--> Skip to main content
Menu

Pengertian Social Media Marketing dan Strateginya

Saat ini penggunaan media sosial tidak hanya sebatas untuk berkomunikasi saja. Tetapi, pada kenyataaanya sosial media juga banyak digunakan sebagai strategi dalam mengembangkan bisnis atau yang dikenal dengan istilah social media marketing. Nah, apa itu social media marketing? Bagi kamu yang belum tahu tentang social media marketing berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Social Media Marketing

Pengertian Social Media Marketing

Social media marketing merupakan bentuk promosi untuk suatu bisnis yang melibatkan pembuatan konten pada sebuah platform sosial media misalnya di instagram, facebook, twitter, tiktok, dan lain-lain. Bentuk promosi ini merupakan strategi promosi yang paling populer untuk menjangkau sasaran konsumen secara luas dan efisien. Selain itu, social media marketing juga merupakan salah satu cara untuk membangun reputasi bisnis agar bisa lebih dekat dengan para pelanggannya.

Social media marketing bertujuan untuk mengenalkan suatu bisnis kepada para calon pelanggan. Sehingga dalam social media marketing, kegiatan yang dilakukan itu tidak hanya berfokus pada promosi hingga ada seseorang yang membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan, akan tetapi juga supaya bisa membentuk persepsi konsumen hingga dapat meningkatkan brand awareness.

Oleh karena itulah dalam social media marketing, berbagai macam konten seperti informasi tentang bisnis dan eksklusivitas produk harus dikembangkan dengan baik. Sehingga dalam hal ini diperlukanlah imajinasi dan strategi konten agar bisa menarik perhatian banyak orang.

Strategi Social Media Marketing

Adapun beberapa strategi social marketing yang dapat dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memperbanyak jumlah teman atau follower

Media sosial itu ibarat sebuah pasar atau lapak jualan, sehingga semakin banyak jumlah teman atau followers, maka akan semakin besar kemungkinan produk atau jasa yang kamu tawarkan bisa laku. Tetapi kamu juga perlu menganalisa apakah target pasar kamu sudah sesuai dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Sebagai contoh jika kamu memasarkan produk jilbab, maka perbanyak follower atau teman perempuan, kemudian pastikan juga bahwa mereka benar-benar orang yang suka dengan jilbab.

2. Membangun interaksi yang positif

Media sosial pada dasarnya merupakan tempat untuk berinteraksi dengan sesama pengguna media sosial lain. Meskipun kamu menggunakan media sosial untuk memasarkan produk, akan tetapi jangan sampai melupakan fungsi utama media sosial yaitu untuk berinteraksi. Jadi sekali-kali kamu bisa mencoba untuk aktif memberikan like maupun komentar pada postingan orang lain yang sekiranya sesuai dengan target pasarmu. Dengan cara seperti itu, bukan tidak mungkin mereka juga kemungkinan akan melihat bisnis kamu yang ada di sosial mediamu.

3. Foto produk yang berkualitas

Foto yang bagus dan berkualitas merupakan salah satu cara yang dapat membuat para calon konsumen lebih tertarik terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan. Terlebih apabila foto yang kamu terima dari supplier kualitasnya kurang bagus, maka kamu bisa melakukan foto ulang yang hasilnya lebih bagus. Bila perlu jika kamu mahir dalam edit foto, kamu bisa memanfaatkannya untuk hal ini.

4. Gunakan hastag yang sedang viral

Penggunaan hastag untuk strategi sosial media marketing memang terkenal ampuh. Dengan memanfaatkan hastag yang viral maka dapat membuat postingan bisnis di media sosial menjadi lebih mudah ditemukan oleh banyak orang yang belum menjadi pengikut atau teman kamu. Tetapi yang perlu diingat juga yaitu selalu sertakan hastag yang relevan dengan bisnis kamu supaya bisa terlihat lebih berkualitas.

5. Meningkatkan Engagement Rate (ER)

Engagement Rate merupakan ratio antara orang-orang yang berinteraksi dengan postingan kita di media sosial seperti like, komen, share terhadap jumlah total orang-orang yang melihat postingan tersebut. Adapun salah satu cara untuk meningkatakan Engagement Rate media sosial adalah dengan memperbanyak komentar.

Ada banyak cara yang bisa mengundang banyak komentar misalnya konten yang bagus dan unik, membuat penasaran banyak orang, menimbulkan suatu pertanyaan dan lain-lain. Namun selain itu ada juga salah satu cara mudah untuk memperbanyak komentar yang tentunya dengan komentar positif yaitu dengan menggunakan layanan jasa dari rajakomen.com. Apa itu rajakomen.com? rajakomen.com merupakan sebuah platform periklanan media sosial khususnya dalam bidang komentar. Adapun layanan jasa komen yang tersedia di rajakomen.com diantaranya yaitu komentar pada postingan Instagram feed, reels & live, facebook, twitter, tiktok, youtube, google maps, kompasiana, dan detik. Komentar atau ulasan dari rajakomen.com adalah komentar asli dari orang bukan boot. Komentar tersebut merupakan komentar positif atau bisa juga komentar yang berisi rekomendasi agar orang lain tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Demikian penjelasan tentang pengertian social media marketing dan strateginya, semoga penjelasan yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.