--> Skip to main content

Pengertian Content Marketing Dan Strategi Content Marketing

Konten itu pada dasarnya merupakan segala sesuatu yang dapat menyampaikan pesan atau informasi kepada orang yang melihatnya. Dengan semakin mudahnya akses internet kini content marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang memiliki prospek yang bagus. Lalu apa itu content marketing? Nah, bagi kamu yang belum tahu, simak penjelasan tentang pengertian content marketing dan Strategi Content Marketing berikut ini.

Pengertian Content Marketing

Pengertian Content Marketing

Content marketing merupakan teknik atau strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan berbagai macam konten, entah itu berupa tulisan, gambar, video, maupun suara. Konten marketing ini dilakukan dengan mendistribusikan konten yang relevan kepada audiens secara konsisten. Selain itu konten yang disajikan harus dapat memberikan manfaat bagi audiens serta dapat membantunya dalam memecahkan masalah.

Strategi Content Marketing

Supaya content marketing bisa berjalan dengan maksimal dan bisa memberikan keuntungan, tentu perlu strategi content marketing yang tepat. Adapun strategi content marketing yang dapat kamu terapkan diantaranya dalah sebagai berikut:

1. Menentukan tujuan marketing

Strategi dalam content marketing yang paling utama adalah menentukan tujuan marketing. Dengan menentukan tujuan marketing, tentu akan memudahkan kamu dalam membuat konten yang relevan. Sebagai contoh jika tujuan marketingmu adalah jasa pembuatan website, maka kamu harus dapat membuat konten yang berkaitan dengan website.

2. Menentukan target audiens

Menentukan target audiens dalam melakukan content marketing merupakan hal yang penting. Dalam hal ini konten yang kamu buat harus bisa memenuhi kebutuhan target audiens sehingga bisa menarik perhatian audiens. Dengan demikian, maka mereka akan tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan melalui content yang kamu buat.

3. Membuat konten yang berkualitas dan sesuai yang sedang trend

Salah satu hal yang perlu kamu lakukan dalam membuat konten yang berkualitas yaitu dengan mengetahui topik yang saat ini sedang trending di search engine Google. Cara mengetahuinya kamu bisa memanfatkan tools Google Trends. Setelah tahu, topik yang sedang trend, maka kamu bisa memilih topik yang trend yang sesuai dengan bisnis kamu. Sebagai contoh jika bisnis kamu tentang “jasa digital marketing”, sementara yang saat ini sedang trend adalah tentang "Affiliate Marketing”, maka content marketing yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat artikel tentang Affiliate Marketing.

4. Mendistribusikan konten kamu yang telah dibuat

Setelah berhasil membuat konten yang berkualitas yang sesuai dengan target audiens, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mendistribusikan konten atau promosi. Untuk mendistribusikan konten, kamu bisa memanfaatkan berbagai platform seperti blog pribadi, media sosial, atau forum diskusi yang sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan. Agar lebih banyak diketahui orang, alangkah baiknya jika kamu mendistribusikan kontenmu ke semua jenis platform. Jadi, jika orang yang mengetahui konten yang kamu buat semakin banyak, maka akan semakin mudah mendapatkan clien.

5. Melakukan evaluasi konten

Langkah yang terakhir, melakukan evaluasi konten yaitu melihat perkembangan yang terjadi setelah melakukan content marketing. Mengevaluasi konten yang telah kamu distribusikan bisa menjadi acuan bagi kamu dalam membuat konten berikutnya, supaya kualitas kontenmu terus meningkat. Sebagai contoh, hasil evaluasi yang kamu lakukan menunjukan banyak audiens yang melihat halaman konten Affiliate Marketing yang kamu buat, maka selanjutnya kamu harus dapat mengoptimalkan halaman tersebut pada saat membuat konten selanjutnya.

Demikian penjelasan tentang pengertian content marketing dan strategi content marketing, semoga dengan penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan kamu seputar dunia marketing.

Buka Komentar
Tutup Komentar