Skip to main content

Pengertian Database dan Fungsinya (Manfaat, Tipe, dan Jenis)

Pengertian database dan fungsinya - Di era yang serba modern seperti sekarang ini, keberadaan sebuah teknologi tentunya menjadi hal yang biasa ditengah-tengah masyarakat. Salah satu yang dapat menjadi bukti dari perkembangan teknologi saat ini yaitu keberadaan database yang mungkin sudah cukup familiar ditelinga kita. Namun tahukah kamu apa itu database? Seperti apakah database itu? Bagi teman-teman yang mungkin belum tahu betul seperti apa yang dimaksud dengan database, maka bisa menyimak penjelasan dari kami tentang definisi database di sini. Selain itu untuk menambah pemahaman teman-teman di sini juga kami sertakan pembahasan tentang pengertian database menurut para ahli. Tidak hanya itu saja di sini juga kami bahas tentang fungsi dan manfaat database, karakteristik database, tipe data database serta jenis software database.

Pengertian Database dan Fungsinya

Pengertian Database

Pengertian database adalah kumpulan data item yang saling terhubung, terkelola menjadi satu unit. Database merupakan data yang secara sistematis di simpan di dalam komputer. Data tersebut dapat diolah/ dimanipulasi dengan menggunakan sebuah program aplikasi untuk menghasilkan informasi. Data base mempunyai peranan penting dalam sistem informasi di mana data base merupakan tempat penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Pendefinisian database diantaranya yaitu spesifikasi berupa tipe data, struktur data serta batasan-batasan data yang akan disimpan.

Atau arti database adalah basis data yang merupakan kumpulan dari berbagai data dan informasi yang terimpan serta tersusun di dalam komputer secara sitematik yang bisa diperiksa, diolah dan dimanipulasi dengan memanfaatkan program komputer untuk memperoleh informasi dari database tersebut. Perangkat lunak yang dipakai dalam mengelola serta memanggil database disebut sebagai sistem database management system.

Sebenarnya istilah database sendiri itu mengacu pada data-data yang saling terhubung antara satu dengan yang lain, dimana tujuan dari database yaitu untuk mengelola data dengna lebih efisien dan efektif.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Beberapa ahli dalam bidang teknologi informasi telah menjelaskan pengertian database. Adapun definisi database menurut para ahli, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Pengertian Database Menurut Jogiyanto

Pengertian basis data menurut jogiyanto yaitu kumpulan informasi dan data yang saling terkait antara satu dengan yang lain, dimana data tersebut tersimpan pada simpanan luar komputer dan dibutuhkan software tertentu untuk dapat memanipulasinya.

Pengertian Database Menurut Gordon C Everest

Pengertian basis data menurut gordon c everest yaitu sebuah kumpulan data yang bersifat mekanis, terdefinisi secara formal, terbagi, serta terkontrol. Pengontrolan tersebut terpusat pada suatu organisasi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Database

Setelah mengetahui pengertian database, maka kita juga harus mengetahui fungsi database. Adapun fungsi database adalah sebagai berikut ini:

  • Untuk mengelompokkan data dan informasi sehingga menjadi lebih mudah untuk dimengerti.
  • Untuk memudahkan proses penyimpanan, akses, pembaharuan, mapupun penghapusan data.
  • Untuk mencegah terjadinya duplikat data maupun terjadinya inkonsistensi data.
  • Untuk menjaga kualitas data dan informasi yang diakses, agar bisa sesuai dengan data yang diinputkan.
  • Untuk meningkatkan kinerja aplikasi yang memerlukan penyimpanan data.
  • Untuk membantu proses penyimpanan data yang besar.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Database

Setelah kita tahu pengertian dan fungsi database, maka kita juga harus tahu manfaat yang dirasakan dalam menggunakan database. Adapun manfaat database adalah sebagai berikut ini:

1. Tidak Mengalami Redudasi Basis Data

Redudasi merupakan terjadinya data-data ganda atau duplikat dalam berkas-berkas yang berbeda. Dengan database maka dapat membantu meminimalkan terjadinya redudasi data.

2. Integritas Data Dapat Terjaga

Database dapat memastikan integritas data yang tinggi, dimana database dapat memastikan keakuratan, konsistensi, aksesbilitas dan kualitas tinggi pada sebuah data.

3. Kemudahan Dalam Mengakses Data

Semuda data dala database terorganisir dengan baik sehingga memberikan kemudahan untuk mengakses dan mendapatkan data.

4. Independensi Data Dapat Terjaga

Database mampu menjaga independensi data, dimana orang lain tidak bisa mengubah data walaupun data dapat diakses.

5. Keamanan Data Dapat Terjaga

Database dapat menjamin keamanan suatu informasi dan data, dimana kamu dapat menyisipkan kode akses untuk data-data tertentu yang ingin kamu ataur agar tidak dapat diakses secara bersama.

6. Kemudahan Untuk Berbagi Data

Perangkat lunak database dapat digunkaan untuk berbagi data maupun informasi dengan sesama pengguna lainnya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Karakteristik Database

Berikut ini adalah 4 karakteristik database:

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tipe Tipe Data Database

Tipe tipe data pada database adalah sebagai berikut ini:

  • Analytical database adalah database yang menyimpan data dan informasi yang diambil dari operasional dan eksternal database.
  • Operational database adalah database untuk menyimpan data mendetail yang diperlukan untuk mendukung operasi suatu organisasi secara menyeluruh.
  • Data warehouse adalah suatu gudang data yang menyimpan berbagai macam data dari tahun-tahun sebelumnya sampai dengan sekarang ini.
  • Distributed database adalah kelompok kerja lokal database dan departemen di berbagai kantor dan lokasi kerja yang lain.
  • End user database adalah database pengguna akhir yang terdiri dari bermacam-macam file data yang dikembangkan dari end user dalam workstation mereka.
  • Document-oriented database adalah salah satu software komputer yang dibuat untuk sebuah aplikasi yang berorientasi pada dokumen.
  • Real time database adalah sistem pengolahan yang didesain dalam menangani beban kerja suatu negara yang dapat berubah, mengandung data yang terus menerus dan sebagian tidak terpengaruh terhadap waktu.
  • Navigational database adalah pada navigasi database, queries menemukan benda untuk yang mengikuti referensi dari objek tertentu.
  • In memory database adalah suatu database yang tergantung pada memori untuk penyimpanan data atau informasi pada komputer.
  • External database adalah database yang menyediakan akses ke luar serta data pribadi online.
  • The web and hypermedia database adalah sekumpulan halaman multimedia yang saling terkait pada suatu website, yang terdiri atas homepage dan hyperlink dari multimedia (teks, gambar, grafik, audio dan lainnya).
  • Relational database adalah standar komputasi bisnis dan bais data yang umum digunakan sekarang ini.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis-jenis Software Database

Setelah tahu pengertian dan fungsi database beserta dengan tipe-tipenya, maka kita juga harus tahu macam-macam softwarenya. Adapun penjelasan tentang macam macam software database dan fungsinya adalah sebagai berikut ini:

1. Oracle

Software database oracle mampu melakukan penyimpanan data dengan ukuran yang maksimum hingga mencapai tera byte. Oracle biasanya digunakan di perusahaan-perusahaan, tertutama perusahaan yang sedang berkembang karena untuk mengaksesnya memang tersedia secara gratis.

2. Microsoft Access

Mirosoft Access merupakan software yang cocok digunakan untuk sebagian besar komputer yang relasional. Apabila kamu menjalankan bisnis dlaam skala rumahan, kamu dapat memilih sistem databse ini karena sangat ringan apabila digunakan, selain itu format datanya juga umum sehingga pembacaannya lebih mudah.

3. MysSQL

Merupakan software database yang open acces untuk umum, selain itu software ini kompatibel dengan sistem operasi Windows dan Linux. Kelebihan yang dapat kamu gunakan dengan memakai program MySQL yaitu dapat digunakan untuk multi user. Untuk kelebihan yang lain dari MySQL yaitu tersedia secara gratis, query data yang cepat serta berlisensi resmi.

4. Ms SQL Server

Merupakan software database manajemen basis data yang umum dipakai pada Microsoft dengan bahasa pemrograman yang dipakai yaitu Transact-SQL. Tipe data yang dipakai ada banyak, sehingga cukup efektif dalam mendukung kinerja kamu.

5. Postgre SQL

Merupakan sistem database yang opensource dengan lisensi General Public License (GPL). Software Postgre SQL menggunakan bahasa pemrograman C++, C, PHP, SQL dan lain-lain. Apabila dipakai untuk pekerjaan pribadi, maka software ini sangatlah recommended.

6. Firebird

Software database ini dapat dibilang mempunyai fitur sistem yang standar dan ringan yaitu dengan fitur ANS SQL-99 dan SQL-2003. Software ini kompatibel apabila digunakan di sistem operasi Windows, Unix maupun Linux.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan yang bisa saya tuliskan tentang pengertian database dan fungsinya serta manfaat, tipe, dan jenis softwarenya. Semoga apa yang sudah saya tulis dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar