--> Skip to main content

Pengertian Ide Bisnis (Sumber dan Contohnya)

Berbicara tentang bisnis, tentunya tidak terlepas dari istilah ide bisnis. Tanpa adanya ide, maka sebuah bisnis tidak akan bisa dijalankan. Nah, apa itu ide bisnis? Bagi kamu yang belum tahu apa yang dimaksud dengan ide bisnis, maka kamu bisa menyimak penjelasan tentang pengertian ide bisnis di sini. Selain membahas definisi ide bisnis di sini juga akan kami jelaskan tentang sumber ide bisnis dan contohnya.

Pengertian Ide Bisnis

Pengertian Ide Bisnis

Pengertian ide bisnis adalah gambaran singkat dan tepat tentang bisnis yang akan dijalankan atau didirikan. Memiliki ide bisnis yang baik bisa menjadi langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreatifitas menjadi sebuah peluang bisnis.

Dapat pula dijelaskan bahwa ide bisnis yaitu rancangan yang tersusun dalam pikiran berupa gagasan kreatifitas untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda sebagai sumber keunggulan untuk dijadikan sebagai peluang.

Pengertian Ide Bisnis Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang pengertian ide bisnis menurut para ahli:

Pengertian ide bisnis menurut Aries

Ide bisnis adalah respon dari seseorang, banyak orang atau dari suatu organisasi untuk memecahkan suatu masalah yang telah teridentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan di sebuah lingkungan (masyarakat, pasar). Mencari ide bisnis yang bagus merupakan langkah awal dalam mengubah keinginan dan kreativitas pengusaha menjadi sebuah peluang usaha atau bisnis.

Pengertian Ide Bisnis menurut Zimmerer

Ide bisnis adalah ide-ide yang berasal dari wirausaha yang bisa menciptakan peluang untuk memenuhi kebutuhan yang riil di pasar. Ide-ide tersebut menciptakan nilai yang potensial di pasar dan juga menjadi peluang usaha.

Sumber Ide Bisnis

Sumber ide bisnis bisa didapatkan dari beberapa hal diantaranya yaitu:

  1. Hobi
  2. Keterampilan atau keahlian
  3. Pengamatan
  4. Pengalaman kerja
  5. Kesuksesan atau kegagalan bisnis yang dijalani orang lain

Contoh Ide Bisnis

Berikut ini adalah contoh ide bisnis dari masing-masing sumber ide bisnis yang ada.

Ide bisnis berawal dari hobi

Berawal dari hobi makan, maka kita bisa mendapatkan beberapa ide bisnis, contohnya yaitu:

  • Bisnis gorengan
  • Bisnis warung/rumah makan
  • Bisnis Cemilan/ Snack
  • Bisnis roti/kue

Ide bisnis berawal dari keterampilan/ keahlian

Dari keterampilan atau keahlian dalam bidang komputer yang kita miliki, maka kita bisa mendapatkan beberapa ide bisnis diantaranya yaitu:

  • Web Developer
  • Design grafis
  • Creator Video
  • Penulis konten
  • Percetakan

Ide bisnis berawal dari pengamatan

Dari mengamati banyaknya kebutuhan atau biaya hidup maka kita bisa mendapatkan ide untuk membuka bisnis atau usaha sampingan untuk menambah penghasilan.

Dari mengamati perkembangan yang terjadi saat ini yaitu banyak pasangan rumah tangga yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga mereka tidak punya waktu untuk mengurus tugas rumah tangga. Dari pengamatan inilah maka kita bisa mendapatkan ide untuk membuka bisnis laundry.

Ide bisnis berawal dari pengalaman kerja

Dari pengalaman kerja yang pernah dijalani di Coffee Shop, maka kita bisa mendapatkan ide untuk membuka warung kopi sendiri.

Dari pengalaman kerja yang pernah di dapatkan di perusahaan konveksi, maka kita bisa mendapatkan ide untuk membuka jasa menjahit sendiri.

Dari pengalaman kerja di perusahaan boneka, maka kita bisa mendapatkan ide untuk membuka bisnis boneka sendiri.

Ide bisnis berawal dari kesuksesan/ kegagalan bisnis orang lain

Dari melihat kesuksesan bisnis bakso yang dijalani oleh teman, maka kita bisa mendapatkan ide untuk membuka warung bakso.

Dari melihat kegagalan bisnis cemilan yang dijalani oleh teman, maka kita bisa membuka bisnis cemilan dengan memperbaiki kekurangan yang ada pada bisnis cemilan yang dijalani oleh teman.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian ide bisnis, sumber dan contohnya, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar