--> Skip to main content

Pengertian Kesehatan Mental, Penyebab dan Cara Mencegah Gangguan Kesehatan Mental

Tingginya masalah kesehatan mental dapat dipicu oleh kurangnya edukasi dan keterbukaan masyarakat tentang gangguan mental. Maka dari itu edukasi kesehatan mental sangat diperlukan mengingat kesehatan mental itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Antara kesehatan mental dan kesehatan fisik keduanya memiliki keterlibatan. Jika kesehatan fisik seseorang terganggu, maka dapat mempengaruhi kesehatan mentalnya, begitu sebaliknya. Lalu, Apa itu kesehatan mental? Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian kesehatan mental, penyebab dan cara mencegah gangguan kesehatan mental.

Pengertian Kesehatan Mental

Pengertian Kesehatan Mental

Kesehatan mental yaitu kondisi sejahtera pada diri seseorang, mampu mengelola stres dan bisa beradaptasi dengan baik, ketika orang bisa menyadari kemampuan yang ada dalam dirinya, mampu bekerja secara produktif dan mampu berkontribusi untuk lingkungannya. Kesehatan mental menjadi dasar yang sangat penting bagi setiap orang karena kesehatan mental dapat memberikan pengaruh tentang bagaimana seseorang itu memandang dirinya, lingkungannya dan memahami lingkungan yang ada di sekitarnya.

Dapat pula didefinisikan bahwa kesehatan mental adalah kemampuan seseorang untuk berfikir, merasakan dan bertindak. Hal ini dapat menentukan bagaimana seseorang bisa mengelola stress, membuat pilihan dan bagaimana seseorang bisa berhubungan dengan orang lain.

Sedangkan, gangguan kesehatan mental merupakan serangkaian kondisi yang bisa berdampak pada kesehatan mental. Masalah ini dapat mengganggu suasana hati, pikiran, perilaku dan cara seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain. Masalah kesehatan mental bisa dikatakan ringan, sedang hingga berat yang ditentukan berdasarkan sejauh mana dampaknya. Dengan diberikan dukungan dan juga perawatan yang tepat, seseorang yang mengalami masalah kesehatan mental bisa pulih kembali sehingga bisa menjalani hidup yang sehat.

Penyebab Gangguan kesehatan mental

Berikut ini adalah beberapa penyebab gangguan kesehatan mental:

  • Adanya tekanan atau masalah dalam kehidupan sehari-hari: pekerjaan, keluarga, pertemanan dan lain-lain.
  • Trauma dan pernah mengalami kejadian yang kurang menyenangkan sewaktu masih kecil.
  • Tidak memiliki support atau dukungan.
  • Adanya masalah fisik yang serius.
  • Perubahan fisik.
  • Gaya hidup yang tidak sehat.
  • Mempunyai keluarga yang mengalami gangguan kesehatan mental.
  • Kurangnya edukasi dan keterbukaan masyarakat tentang gangguan mental.

Cara Mencegah Gangguan Kesehatan Mental

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan mental, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

1. Memahami dan menyadari kesehatan mental pada diri sendiri

Ini bisa dilakukan dengan cara memahami sumber-sumber yang dapat membuat diri merasa tertekan atau tidak nyaman dan memahami adanya tanda-tanda perubahan yang terjadi pada dalam diri. Hal yang bisa dilakukan yaitu membuat catatan pada buku diary sehingga seseorang bisa memahami hal apa yang membuat diri ini baik atau tidak.

2. Carilah dukungan dan bangun kehidupan sosial

Menjalin hubungan baik dengan orang lain adalah hal yang penting dilakukan karena bisa membuat seseorang merasa percaya diri dan dihargai. Jika mempunyai waktu, cobalah untuk membangun komunikasi dengan teman atau keluarga, baik itu melalui telepon, chat maupun bertemu secara langsung.

3. Berlatih berpikir positif dan atur ekspektasi

Seseorang butuh belajar untuk bisa melihat suatu kondisi dari berbagai perspektif dan berikan ucapan yang positif untuk diri sendiri. Selain itu, buatlah ekspektasi sesuai relaita yang terjadi dan kondisi pribadi.

4. Luangkan waktu untuk kegiatan yang dapat menenangkan

Tentunya, setiap orang mempunyai kegiatan yang bisa membuat tenang, misalnya mendengarkan musik, membaca buku, menggambar, mewarnai, latihan relaksasi pernapasan, mandi menggunakan air hangat, atau hanya sekedar melihat atau memberi makan hewan peliharaan. Jadi, agar kesehatan mental tetap terjaga, luangkanlah waktu untuk melakukan berbagai kegiatan favorit yang menyenangkan dan bisa menenangkan diri.

5. Jagalah Kesehatan Fisik

Kesehatan fisik juga bisa mempengaruhi kesehatan mental. Karena itulah, penting untuk menjaga kesehatan fisik dengan tidur yang cukup, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

6. Jika membutuhkan carilah bantuan professional

Apabila memang sudah merasa tidak mampu untuk mengatasi permasalahan atau tekanan yang dirasakan, maka segeralah mencari batuan professional. Misalnya pergi ke psikolog atau ke psikiater untuk minta batuan dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

Demikian penjelasan tentang pengertian kesehatan mental, penyebab dan cara mencegah gangguan kesehatan mental. Semoga penjelasan yang kami tulis di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar