--> Skip to main content
Menu

Pengertian Dumolid Manfaat dan Efek Sampingnya

Dumolid bukan merupakan obat yang bisa digunakan sembarangan, karena biasanya penggunaan obat Dumolid harus berdasarkan resep dari dokter. Lalu, apa itu Dumolid? Nah, bagi anda yang mungkin saja belum tahu tentang apa yang dimaksud Dumolid, maka bisa menyimak penjelasan yang kami tulis di sini yaitu tentang pengertian Dumolid, manfaat Dumolid beserta dengan efek sampingnya. Penjelasan selengkapnya simak berikut ini.

Pengertian Dumolid

Pengertian Dumolid

Dumolid adalah obat yang termasuk ke dalam jenis obat penenang yang didalamnya terdapat kandungan Nitrazepam yang masuk dalam kategori Benzodiazepine yang tidak boleh digunakan secara sembarangan karena dapat menyebabkan ketergantungan. Obat Dumolid hanya boleh digunakan untuk terapi jangka pendek dan hanya boleh dikonsumsi atas resep dari dokter. Biasanya Obat Dumolid digunakan untuk mengatasi masalah insomnia berat hingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, perlu diketahui Dumolid hanya dapat membantu penderita insomnia untuk bisa tidur saja, namun tidak bisa menyembuhkan penyebab yang menjadi dasar seseorang mengalami insomnia.

Cara kerja dari Dumolid yaitu dengan cara menekan sel saraf otak dalam mengirimkan sinyal. Hal inilah yang dapat membuat aktivitas otak menjadi menurun, sehingga terciptalah efek tenang yang membuat penderita insomnia berat bisa tertidur.

Manfaat Dumolid

Manfaat utama dari obat Dumolid sudah disinggung di atas yaitu dapat mengatasi masalah insomnia berat. Obat ini hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa saja. Ibu hamil dan ibu menyusui tidak direkomendasikan mengkonsumsi obat ini. Apalagi jika usianya masih trimester 1 dan 3, karena dapat menyebabkan bayi terlahir dengan kondisi hipotermia, gangguan irama jantung, gangguan pernapasan, tonus otot lemah dan ketergantungan pada obat. Selain itu, obat Dumolid juga dapat diserap oleh ASI. Jadi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat ini.

Obat Dumolid dapat memberikan efek psikoaktif yang memberikan pengaruh selektif pada saraf pusat, sehingga terjadilah perubahan aktivitas perilaku dan mental. Efek samping yang dapat ditimbulkan dapat berupa gangguan Neurologis atau Ataksia, bingung, vertigo, amnesia, dan ketergantungan.

Efek Samping Mengonsumsi Dumolid

Meskipun Obat Dumolid memiliki manfaat untuk mengatasi kondisi medis tertentu, namun ada pula efek samping yang dapat ditimbulkan apabila menyalahgunakan obat ini dan mengkonsumsinya dalam jangka panjang atau mengalami ketergantungan.

Beberapa orang pengguna obat Dumolid dapat merasakan efek samping seperti pusing, kantuk, kebingungan, merasa gelisah, gangguan penglihatan, sulit kencing, lemah otot, dan gangguan koordinasi. Sementara pengguna dengan efek samping yang lebih serius dapat mengalami linglung, halusinasi, hipotensi, mudah marah, depresi, sulit bernapas, denyut jantung melambat, dan keinginan bunuh diri. Apabila muncul efek yang lebih serius, maka dapat menghubungi dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain itu, jika tidak diperhatikan dosis Dumolid dan dikonsumsi dalam jangka panjang maka dapat memberikan efek samping berupa gejala keracunan hingga overdosis. Sementara, apabila ingin menghentikan obat tersebut sebaiknya berdiskusilah dengan dokter. Sebab, apabila secara tiba-tiba berhenti dalam jangka pendek dapat menimbulkan efek putus obat. Efek yang dapat dirasakan oleh tubuh ada beragam mulai dari kejang, gelisah, cepat marah, diare, berkeringat dan sulit untuk tidur.

Itulah informasi tentang pengertian Dumolid, manfaat dan efek sampingnya, semoga apa yang kami tulis di sini dapat bermanfaat. Jika ada masalah ketergantungan terhadap obat tersebut atau obat lainnya mungkin bisa berkonsultasi dengan dokter di tempat pusat rehabilitasi untuk pemulihan.