--> Skip to main content

Pengertian Dan Jenis SEO (Search Engine Optimization)

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic pengunjung sebuah website. Salah satunya yaitu dengan menerapkan SEO atau search engine optimization pada website tersebut. Apabila anda adalah seorang pengelola website, maka SEO menjadi hal yang perlu kamu kuasai. Lalu apa sebenarnya SEO itu? Nah, bagi anda yang belum tahu maka bisa menyimak penjelasan tentang Pengertian Dan Jenis SEO dalam artikel ini.

Pengertian Dan Jenis SEO

Pengertian SEO

SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization adalah suatu teknik yang dipakai untuk mengoptimasi suatu website dengan tujuan supaya dapat memudahkan mesin pencari menemukan halaman website dan menempatkannya pada halaman pertama pada mesin pencari dengan menggunakan keyword yang telah ditentukan oleh pengguna. Dengan menempati posisi halaman pertama pada mesin pencari, maka potensi untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih banyak akan lebih besar.

SEO sangat berfokus pada kata kunci atau keyword yang dimasukkan oleh pengguna, maka dari itulah dengan menerapkan teknik SEO yang tepat akan dapat membantu dalam menemukan target pengguna yang tepat untuk semua konten yang anda buat. Tentunya dengan memfilter keyword yang ada, pengguna dengan target yang tepat akan memperoleh manfaat dari isi konten yang telah anda buat. Dengan adanya manfaat yang bisa diperoleh oleh pengguna dari konten yang anda buat, maka ada kemungkinan pengguna tersebut akan kembali lagi mengunjungi websitemu untuk membaca konten-konten terupdate yang anda sajikan.

Jenis-Jenis SEO

Terdapat 3 jenis optimasi SEO yaitu on page, off page dan technical. Meskipun tujuannya sama-sama untuk meningkatkan rangking website, ketiga jenis SEO ini memiliki fokus yang berbeda. Untuk penjelasan tentang jenis-jenis SEO tersebut silahkan simak berikut ini:

1. SEO On Page

SEO on page merupakan upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan konten pada halaman website supaya bisa masuk ke peringkat teratas pada mesin pencari sehingga mudah ditemukan oleh pengguna. Aspek-aspek yang dimaksimalkan dalam SEO on Page meliputi: judul konten, struktur konten, gambar konten, kualitas konten, sebaran keyword, permalink, internal link, elemen SEO (tag, meta deskripsi, dan lain-lain. Dengan menerapkan SEO on page, konten anda akan lebih mudah tampil di mesin pencari. Kemudian, dengan semakin relevan isi konten dengan kata kunci yang anda bidik, maka kebutuhan pengguna akan semakin terjawab, sehingga mesin pencari seperti Google akan berpotensi lebih meningkatkan peringkat website anda.

2. SEO Off Page

SEO off page merupakan upaya yang dilakukan untuk mengoptimasi website dari luar supaya mesin pencari memahami seberapa besar relevansi dan manfaat konten bagi pengguna. Adapun beberapa aspek-aspek dalam SEO off page yaitu: Link building (link dari website lain atau baclink), peningkatan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority), promosi konten melalui media social maupun channel marketing yang lain, guest blog atau aktivitas memasang artikel berkualitas di website lain yang didalamnya terdapat link yang mengarah ke website anda. Dengan SEO off page yang kuat, tentu mesin pencari seperti Google akan semakin yakin jika website anda memberikan manfaat bagi para pengguna. Sehingga, kredibilitas website anda akan naik dan bisa berpotensi meningkatkan rangking website anda di mesin pencari.

3. Technical SEO

Technical SEO merupakan upaya yang dilakukan untuk mengoptimasi website dengan berbagai aspek teknis yang ada dalam sebuah website sehingga performanya bisa lebih maksimal. Adapun beberapa aspek dalam SEO technical diantaranya yaitu struktur website, kecepatan website, keamanan situs (SSL), XML sitemap, tema SEO friendly, layout website maupun navigasi website. Dengan menerapkan technical SEO ini, website anda akan mempunyai struktur yang baik dan menjadi lebih mudah dibaca oleh mesin pencari. Sehingga, peluang website anda terindeks di mesin pencari akan lebih besar.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Dan Jenis SEO (Search Engine Optimization) yang dapat kami tuliskan, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar