--> Skip to main content

Pengertian Google Bisnisku dan Cara Optimasi Google Bisnisku

Bingung untuk optimalkan bisnis dengan cara bagaimana lagi? Gunakan Google Bisnisku dan lakukan cara optimasi Google Bisnisku supaya lalu lintas jualan bisa lancar dan transaksi meningkat. Dengan melakukan optimasi Google Bisnisku maka bisnis akan lebih mudah ditemukan di Google Maps sehingga akan mempengaruhi grafik penjualan. Lalu, apa itu Google Bisnisku? Bagi kamu yang belum tahu simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Google Bisnisku

Google Bisnisku atau Google My Business adalah sebuah alat yang telah diluncurkan Google sejak Juni 2014. Google My Business diciptakan untuk membantu para pemilik bisnis atau usaha mendapatkan listingan secara gratis dari google. Listing ini dapat membantu memudahkan calon pelanggan untuk menemukan suatu bisnis atau usaha yang telah terdaftar pada Google My Business.

Untuk memulai menggunakan Google Bisnisku, terlebih dahulu kamu diharuskan untuk mengklaim dan melakukan verifikasi Google My Business Listing di halmaan Google Profil Bisnis. Setelah itu baru melakukan cara optimasi listing Google Bisnisku. Untuk panduan optimasinya baca artikel ini sampai selesai.

Cara Optimasi Google Bisnisku

Jika kamu sudah memiliki listingannya namun belum optimal? Kamu bisa melakukan beberapa hal yang dibahas di bawah ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk optimasi Google Bisnisku.

1. Melengkapi seluruh informasi bisnis

Kamu bisa melakukan proses optimasi Google Bisnisku dengan mengisi semua informasi yang harus dilengkapi. Data-data seperti nama bisnis, alamat bisnis, dan nomor telepon serta jam operasional pastikan telah kamu isi dengan banar. Lebih lanjut, kamu juga perlu untuk mengecek secara rutin dasboard Google Bisnisku. Hal ini perlu kamu lakukan untuk memastikan supaya tidak ada yang mencoba untuk membuat perubahan yang tidak dinginkan pada apa yang telah kamu cantumkan.

Masalahnya, siapapun yang telah menemukan halaman bisnis kamu bisa melkukan perubahan mengenai data-data yang ada hanya dengna melakukan mengklik “suggest an edit. Sehingga, bisnis kamu memang bisa diedit oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Maka dari itulah, kamu perlu memeriksa secara berkala informasi Google Bisnisku, setidaknya memeriksanya 2 kali dalam seminggu.

2. Pilih kategori yang spesifik dan relevan

Kategori yang kamu pilih tentunya akan sangat membantu Google dalam menentukan hasil pencarian daftar lokal yang memuat tentang bisnismu. Untuk hal ini, kamu harus memilih daftar dari kategori yang telah tersedia dan tidak membuatnya sendiri. Apabila kamu tidak menemukan kategori khusus yang menggambarkan tentang bisnis kamu, maka pilihlah kategori yang lebih umum yang masih bisa menjelaskan tentang bisnis anda secara tepat.

3. Menggunakan foto yang berkualitas

Dengan foto yang berkualitas tentunya bisa membantu cantuman tentang bisnis kamu lebih menonjol dibanding dengan pesaing yang lain. Selain itu, juga akan lebih efektif dalam menginformasikan kepada para pelanggan potensial kamu mengenai apa yang dapat mereka harapkan dari bisnis kamu. Maka dari itulah sebaiknya kamu menggunakan foto-foto yang memiliki resolusi tinggi sehingga bisa membuat bisnis kamu lebih terlihat profesional dan juga membuat produk yang kamu tawarkan menjadi lebih mampu menarik minat beli para pelanggan.

Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat tur virtual 360 sebagai tampilan dari bisnismu untuk pelanggan dengan cara menyewa fotografer yang telah disetujui oleh Google. Berdasarkan informasi dari Google, daftar yang telah mempunyai tur virtuual dan foto lebih bisa menghasilkan minat 2 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan yang tidak ada.

4. Jangan menyepelekan ulasan dari pengunjung

Kamu dapat melihat bahwa pada bisnis lokal yang tercantum dalam cuplikan peta pencarian lokal umumnya mempunyai rating di sebelah namanya. Melalui rating tersebut, Google memberikan informasi yang sangat berguna kepada para penggunanya. Maka dari itulah, sebaiknya bisnis kamu mempunyai rating yang tinggi. Jadi, jangan ragu untuk meminta pelangganmu meluangkan sedikit waktunya untuk memberikan rating dan ulasan mengenai bisnis kamu di Google.

Demikian penjelasan tentang pengertian google bisnisku dan cara optimasi google bisnisku. Jangan membiarkan kesempatan tersebut berlalu karena tidak meluangkan waktumu untuk mengoptimalkan listing kamu di Google Bisnisku dengan baik. Sebagai search engine yang paling banyak digunakan di dunia, google menjadi cara terbaik yang dapat membuat bisnis kamu tampil terdepan diantara pesaing yang lain.

Buka Komentar
Tutup Komentar