--> Skip to main content

Tips Memilih Al-Qur’an Dengan Tepat

Sebagai seorang umat muslim tentunya kita harus senantiasa berinteraksi dengan Al-Qur’an. Al-Qur’an merupakan kitab suci yang diwahyukan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril sebagai rahmat dan petunjuk untuk umat manusia yang beriman dan bertakwa. Di dalam kitab suci Al-Qur’an terdapat banyak sekali pokok ajaran yang sangat bermanfaat sehingga seluruh hidup dan kehidupan ini bisa menjadi lebih teratur. Oleh karena itulah, setiap umat muslim setiap harinya diharapkan bisa membaca Al-Qur’an. Tidak hanya membaca saja, tetapi umat muslim juga diharapkan bisa mengetahui arti dan mengamalkan Al-Qur’an untuk kehidupan sehari-harinya.

Tips Memilih Al-Qur’an Dengan Tepat

Tips Memilih Al-Qur’an Dengan Tepat

Sekarang ini di pasaran telah ada banyak mushaf Al-Qur’an mulai dari yang hanya berisi ayat-ayat Al-Qur’an hingga yang ada huruf latin dan juga artinya. Bagi kamu yang ingin memiliki Al-Qur’an ada baiknya memilih Al-Qur’an sesuai dengan kebutuhan. Tujuannya adalah untuk mempermudah dan memahami maknanya.

Di bawah ini terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memilih Al-Qur’an dengan tepat sesuai kebutuhanmu.

1. Pastikan memilih Al-Qur’an yang penerbitnya memiliki izin resmi dari Kementrian Agama RI

Sebelum membeli mushaf Al-Qur’an perhatikan dulu penerbit atau percetakan Al-Qur’an tersebut, apakah telah memiliki izin resmi dari Departemen Agama maupun Lembaga Keagamaan urusan penerbitan Al-Qur’an. Apabila Al-Qur’annya terbitan dari Indonesia, maka pastikan tanda izin resmi dari Kemenag RI sudah terdapat tanda tangan Menteri Agama.

2. Pastikan Memilih Penerbitan Al Quran Yang Berpengalaman & Tepat

Ketika akan membeli Al-Qur’an pastikan memilih yang penerbitnya berpengalaman dan tepat. Tujuannya yaitu supaya terhindar dari salah cetak ataupun hal buruk yang lainnya.

3. Perhatikan Jenis Kertas Yang Digunakan

Jenis kertas menjadi salah satu hal yang penting terhadap kenyamanan ketika membaca Al-Qur’an. Terdapat 3 macam jenis kertas yang biasa digunakan untuk mencetak Mushaf Al-Qur’an yaitu kertas buram, kertas HVS putih dan paper premium (kuning luxs). Dari 3 jenis kertas tersebut, jenis paper premium menjadi kertas yang kami rekomendasikan karena sangat pas yaitu mampu menyerap dan memantulkan cahaya dengan proporsional sehingga tidak terlalu silau dan tidak terlalu gelap untuk mata. Namun apabila tidak menemukan Al-Qur’an dengan kertas paper premium, maka kertas HVS dapat menjadi pilihan yang kedua. Untuk yang menggunakan kertas buram adalah pilihan yang terakhir jika tidak ada pilihan lain, karena kurang enak dan dapat membuat mata cepat lelah.

4. Perhatikan dan jenis huruf dan lay out halamannya

Pilihlah Al-Qur’an yang menggunakan jenis huruf yang enak dibaca sehingga dapat membantu dari segi kecepatan maupun ketepatan ketika membacanya. Sebisa mungkin sebaiknya hindarilah membeli Al-Qur’an yang segelnya tidak boleh dibuka, jika memang terpaksa maka pilihlah Al-Qur’an yang diterbitkan oleh penerbit yang terpercaya.

5. Memiliki jilid yang kuat

Pilihlah Al-Qur’an yang mempunyai jilid yang kuat agar mengurangi adanya kemungkinan halaman yang rusak, lepas, atau robek.

6. Dicetak oleh percetakan muslim

Tahukah kamu bahwa banyak Al-Qur’an di Indonesia yang ternyata dicetak oleh percetakan non muslim. Namun alangkah baiknya kita memilih Al-Qur’an yang dicetak oleh percetakan muslim sebagai kitab suci agama kita.

7. Harga yang ditawarkan

Al-Qur’an ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda mulai dari yang murah hingga yang mahal. Biasanya yang mempengaruhi harga adalah kertas yang digunakan, covernya, layoutnya dan masih banyak hal lainnya. Maka dari itulah pertimbangkan harga dengan baik, ini dimaksudkan agar budget yang kamu gunakan untuk membeli Al-Qur’’an bisa pas atau tidak kurang.

8. Pilihlah Al-Quran sesuai dengan kebutuhan

Pilihlah Al-Qur’an sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk kamu yang berniat untuk menghafal Al-Qur’an maka mushaf Arba’ah dapat menjadi pilihan terbaik. Kemudian bagi kamu yang suka traveling, mungkin bisa memilih Al-Qur’an resleting ukuran A6 karena mudah dan aman jika di simpan di dalam tas. Lalu bagi kamu yang ingin tahu arti dari ayat-ayat Al-Qur’an maka memilih Al-Qur’an dengan terjemahan dapat menjadi pilihan tepat. Sedangkan bagi kamu yang matanya sudah minus, bisa memilih Al-Qur’an besar ukuran jumbo sehingga kamu bisa membaca Al-Qur’an dengan jelas tanpa menggunakan kaca mata.

Mau beli Alquran berkualitas? Di sandiiswahyudi.com saja, Jual Alquran premium harga terjangkau.

Cari Alquran dalam jumlah banyak dengan kualitas bagus? Di sandiiswahyudi.com saja, Grosir Alquran terpercaya yang bisa custom, wakaf, sesuai kebutuhan Anda.

Buka Komentar
Tutup Komentar