--> Skip to main content
Menu

Pengertian Website dan Manfaatnya

Website menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dari perkembangan internet. Website mulanya dibuat untuk tujuan penggunaan pribadi saja. Namun, seiring berjalannya waktu jumlah website terus bertambah karena hampir semua perusahaan telah memiliki website. Semua itu tidak lepas dari peran Jasa Pembuatan Website seperti SolusiTech yang membantu dalam pembuatan website. Banyaknya minat untuk membuat website tentu karena website ini memiliki berbagai manfaat. Apa sajakah manfaatnya? Nah, bagi yang belum tahu bisa menyimak penjelasannya di sini, yang akan kami bahas mulai dari pengertian website hingga manfaat website.

Pengertian Website dan Manfaatnya

Pengertian Website

Pengertian website adalah kumpulan dari beberapa halaman yang berisi informasi tertentu dan bisa diakses secara mudah dimanapun, kapanpun oleh siapapun melalui perangkat yang terkoneksi dengan internet.

Untuk mengakses website cukup dengan menuliskan alamat website atau url pada address bar sebuah browser. Misalnya kamu mengetikkan url https://solusitech.com/, maka akan masuk ke halaman website Jasa Pembuatan Website Profesional solusi tech. Seperti yang terlihat, website tersebut menampilkan kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu.

Supaya pengunjung bisa lebih mudah dalam mengakses informasi yang dicarinya, maka halaman-halamn pada website dikelompokkan kedalam menu yang dapat diakses melalui halaman utama website (homepage). Sebagian besar website telah menggunakan cara seperti ini agar bisa lebih meningkatkan pengalaman pengunjung ketika mengakses website.

Manfaat Website

Website yang dibuat tentunya memiliki berbagai macam manfaat. Adapun beberapa manfaat dari website diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Dapat membangun personal branding

Manfaat yang paling mendasar dari website yaitu untuk membangun personal branding, khususnya bagi kamu yang sedang ingin mencoba cara untuk mendapatkan penghasilan dari website. Dengan menampilkan portofolio hingga hasil karya pada sebuah website, maka dapat memungkinkan semua orang bisa mengetahui siapa kamu dan apa keahlian yang kamu miliki.

Dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan

Dengan memiliki website tentu akan dapat meningkatkan kepercayaan para pelanggan. Hal tersebut karena sekarang ini hampir semua orang untuk mencari suatu informasi tertentu pasti mencari tahunya secara online dulu.

Nah, apabila kamu mempunyai website bisnis yang kamu kelola secara baik, maka calon pelanggan akan merasa lebih percaya ketika melakukan transaksi dengan kamu. Pelanggan akan tahu dimana mereka dapat menemukan informasi tentang produk atau jasa yang kamu tawarkan, yang selanjutnya dapat meningkatkan tingkat konversi.

Dapat dijadikan sebagai media promosi 24 Jam

Website yang telah dionlinekan di internet dapat diakses dengan mudah oleh siapapun kapanpun tanpa terbatas dengan ruang dan waktu asalkan ada perangkat yang terkoneksi dengan internet. Dengan demikian hadirnya website dapat menjadi promosi 24 jam yang bisa memungkinkan terjadinya transaksi selama 24 jam. Pelanggan baru pun juga dapat berdatangan dari manapun, yang tentunya hal ini menjadi keinginan terbesar bagi seorang pemiliki bisnis.

Namun, perlu diingat, untuk dapat memaksimalkan pemasaran menggunakan website, kamu harus bisa menerapkan teknik SEO dengan tepat. Selain itu, agar bisa lebih optimal mungkin kamu juga bisa mencoba iklan berbayar untuk meningkatkan traffic website.

Dapat berbagi informasi atau cerita

Dengan menggunakan blog, kamu dapat berbagi konten cerita maupun informasi tertentu dari berbagai macam topik. Misalnya tentang hobi, traveling, aktivitas sehari-hari dan lain-lain dapat dibagikan melalui blog. Apabila memiliki keahlian pada bidang tertentu, kamu juga dapat berbagi pengetahuan tersebut melalui blog.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian website dan manfaatnya, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.