--> Skip to main content

Mengenal Apa Itu Paper Angle Dan Manfaatnya

Saat ini paper angle atau siku kertas telah banyak digunakan oleh para pelaku usaha atau Industri di Indonesia untuk kebutuhan perlindungan tambahan terhadap produk industri mereka. Penggunaan Siku Kertas ini dimaksudkan untuk mencegah segala risiko kerusakan yang fatal akibat gesekan atau benturan yang dapat terjadi saat pengiriman barang, sehingga kualitas barang yang dikirim tetap terjaga, tidak cacat, dan selamat sampai tujuan.

Apa Itu Paper Angle

Apa itu Paper Angle

Paper Angle adalah produk kemasan yang berfungsi untuk melindungi bagian tepian pinggir pada tumpukan kemasan di pallet sebelum diikat menggunakan straping band. Tentunya ini dapat memberikan garansi lebih untuk keamanan kemasan produk karena bisa diikat dengan kuat tanpa menyebabkan kerusakan pada kemasan sehingga kemasan menjadi lebih aman selama dalam perjalanan.

Paper angle dengan standar produk terbaik yang paling diminati oleh para pelaku bisnis yaitu paper angle yang menggunakan bahan baku utama coreboard paper. Bahan coreboard paper merupakan kertas yang 100% dibuat menggunakan material daur ulang (recycled pulp). Sehingga dalam proses pembuatannya, tidak membutuhkan sebuah pohon untuk ditebang. Paper angle dibuat menggunakan coreboard yang dikasih lem di setiap lapis lembarnya. Kemudian lem tersebut diratakan dan di-wipe pada unit scraper supaya lem yang tertinggal di coreboard tidak begitu tebal. Karena, jika terlalu tebal produk akhir akan lembek dan lebih rentan deformasi. Selanjutnya beberapa lapis coreboard tersebut disatukan dan dilapisi kertas kraft gold, coklat maupun putih dengan gramasi 80 sampai 150 gsm untuk tampilan luar. Selanjutnya memasuki unit press untuk memastikan bahwa semua lapisan sudah menyatu dengan sempurna. Di tahap ini, sebuah produk yang disebut sebagai flat protector sudah berhasil dibuat. Untuk dapat membuat paper angle, masih dibutuhkan satu lagi tahapan yang dikenal sebagai forming. Dalam proses ini akan membentuk flat protector yang datar menjadi siku kardus dengan sudut 90 derajat. Kemudian setelah terbentuk siku karton, hal yang terakhir yaitu proses pemotongan yang ukurannya dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan. Paper angle produksinya tergolong mudah, tetapi membutuhkan mesin produksi yang presisi dengan kecepatan yang tinggi, unit pemotongan yang dapat menyesuaikan ukuran sesuai permintaan pelanggan dan lem kertas yang mempunyai solid content yang baik.

Manfaat Paper Angle

Apa saja manfaat paper angle? Ada berbagai manfaat dari penggunaan paper angle untuk suatu produk. Adapun beberapa Manfaat Paper Angle atau Siku Kertas diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Keamanan suatu produk yang dikemas bisa lebih terjamin dan dapat mencegah terjadinya kerusakan pada setiap sisi, sudut dan keseluruhan produk dari benturan saat pengiriman barang.
  • Proses penanganan dan proses pengemasan suatu produk yang akan dikirim menjadi lebih cepat dan mudah sehingga dapat meningkatkan ketepatan, kecepatan dan efektivitas dalam bekerja.
  • Dapat mencegah terjadinya kerusakan strapping yang ditujukan untuk kebutuhan transit atau proses eksport.
  • Memberikan perlindungan pada suatu beban yang berat maupun beban yang ringan supaya tidak terjadi keruntuhan produk.
  • Lebih menghemat biaya karena biaya yang dikeluarkan rendah dan terbilang lebih efektif dan efisien untuk memberikan perlindungan produk selama dalam penyimpanan inventory.
  • Dapat meningkatkan citra perusahaan karena produk yang menggunakan paper angle dapat terlindungi dengan baik.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu paper angle dan manfaatnya, semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat untuk kamu semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar