--> Skip to main content
Menu

Pengertian Digital Marketing dan Kelebihannya

Seiring dengan kemajuan teknologi, kini banyak terjadi perubahan yang signifikan tentang cara berkomunikasi dan cara memasarkan suatu produk. Saat ini, tren pemasaran sudah mulai bergerak ke arah digital marketing. Banyak perusahaan yang kini telah berlomba-lomba untuk memaksimalkan kampanye produknya di dunia digital dengan digital marketing. Lalu, apa itu digital marketing? Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

Pengertian Digital Marketing

Pengertian Digital Marketing

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, maka digital marketing berarti pemasaran digital. Sehingga, pengertian digital marketing adalah kegiatan mempromosikan atau memasarkan suatu produk atau jasa dengan melibatkan penggunaan jaringan dan media digital untuk mencapai tujuan pemasaran. Adapun tujuan dari pemasaran ini yaitu untuk menjangkau pelanggan sebanyak-banyaknya dengan cara yang efektif, relevan, dan efisien.

Banyak orang yang beranggapan bahwa Digital Marketing itu sama persis dengan internet marketing atau Online Marketing dengan alasan karena sama-sama menggunakan internet. Anggapan tersebut tentu tidaklah keliru. Namun, ada sedikit yang membedakan bahwa digital marketing itu mempunyai cakupan yang luas karena memanfaatkan saluran digital yang beragam. Jadi, Digital marketing itu tidak hanya sebatas pemasaran melalui media internet saja seperti internet marketing, tetapi juga melalui berbagai platform digital lain, misalnya iklan televisi, billboard elektronik dan lain-lain.

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa pengertian digital marketing menurut ahli:

Digital Marketing Menurut Chaffey

Digital marketing merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran dengan menggunakan teknologi digital seperti desktop, tablet, mobile dan berbagai platform digital yang lainnya.

Digital Marketing Menurut Dedi Purwana

Digital marketing adalah kegitan pemasaran dengan menggunakan media digital dan internet yang memanfaatkan media seperti media sosial, web, database, email, mobile/ wireless dan tv digital untuk meningkatkan target konsumen dan untuk mengetahui seperti apa target konsumen mulai dari profil, perilaku, loyalitas para konsumen agar bisa mencapai tujuan pemasaran.

Digital Marketing Menurut Ridwan Sanjaya

Digital marketing merupakan kegiatan pemasaaran termasuk branding dengan menggunakan berbagai media. Misalnya website, blog, adwords, email dan berbagai macam jejaring media sosial. Tentunya digital marketing tidak hanya berbicara tentang pemasaran internet.

Kelebihan Digital Marketing

Banyaknya perusahaan yang menerapkan digital marketing, membuktikan bahwa digital marketing memiliki banyak kelebihan. Adapun beberapa kelebihan dari digital marketing yaitu sebagai berikut:

1. Penyebaran bisa lebih cepat

Digital marketing merupakan strategi pemasaran dengan media digital yang dapat dilakukan dengan sangat cepat bahkan dalam hitungan detik. Selain itu juga bisa diukur secara tepat dan realtime.

2. Evaluasi lebih mudah

Dengan media online, maka hasil kegiatan pemasaran bisa diketahui secara langsung. Informasi tentang berapa banyak orang yang melihat produk, berapa lama produk dilihat dan berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan yang tayang dan lain-lain semua bisa diketahui dengan mudah. Setelah beberapa informasi tersebut diketahui, maka bisa melakukan evaluasi, memilah-milah iklan mana yang baik dan yang buruk. Dengan bagitu maka akan memudahkan dalam melakukan perbaikan untuk periode berikutnya.

3. Jangkauan lebih luas

Digital marketing memiliki jangkauan geografis yang sangat luas. Jadi melalui digital marketing ini anda bisa menyebarkan produk atau brand ke seluruh dunia hanya dengan melakukan beberapa langkah yang mudah dengan memanfaatkan media internet.

4. Lebih murah dan efektif

Jika dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional, tentunya digital marketing ini biayanya jauh lebih murah dan lebih efektif. Hal inilah yang membuat para pengusaha kecil maupun besar yang mulai beralih menggunakan digital marketing untuk memasarkan produk karena memang terbukti murah dan lebih efektif.

5. Membantu membangun nama brand

Dengan digital marketing maka akan dapat membantu anda dalam membangun nama brand secara lebih baik. Keberadaan brand anda sangat penting untuk ada di dunia maya, hal itu karena biasanya orang akan melakukan pencarian secara online terlebih dahulu sebelum akhirnya membeli produk anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian digital marketing dan kelebihannya, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.