--> Skip to main content

Mengenal Bentuk dan Fungsi Kardus Kue

Saat ini dunia industri sudah berkembang semakin pesat. Antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lain saling berlomba-lomba untuk menghadirkan berbagai inovasi baru dalam hal perindustrian. Salah satu dari inovasi tersebut yaitu adanya kardus kue. Sekarang ini masyarakat baik itu pemilik usaha yang bergerak dalam bidang makanan maupun masyarakat awam sudah mulai menyadari akan keberadaan kardus kue.

Mengenal Bentuk dan Fungsi Kardus Kue

Kardus, dulu hanya dikenal sebagai bahan untuk mengemas barang-barang yang ukurannya besar dan kering, tetapi sekarang sudah berbeda. Sekarang ini terdapat inovasi pada kardus di mana kardus bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengemas kue atau roti baik itu kering maupun basah.

Sebagai seorang konsumen yang bijak tentunya akan lebih memilih makanan yang dikemas dengan kardus kue daripada makanan yang tidak dikemas. Hal ini selain untuk menghindari terjadinya kerusakan juga agar makanan tetap bersih dan sehat.

Apa Itu Kardus Kue?

Kardus Kue adalah kardus yang dapat digunakan untuk mengemas kue basah maupun kering. Bentuk kardus kue ada beragam mulai dari kardus kue standar hingga kardus kue inovasi, salah satunya seperti kardus kue shipped flat.

Ukuran kardus kue biasanya disesuaikan dengan pesanan, karena kemasan itu menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran kue. Semakin besar ukuran kue, maka kemasan kardus kue yang digunakan juga akan semakin besar, begitu pula sebaliknya. Misalnya, kardus kue dengan ukuran dimensi 12 x 12 x 6,2 cm yang bersifat multi fungsi untuk kemasan cake box, snack/ kue kering dan gift box.

Sebagai tambahan ada juga kardus kue yang di atasnya terdapat lipatan yang fungsinya sebagai pegangan supaya mudah untuk dibawa. Selain itu, sekarang ini kardus kue ada juga yang diberi motif dengan beragam variasi bahkan bisa memesan motif tertentu untuk kardus kue sesuai yang diinginkan.

Fungsi Kardus Kue Atau Karton Box Kue

Setelah mengetahui seperti apa itu kardus kue, rasanya kurang lengkap jika tidak membahas tentang fungsi yang terdapat pada kardus kue ini. Adapun beberapa fungsi dari kardus kue diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengemasan menjadi lebih efisien

Dengan adanya kardus kue ini tentunya dapat mempermudah pengemasan kue apalagi jika hendak mengirim kue ke tempat lain. Selain itu, dengan kemasan kardus kue, kebersihan dan kesehatan kue bisa lebih terjaga. Sehingga kue bisa terhindar dari bakteri yang mungkin saja menghinggapinya.

Tak hanya itu saja, kardus kue juga dapat menjaga tekstur dan rasa kue, menghindari dari kebusukan kue serta menghindari terjadinya kerusakan kue karena adanya pengaruh lingkungan atau suhu sekitar.

2. Suatu keunggulan bagi pebisnis

Saat ini banyak pebisnis makanan yang memanfaatkan kardus sebagai kemasannya. Alasannya beragam mulai dari sebagai penambah daya tarik konsumen, sebagai bahan untuk promosi kue atau makanan dan untuk mempopulerkan brand usaha kuenya.

3. Memberikan kemudahan

Semakin beragamnya inovasi bentuk kardus kue tentunya dapat memberikan berbagai kemudahan. Sebagai contoh inovasi lipatan pada kardus membuat kardus menjadi lebih mudah untuk dibawa-bawa. Contoh lainnya misal bentuk kardus kue tertentu yang dapat ditata dengan rapi.

4. Kardus dapat di daur ulang

Setelah menjadi kemasan kue, kardus bisa menjadi bahan yang dapat di daur ulang dengan mudah. Selain itu kardus merupakan bahan yang ramah lingkungan.

Digunakannya kardus kue sebagai bahan untuk mengemas kue tentunya telah melalui berbagai pertimbangan oleh banyak ahli. Dimana penggunaaan kardus kue ini dilihat dari fungsi yang ditimbulkannya. Maka dari itulah anda tidak perlu ragu menggunakan kardus kue untuk mengemas kue atau makanan.

Buka Komentar
Tutup Komentar