--> Skip to main content

Apa itu Laptop Bisnis? Bagaimana Menentukan Laptop Bisnis Terbaik?

Saat ini memang ada banyak sekali laptop yang dirilis oleh berbagai merek terkenal, akan tetapi laptop-laptop tersebut belum tentu cocok untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Nah, agar pekerjaan dalam bisnis yang dijalani dapat berjalan dengan lancar, maka dibutuhkan Laptop Bisnis Terbaik. Apa itu laptop bisnis? Bagaimanakah menentukan spesifikasi laptop bisnis? Simak peenjelasannya dalam artikel ini.

Apa itu Laptop Bisnis

Apa itu Laptop Bisnis?

Laptop bisnis adalah laptop yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis, perusahaan, atau kantoran. Biasanya perusahaan membeli laptop bisnis untuk kebutuhan karyawan-karyawannya dalam menjalankan tugas perusahaan.

Tentunya, spesifikasi laptop bisnis berbeda dengan laptop pada umumnya yang biasa dikenal sebagai laptop consumer. Selain itu, laptop bisnis juga mempunyai perbeaan harga dengan laptop consumer, hal ini karena laptop bisnis memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Tips menentukan spesifikasi laptop bisnis

Tips menentukan spesifikasi laptop bisnis ini bisa dijadikan sebagai acuan dalam menentukan Rekomendasi Laptop Bisnis Terbaik. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli laptop bisnis diantaranya yaitu performa, keamanan, daya tahan, konektivitas, desain, fleksibilitas, dan portabilitas.

1. Performa

Performa merupakan salah satu paremeteri yang penting ketika hendak membeli laptop. Untuk mengetahui performa laptop bisa dilihat dari kemampuan prosesor dan kartu grafis yang terdapat pada laptop tersebut. Jadi, saat anda hendak membeli laptop bisnis terbaik, terlebih dahulu pertimbangkan prosesor dan kartu grafisnya.

2. Keamanan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, keamanan data menjadi salah satu perhatian yang serius. Hal ini karena data menjadi bagian penting yang kerahasiaannya harus selalu terjaga. Adapun beberapa fitur keamanaan laptop bisnis yang perlu dipertimbangkan saat membeli laptop adalah IR Camera, Webcam Shield, Fingerprint Sensor, Trusted Platform Module, USB Port Control , dan Kensington Lock Slot. Selain itu ada juga laptop dengan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengunci SSD dan BIOS-nya dengan proteksi password. Itulah beberapa fitur keamanan yang bisa anda jadikan sebagai pertimbangan saat membeli laptop untuk keperluan bisnis.

3. Daya Tahan

Ketika hendak membeli laptop bisnis, ketahanan juga menjadi salah satu pertimbangan. Hal ini karena biasanya laptop untuk keperluan bisnis sering di bawa bepergian sehingga sering kali berpindah tempat yang bisa menyebabkan pergeseran di media penyimpanannya. Bagi anda yang ingin membeli laptop dengan daya tahan yang baik, maka pilihlah laptop yang media penyimpanannya SSD. Alasannya karena SSD lebih tahan banting dibandingkan dengan laptop yang menggunakan penyimpanan HDD. Selain itu, ketahanan baterai juga perlu dipertimbangkan untuk laptop bisnis, karena laptop bisnis sering dibawa bepergian sehingga harus memiliki daya tahan baterai yang cukup.

4. Konektivitas

Fitur yang juga penting untuk laptop bisnis adalah adanya berbagai konektivitas. Sebaiknya dalam memilih laptop bisnis anda juga memperhatikan fitur konektifitas yang tersedia seperti port USB, audio jack, HDMI, Ethernet, dan Wifi. Khusus port USB dan Wifi sebaiknya anda pertimbangkan kemampuan kecepatan transfer datanya.

5. Desain

Dalam memilih desain laptop untuk bisnis sebaiknya pertimbangkan ukuran layar, ketebalan, dimensi laptop, berat bobotnya, dan fiturnya seperti layar touchscreen. Dengan adanya fitur touchscreen, maka akan memberikan kemudahan kepada anda ketika melakukan presentasi dengan klien. Jadi, untuk melakukan presentasi anda cukup dengan membuka mode tent.

6. Fleksibilitas

Mengingat dalam sebuah bisnis tidak akan bisa terlepas dari presentasi, maka anda dapat memilih laptop yang mempunyai fitur anti-glare dan lay-flat. Selain itu, fleksibilitas sebuah laptop juga bisa dilihat dari kelengkapan portnya, sehingga saat mengkoneksikan laptop ke berbagai perangkat tidak memerlukan aksesoris tambahan.

7. Portabilitas

Tentunya, laptop bisnis harus portable untuk dibawa ke mana-mana. Sebuah laptop portable dapat dilihat dari ukuran dan bobotnya. Ukuran laptop yang portable yaitu ukuran yang dapat dimasukan ke dalam tas standar laptop, dan berat portable laptop yaitu sekitar 1,6 kilogram.

Demikian penjelasan tentang apa itu laptop bisnis dan tips menentukan laptop bisnis terbaik. Semoga penjelasan yang telah kami tuliskan dalam blog ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar