--> Skip to main content

Pengertian Media Sosial Marketing dan Strategi Yang Digunakan

Media sosial sekarang ini penggunaannya tidak hanya sebatas digunakan untuk komunikasi saja. Namun, media sosial juga banyak digunakan untuk strategi pengembangan bisnis atau yang dikenal sebagai media sosial marketing. Lalu, apa itu media sosial marketing? Nah, bagi anda yang mungkin saja belum mengerti mengenai media sosial marketing, maka bisa menyimak penjelasannya di sini.

Pengertian Media Sosial Marketing

Pengertian Media Sosial Marketing

Media sosial marketing adalah suatu cara yang dilakukan untuk mempromosikan suatu bisnis dengan melibatkan pembuatan konten di platform media sosial, seperti instagram, twitter, facebook, tiktok dan lain sebagainya. Media sosial marketing saat ini menjadi strategi promosi yang sedang trend karena dapat menjangkau sasaran konsumen yang luas dan terbukti efisien. Tidak hanya itu saja, media sosial marketing juga menjadi salah satu cara yang dapat membangun reputasi bisnis supaya bisa menjadi lebih dekat dengan customernya.

Tujuan dari media sosial marketing adalah untuk memperkenalkan suatu bisnis kepada para calon customernya. Sehingga kegiatan yang dilakukan dalam media sosial marketing tidak hanya fokus dengan promosi hingga ada orang yang beli produk atau menggunakan jasa yang dipromosikan, namun juga melakukan kegiatan yang dapat membentuk persepsi customer sehingga bisa membuat brand awareness menjadi meningkat.

Maka dari itu dalam media sosial marketing, berbagai konten kreatif seperti konten informasi mengenai bisnis dan eksklusivitas produk perlu dikembangkan yang lebih baik. Untuk mewujudkan itu maka diperlukan imajinasi dan strategi konten yang baik sehingga mampu memberikan daya tarik kepada banyak orang.

Strategi Media Sosial Marketing

Terdapat beberapa media sosial marketing yang bisa dilakukan, adapun diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

1. Memperbanyak jumlah follower

Media sosial itu dapat diibaratkan sebagai sebuah lapak jualan atau pasar, sehingga apabila jumlah followers atau teman semakin banyak, maka semakin besar pula kemungkinan produk maupun jasa yang ditawarkan dapat laku. Maka dari itulah penting untuk bisa memiliki banyak followers, namun pastikan banyaknya followers yang anda miliki adalah followers aktif. Untuk meningkatkan jumlah followers anda bisa membuat konten yang menarik, menggunakan hastag yang viral dan relevan, serta konsisten mengupload konten. Namun, apabila anda ingin memiliki banyak followers dengan cara yang cepat bisa juga dengan beli follower instagram aktif.

2. Membangun interaksi yang positif

Pada dasarnya media sosial menjadi tempat bagi banyak orang untuk melakukan interaksi. Walaupun anda menggunakan media sosial sebagai tempat untuk memasarkan suatu produk atau jasa, akan tetapi jangan sampai anda lupakan fungsi utama dari media sosial itu sendiri yaitu untuk melakukan interaksi. Jadi, anda bisa mencoba ikut aktif dalam memberikan komentar maupun like di postingan orang lain yang sesuai dengan target pasar anda. Dengan malakukan cara seperti itu, maka ada kemungkinan mereka juga akan melihat bisnis anda yang anda promosikan di media sosial.

3. Meningkatkan ER (Engagement Rate)

ER adalah ratio antara orang-orang yang melakukan interaksi dengan postingan anda di media sosial seperti komen, like dan share terhadap jumlah keseluruhan orang yang melihat postingan anda. Untuk dapat meningkatkan ER bisa dengan membuat konten yang menarik, bagus, dan unik yang bisa membuat orang menjadi penasaran atau yang bisa menimbulkan pertanyaan.

4. Foto produk yang berkualitas

Foto yang berkualitas atau menarik dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk membuat calon konsumen tertarik pada produk maupun jasa yang anda tawarkan. Maka dari itulah pastikan foto produk atau jasa yang anda tawarkan di media sosial haruslah berkualitas. Jika foto yang anda terima dari supplier anda kurang berkualitas, maka anda bisa melakukan foto ulang dengan hasil yang lebih bagus atau bila perlu melakukan editing foto agar lebih menarik.

5. Menggunakan hastag yang sedang viral

Strategi media sosial marketing dengan penggunaan hastag ini memang dapat dibilang efektif. Dengan cara memanfaatkan hastag yang sedang viral, maka bisa membuat postingan bisnis anda di media sosial menjadi lebih gampang ditemukan banyak orang yang belum menjadi followers anda. Namun, penting juga untuk diingat, selalu sertakan hastag yang relevan dengan bisnis anda agar tampak lebih berkualitas.

Itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian media sosial marketing dan strategi yang digunakan, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar