--> Skip to main content

Pengertian Jaringan Internet Fungsi Dan Kebutuhannya

Dapat dikatakan bahwa saat ini manusia tidak bisa lepas dari yang namanya jaringan internet. Jaringan internet memang berperan penting dalam kehidupan manusia yaitu untuk mempermudah dalam hal mencari informasi, berkomunikasi, dan lain-lain. Bisa dilihat, bahwa hampir semua aspek pekerjaan telah mengandalkan jaringan internet. Berbicara tentang jaringan internet, lalu apa itu jaringan internet? Nah, bagi kamu yang belum tahu tentang definisi jaringan internet, berikut ini penjelasannya.

jaringan internet stabil

Pengertian Jaringan Internet

Secara umum pengertian jaringan internet adalah jaringan komputer yang tiada batas yang dapat menghubungkan pengguna komputer dengan pengguna komputer lainnya dari wilayah ke wilayah lainnya di seluruh penjuru dunia. Dimana dalam jaringan internet tersebut terdapat berbagai macam informasi dan fasilitas layanan internet browsing atau surfing, istilah ini lebih dikenal dengan sebutan “online” di internet.

Dapat pula didefinisikan bahwa jaringan internet merupakan sebuah jaringan komunikasi global yang dapat menghubungkan siapa saja, di mana saja yang menggunakan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia. Untuk dapat terhubung dengan baik tentunya harus memerlukan jaringan internet stabil dan lancar. Di balik jaringan internet yang stabil terdapat TCP/IP (Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite) untuk mengatur, mengintegrasi dan mengkomunikasikan jaringan. Jadi, secara jelasnya istilah jaringan internet atau internetworking adalah cara atau proses dalam menghubungkan rangkaian internet beserta dengan aturan penerapannya.

Fungsi Jaringan Internet

Jaringan internet pada dasarnya memiliki beberapa fungsi yang penting dan sangat dibutuhkan manusia. Beberapa fungsi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Sebagai media untuk akses informasi

Era internet seperti saat ini dapat dikatakan sebagai era keterbukaan, dimana keberadaan jaringan internet dapat membantu orang lebih mudah dalam mengakses berbagai macam informasi yang ia butuhkan. Dapat pula dikatakan apapun informasi yang sedang ingin dicari, maka secara mudah informasi tersebut bisa didapatkan melalui jaringan internet.

2. Sebagai media untuk berkomunikasi

Penggunaan jaringan internet untuk mengakses berbagai aplikasi chatting, situs media social, dan lain-lain menjadi salah satu bukti masif penggunaan jaringan internet sebagai media komunikasi.

3. Sebagai media untuk bertukar sumber daya atau data

Di seluruh dunia ada banyak sekali orang yang ingin berbagi sumber daya atau data kepada orang lain. Dengan adanya jaringan internet tentunya hal seperti ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Beberapa sumber daya atau data yang biasanya sering dibagikan diantaranya yaitu foto, video, desain, makalah, jurnal, karya tulis dan lain-lain masih banyak yang lainnya.

4. Sebagai media untuk mengakses berita

Semakin banyaknya situs berita atau aplikasi berita, tentunya berbagai peristiwa atau berita terbaru dapat dengan mudah anda ketahui hanya dengan mengakses situs atau aplikasi berita menggunakan jaringan internet.

Kebutuhan Akan Jaringan Internet

Kebutuhan akan jaringan internet kini satu level dengan kebutuhan listrik, karena keberadaannya menjadi sangat vital. Hampir setiap orang kini mengakses internet setiap harinya, untuk berbagai keperluan, seperti belajar, mencari informasi atau berita, bermain game, atau hanya sekedar hiburan. Selain itu kini berbagai alat telekomunikasi mulai menggunakan jaringan internet sebagai penghubung. Untuk itu kini jaringan xl selalu hadir dengan pilihan paket internet yang menarik untuk memenuhi kebutuhan setiap pelanggannya. Ada banyak sekali paket yang ditawarkan oleh xl yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Demikian penjelasan tentang pengertian jaringan internet fungsi dan kebutuhannya, semoga apa yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar