--> Skip to main content
Menu

Pengertian Bipolar Penyebab Dampak Dan Cara Mengatasinya

Mungkin diantara kamu pernah ada yang mendengar istilah bipolar? Bipolar termasuk salah sesuatu jenis gangguan kesehatan mental. Jika kamu pernah melihat seseorang yang mengalami perubahan secara mendadak yang mulanya senang menjadi sedih, bisa jadi orang yang kamu lihat tersebut mengalami gangguan bipolar (Bipolar Disorder). Lalu apa itu bipolar? Nah, berikut ini penjelasan selengkapnya tentang pengertian bipolar.

Pengertian Bipolar

Pengertian Bipolar

Bipolar adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan adanya perubahan suasana hati (mood) pada seseorang secara drastis. Penderita gangguan bipolar dapat dikenali dengan ciri-ciri mengalami perubahan suasana hati atau perasaan secara tiba-tiba dari merasa sangat bahagia (manik) lalu tiba-tiba berubah menjadi sangat sadis (depresi).

Penyebab Bipolar

Seseorang dapat mengalami gangguan bipolar atau bipolar disorder tentunya terdapat faktor yang menjadi penyebabnya. Adapun faktor yang dapat menyebabkan terjadinya bipolar yaitu:

  • Ketidakseimbangan zat kimia pada otak atau neurotransmitter.
  • Faktor keturunan.
  • Pernah mengalami peristiwa yang traumatis.
  • Kecanduan minuman yang beralkohol.
  • Penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Dampak Bipolar Disorder

Adapun beberapa dampak yang dapat terjadi jika seseorang menderita gangguan bipolar, diantaranya adalah:

  • Isolasi diri, karena merasa tidak suka dan tidak tertarik terhadap sesuatu di disekitarnya.
  • Tidak dapat mengontrol emosi.
  • Ketergantungan terhadap obat-obatan.
  • Ingin melakukan percobaan bunuh diri.

Cara Mengatasi Bipolar

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan bipolar. Adapun penjelasan dari beberapa cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengubah pola gaya hidup

Tentunya setiap individu mempunyai pola gaya hidup yang berbeda-beda, sesuai dengan apa yang menjadi keinginannya. Pola gaya hidup yang dijalani dalam aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dapat memberikan dampak positif maupun negatif bagi kesehatan mental dan juga bagi lingkungan. Pilihan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari tergantung pada diri seseorang masing-masing.

Dari sinilah peran penting pengobatan bipolar manik dapat dilakukan dengan mengubah pola gaya hidup yang sehat. Contohnya ketika beristirahat atau tidur dengan waktu yang cukup dan teratur, mengatur pola makan dengan makan-makanan yang sehat dan bergizi, melakukan aktivitas olahraga atau aktivitas yang lainnya. Selain itu juga perlu menghindari minuman yang beralkohol, obat-obatan terlarang, dan merokok secara berlebihan. Karena beberapa hal tersebut dapat meningkatkan risiko gangguan fisik dan metal.

Ketika mengalami depresi atau stress, lakukanlah beberapa hal yang positif. Contohnya melakukan rekreasi sehingga dapat membangkitkan mood yang baik. Selain itu, dukungan dari orang terdekat juga penting dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Penting juga untuk mengunjungi psikiater atau dokter untuk mengendalikan gejala bipolar yang dialami.

Terapi obat-obatan

Psikater atau dokter dapat memberikan resep obat yang dapat menstabilkan mood dan emosi pada diri seseorang yang menderita bipolar. Contohnya pemberian obat antidepresan yang dapat mengatasi gejala yang dialami penderita bipolar. Penting juga bagi penderita bipolar untuk selalu memperhatikan dosis dan cara penggunaan obat yang diresepkan oleh dokter dan dikonsumsi secara teratur sesuai petunjuk dari dokter.

Namun, dibutuhkan kesabaran dalam menjalani pengobatan gangguan bipolar, karena butuh waktu agar obat-obatan tersebut bisa bekerja secara efektif di dalam tubuh. Apabila pada saat menggunakan obat-obatan tersebut terdapat perubahan gejala yang lebih berisiko, maka segera menghubungi dokter yang menangani agar segera mendapatkan pertolongan yang tepat.

Pengobatan psikologis

Selain dengan obat-obatan, untuk mengatasi gangguan bipolar juga perlu menjalani terapi psikologis yang berguna dalam mengurangi dan mencegah gejal bipolar. Adapun terapi psikologis yang dapat dijalani yaitu terapi psychoeducation dan terapi Cognitive Behavioral Therapy (CBT).

Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian bipolar, penyebab, dampak, dan cara mengatasinya. Semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.