--> Skip to main content
Menu

Apa itu Pengetian Rehabilitasi Narkoba

Mungkin beberapa orang ada yang memandang pecandu narkoba secara negatif, tetapi banyak diantara mereka yang pada kenyataannya hanyalah orang-orang yang telah jatuh dalam masa-masa yang sulit. Mereka bukan penjahat tetapi mereka hanya orang-orang yang telah melakukan keselahan dan mereka layak untuk mendapatkan kesempatan kedua. Maka dari itulah rehabilitasi narkoba menjadi bagian yang penting bagi pecandu narkoba agar bisa kembali pulih dan bisa menjalani kehidupannya sehari-hari dengan baik. Lalu apa itu rehabilitasi narkoba? Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

Pengetian Rehabilitasi Narkoba

Pengertian Rehabilitasi narkoba

Rehabilitasi narkoba adalah program perawatan yang dapat membantu para pecandu narkoba dalam mengatasi masalah kecanduan dan perilaku yang mereka alami. Dalam rehabilitasi narkoba biasanya melibatkan perawatan residensial dan rawat jalan. Perawatan residensial yaitu pasien atau pecandu narkoba dirawat atau direahilitasi di tempat yang nyaman dan aman untuk tinggal sementara agar bisa pulih atau sembuh dari kecanduan narkoba. Sedangkan, perawatan rawat jalan yaitu rehabilitasi yang dapat memungkinkan pasien untuk melanjutkan kehidupan normal ketika sedang menerima perawatan. Dengan menjalani rehabilitasi narkoba maka pecandu dapat belajar bagaimana menjalani hidup tanpa narkoba dan dapat membangun kembali kehidupan mereka.

Bagaimana Rehabilitasi Bekerja?

Rehabilitasi bekerja untuk membantu pecandu narkoba agar kesehatannya bisa pulih. Sebagian besar program perawatan dalam rehabilitasi narkoba mengikuti struktur yang sama. Perawatan yang dilakukan melibatkan detoksifikasi, terapi dan juga kelompok pendukung. Proses detoksifikasi dilakukan di bawah pengawasan staf medis, dimana dalam hal ini akan membantu membersihkan atau mengeluarkan jejak-jejak obat-obatan dari tubuh pasien sehingga mereka bisa mulai membangun kembali kehidupan mereka. Setelah menyelesaikan detoksifikasi, selanjutnya yaitu menjalani terapi. Terapi dapat membantu pecandu dalam mempelajari cara-cara baru untuk mengatasi masalah kecanduan dan masalah perilaku. Sementara kelompok pendukung bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pecandu untuk berbagi tentang pengalaman dan saran. Selama menjalani perawatan pasien akan didukung oleh tim konsoler, terapis dan tim medis lainnya. Dengan demikian pasien yang menjalani rehabilitasi akan bisa pulih, kesehatan mentalnya bisa membaik dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Setelah pemulangan dari tempat rehabilitasi selanjutnya pasien juga butuh dukungan yang berkelanjutan.

Kapan Rehabilitasi Narkoba dimulai?

Kapan seorang pecandu harus menjalani rehabilitasi narkoba? Ini menjadi pertanyaan yang sulit dijawab karena terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Tetapi, sebagai pedoman umum yang bisa diikuti yaitu apabila mempunyai masalah penyalahgunaan zat dan tidak bisa berhenti dengan cara sendiri, maka harus mempertimbangkan untk mencari bantuan seorang profesional dalam bidang tersebut. Rehabilitasi bisa membbantu pecandu narkoba pulih dari kecanduannya dan juga dapat membantu membangun kembali hidup yang lebih baik. Ehabilitasi narkoba menyediakan berbagai fasilitas dan dukungan yang dibutuhkan untuk membantu pecandu narkoba agar berhasil mengatasi kecanduannya. Terdapat berbagai faktor yang bisa mempengaruhi kapan seorang pecandu narkoba harus menjalani rehabilitasi narkoba. Adapun beberapa faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Seberapa parahkah kecanduan yang dialami?
  • Apa jenis obat yang disalahgunakannya?
  • Program perawatan seperti apa yang paling sesuai?

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian rehabilitasi narkoba. Pada dasarnya rehabilitasi narkoba merupakan program yang dapat membantu seorang pecandu pulih dari kecanduannya. Kebanyakan orang yang menjalani rehabilitasi narkoba berhasil berhenti dan bisa pulih dari ketergantungannya terhadap narkoba. Namun, waktu yang diperlukan untuk dapat pulih tergantung pada diri masing-masing.