--> Skip to main content

Pengertian Support System Manfaat Dan Kapan Dibutuhkan

Menurut informasi dari CNN Indonesia support system itu penting untuk kesehatan karena dapat memberikan rasa memiliki, stabilitas emosional dan keterhubungan sosial. Selain itu, mempunyai support system juga mampu mengurangi dampak stress dan bisa membantu meningkatkan keterampilan koping. Lalu apa Support System? Nah bagi kamu yang belum tahu berikut penjelasan tentang pengertian support system, manfaat dan kapan support system dibutuhkan.

Pengertian Support System

Support System adalah jaringan orang yang dapat menawarkan dan memberikan bantuan, saran, dukungan stabilitas emosional, fisik maupun secara materi ketika dibutuhkan. Support system bisa dari informal seperti dari keluarga, teman, kolega, maupun dari formal seperti terapis.

Mempunyai support system yang banyak bisa memberikan rasa memiliki, stabilitas emosional dan keterhubungan sosial. Ketika sedang krisis, support system bisa menjadi penyelamat, misalnya memberikan bantuan baik itu dalam bentuk nyata maupun emosional. Bagi seseorang yang sedang berjuang dengan masalah kesehatan mental, maka adanya support system yang banyak bisa sangat membantu. Berdasarkan penelitian adanya support system yang kuat dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik karena dapat membantu mengurangi atau mencegah efek penyakit mental. Dengan memiliki support system yang kuat pula maka bisa memberikan suatu dorongan, harapan dan rasa pemberdayaan.

Manfaat memiliki Support System

Terdapat beberapa manfaat memiliki Support System yang kuat. Beberapa manfaatnya yaitu sebagai berikut:

  • Ketika menghadapi masalah bisa mendapatkan dukungan atau bantuan.
  • Kesehetan mental bisa menjadi lebih baik.
  • Mengurangi gejala kecemasan dan juga depresi.
  • Ketahanan dalam menghadapi stres menjadi lebih meningkat.
  • Kepuasan hidup dan kebahagiaan menjadi lebih besar.
  • Kesehatan fisik menjadi lebih baik.

Kapan membutuhkan Support System

Ada berbagai jenis support system yang bisa membantu ketika diperlukan dalam situasi tertentu. Sebagai contoh ketika sedang mengalami masalah kesehatan mental, maka support system bisa memberikan bantuan serta perawatan yang memang sangat dibutuhkan. Apabila sedang mengalami peristiwa hidup yang sulit seperti ditinggalkan orang yang dicintai, maka support system bisa membantu untuk melewati hal tersebut. Kemudian jika merasa stres, maka support system bisa memberikan dorongan yang dibutuhkan agar bisa kembali pulih dari stres.

Secara singkatnya, support system itu dibutuhkan ketika sedang dihadapkan pada keadaan yang sulit. Karena support system merupakan sekelompok orang yang bisa diandalkan untuk memberikan bantuan, nasihat atau hanya untuk diajak bicara ketika sedang membutuhkannya.

Lalu siapa yang bisa menjadi bagian dari Support System Anda?

Yang bisa menjadi support system anda yaitu orang-orang yang dalam hidup anda peduli dengan anda dan ingin melihat anda berhasil atau sukses. Orang-orang yang termasuk support system anda ini bisa memberikan dukungan emosional, praktis maupun secara finansial ketika anda sedang membutuhkannya.

Jadi, keluarga, teman atau bahkan rekan kerja juga bisa menjadi bagian dari support system anda. Selain itu melalui minat bersama atau pengalaman bersama dengan teman baru juga bisa menjadi support system. Karena hubungan tersebut bisa memberikan rasa saling memiliki dan membantu untuk mengatasi masa-masa yang sulit.

Mungkin juga support system anda termasuk orang profesional seperti terapis, konselor, atau psikiater. Karena orang-orang profesional tersebut bisa memberikan panduan dan sumber daya yang bisa membantu mengelola dan menjaga kesehatan mental anda.

Demikian penjelasan tentang pengertian support system manfaat dan kapan dibutuhkannya. Semoga penjelasan yang telah kami tulis di sini dapat memberikan manfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar