--> Skip to main content
Menu

Memilih Tempat Rehabilitasi Narkoba Yang Tepat Bagi Pemulihan

Tempat Rehabilitasi Narkoba menjadi lokasi atau tempat yang dipergunakan untuk melakukan kegiatan rehabiitasi narkoba atau pemulihan terhadap kecanduan narkoba. Dimana di tempat rehabilitasi tersebut terdapat berbagai fasilitas penunjang yang memadai untuk berbagai kegiatan selama proses rehabilitasi. Tempat rehabilitasi narkoba umumnya berbentuk bangunan/ rumah yang bisa membuat para pasiennya merasa lebih nyaman.

Memilih Tempat Rehabilitasi Narkoba Yang Tepat Bagi Pemulihan

Saat ini, di Indonesia ada berbagai pilihan tempat untuk rehabilitasi narkoba baik itu milik pemerintah maupun swasta. Tentunya, dalam memilih atau menentukan tempat rehabilitasi narkoba harus dilakukan dengan bijak, karena pilihan yang tepat dapat menentukan pemulihan.

Memilih Tempat Rehabilitasi Narkoba Yang Tepat

Untuk bisa menentukan pilihan tempat rehablitisi narkoba yang tepat, maka perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Cari Tahu Fasilitas Perawatan yang ada

Tentunya setiap tempat rehabilitasi, fasilitas yang disediakan berbeda-beda. Sehingga sangat penting untuk memperhatikan fasilitas perawatan yang ada di tempat rehabilitasi. Pastikan memilih fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, apabila rehabilitasi adalah untuk memeperbaiki kondisi kesehatan setelah lepas dari zat, maka sangat penting untuk memastikan kalau tempat rehabilitasi yang akan diplih adalah tempat yang menyediakan fasilitas untuk mendukung layanan medis.

2. Berkonsultasi dengan Tim Profesional

Untuk dapat menemukan tempat rehabilitasi dengan fasilitas yang sesuai, cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan berkonsultasi dengan tim profesional. Hal tersebut perlu dilakukan agar bisa membantu untuk mengetahui berbagai aspek penting yang ada dalam tempat rehabilitasi, dimana hal-hal tersebut mungkin saja belum diketahui.

3. Mempertimbangkan Waktu Yang Diperlukan Untuk Program Rehabilitasi

Waktu yang diperlukan untuk program rehabilitasi biasanya itu beragam, dimana dalam hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi seseorang. Umumnya, program rehabilitasi memerlukan waktu 28 hari pertama, 28 hari kedua dan 28 hari ketiga. Misalnya di tempat rehabilitasi Ashefa Griya Pusaka, 28 hari pertama akan diberikan program yang fokusnya pada stabilisasi termasuk juga detoksifikasi. Selanjutnya, untuk 28 hari kedua lebih menfokuskan pada konsep diri untuk menjaga pemulihan dan pengembangan diri. Setelah itu, untuk 28 hari ketiga, program yang diberikan lebih berfokus untuk memberikan edukasi kemampuan hidup (life skills), tujuannya adalah agar pasien bisa meraih kehidupan secara mandiri yang lebih baik.

4. Biaya Untuk Tempat Rehabilitasi

Umumnya, program rehabilitasi biayanya bervariasi tergantung dari fasilitas yang akan dipilihnya, rencana perawatan rehabilitasi dan lamanya waktu program rehabilitasi. Sebelum menentukan besarnya biaya rehabilitasi, biasanya pihak dari tempat rehabilitasi narkoba akan melakukan skrining dan asesmen terlebih dahulu agar bisa mengetahui kebutuhan pasien.

5. Sebelum Memilih Tempat Untuk Rehabilitasi Narkoba Pastikan Melakukan Survey

Supaya bisa tahu seperti apa kondisi fasilitas yang ada di tempat rehabilitasi yang akan dipilih, maka kunjungan singkat ke lokasi sangat penting untuk dilakukan. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan jarak tempat rehabilitasi dengan tempat tinggal. Jika memang masih ada keperluan untuk tetap terhubung dengan kerabat atau keluarga atau mungkin pekerjaan, maka bisa memilih tempat rehabilitasi yang dekat dan mudah dijangkau dengan transportasi umum.

Bagi kamu yang mempunyai keluarga atau kerabat yang ingin sembuh atau lepas dari ketergantungan narkoba, maka tempat rehabilitasi narkoba Ashefa Griya Pusaka bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pemulihan. Dilansir dari Kompas, rehabilitasi di Ashefa Griya Pusaka lebih mengedepankan rehabilitasi secara menyeluruh, baik itu secara medis maupun sosial. Adapun rehabilitasinya mengungsung konsep terstruktur 3P yaitu Pulih, Pengembangan Diri, dan Produktif. Selain itu, ketenangan dan kenyamanan pasien yang sedang menjalani program pemulihan menjadi prioritas tempat rehabilitasi narkoba Ashefa Griya Pusaka.