanjutnya server mentransfer file yang diinginkan kepada pengunjung melalui jaringan komputer.

Ketika terjadinya proses menerima dan mengirim service itulah VPS bekerja. Jadi tugas VPS adalah untuk menerima dan mengirim service kepada user. VPS bertindak seperti menirukan server fisik dan bersifat pribadi sehingga tidak terpengaruh oleh pengguna VPS lain dalam satu server fisik.

Tips Memilih Virtual Private Server (VPS)

Sebelum memutuskan untuk membeli VPS, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui sebagai parameter dalam memilih VPS. Apa saja tips memilih VPS yang baik, simak penjelasannya berikut ini:

1. Tentukan Tujuan Penggunaan VPS Terbaik

Tentukan penggunaan VPS, karena ada berbagai hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan VPS. VPS tidak hanya digunakan untuk menyimpan dan menjalankan situs web saja tetapi juga sebagai web hosting dan sebagai penghubung layanan IOT (Internet of Things).

2. Sistem Operasi (Windows/Linux)

Sistem operasi menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan. Sistem operasi Linux sekilas lebih populer jika dibandingkan dengan Windows. Selain karena open-source dan gratis, Linux menawarkan pengelolaan yang jauh lebih fleksibel. Lain halnya dengan sistem operasi windows, ini kurang diminati karena berbayar dan pengelolaannya kurang fleksibel. Namun, karena berbayar, windows menyediakan layanan technical support. Nah, dari kedua sistem operasi tersebut? Kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhanmu.

3. Kapasitas Bandwidth Bulanan

Batas penggunaan Bandwidth bulanan umumnya telah ditentukan oleh penyedia layanan VPS Hosting. Jika penggunaan kamu melebihi kapasitas yang telah ditentukan, maka kecepatan akses ke VPS akan menjadi berkurang. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan kapasitas bulanan VPS yang kamu pilih.

4. RAM dan CPU

Menggunaakn VPS memang dapat menjalankan banyak situs web sekaligus karena memiliki resource yang besar. Namun, perlu kamu ketahui bahwa RAM dan CPU yang terdapat pada VPS memiliki batasan. Jadi semakin banyak website yang terdapat pada server, maka akan mempengaruhi kinerja RAM. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih kapasitas RAM dan CPU sesuai dengan yang kamu butuhkan.

5. Penyimpanan

Ada 2 macam penyimpanan VPS yaitu hard disk dan SSD (Solid-state Drive). Penyimpanan hard disk lebih murah di bandingkan dengan SSD. Namun penyimpanan SSD lebih optimal dibandingkan dengan hard disk.

6. Cari Tahu Teknologi yang Digunakan

Cari tahu teknologi yang digunakan, termasuk perangkat lunak apa saja yang didukung. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah teknologi yang digunakan kompatibel dengan versi kernel tertentu atau harus menggunakan versi yang terbaru.

7. Sistem Keamanan

Pastikan penyedia layanan VPS yang kamu pilih memiliki fitur keamanan yang bisa diandalkan. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko serangan malware pada server dan risiko kehilangan data. Adapun beberapa fitur keamanan yang harus kamu perhatikan adalah SSL (sertifikat Secure Socket Layer), Firewall, perlindungan DDoS, dan pemindaian malware.

8. Sesuaikan Anggaran

Sesuaikan anggaran yang sebelumnya telah ditentukan dengan harga VPS terbaik sesuai kebutuhan.

Manfaat VPS

Adapun beberapa manfaat VPS antara lain:

1. Kustomisasi

Dengan VPS, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu karena memiliki sistem operasi sendiri. Misalnya jika kamu memiliki instance aplikasi server sendiri dari PHP, MySQL, hingga Apache, kamu bisa menyesuaikannya sehingga server bisa sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Bisa diskalakan

Hal menarik lainnya dari VPS yaitu kamu bisa membeli sumber daya yang menurutmu diperlukan. Jadi jika tidak cukup, maka kamu bisa menambah ukurannya sesuai dengan yang kamu butuhkan.

3. Memiliki kendali penuh

VPS memberikan akses root secara penuh sehingga kamu bisa mempunyai control penuh terhadap server. Jadi kamu dapat melakukan konfigurasi server secara mandiri.

4. Sumber daya khusus

VPS memiliki sumber daya khusus yang berbeda dengan shared hosting karena penggunanya tidak perlu berbagi sumber daya dengan website lain. Hal itulah yang membuat VPS bisa digunakan pada website yang memerlukan sumber daya yang besar.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa VPS merupakan pilihan alternative hosting yang digunakan untuk penyimpanan file-file besar. Selain itu VPS juga bisa menjadi pilihan layanan yang cocok bagi kamu yang saat ini membutuhkan web server untuk website dengan trafik yang tinggi.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan layanan VPS, kamu bisa membeli layanan VPS Indonesia terlengkap dengan harga termurah di Niagahoster. Untuk saat ini di Niagahoster terdapat beberapa layanan VPS sesuai dengan kebutuhan kamu, diantaranya yaitu:

  • CloudVPS Hosting: merupakan layanan VPS yang cocok untuk website yang bertraffic besar.
  • VPS KVM Indonesia: merupakan layanan VPS yang cocok untuk hosting & testing aplikasi.
  • VPS cPanel: merupakan layanan VPS dengan fitur panel khusus dari cPanel.
  • CyberPanel VPS Hosting: merupakan layanan VPS dengan panel khusus dari CyberPanel.

Ayo…, tunggu apalagi, tentukan layaan VPS sesuai kebutuhanmu di Niagahoster dan nikmati fitur-fitur terbaik yang ada pada layanan VPS tersebut.

Demikian penjelasan tentang apa itu VPS: pengertian dan panduan dasar, semoga penjelasan yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar