--> Skip to main content

Pengertian Blog Bisnis dan Manfaatnya

Blog merupakan salah satu bentuk aplikasi web yang berisi konten dalam bentuk artikel pada sebuah halaman web. Konten blog sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dulu sebelum diikuti konten yang lebih lama meskipun tidak semuanya seperti itu. Ada banyak jenis blog yang sering diakses oleh pengguna internet, salah satunya yaitu blog bisnis. Nah, apa itu blog bisnis? Bagi kamu yang belum tahu silahkan simak penjelasan tentang pengertian blog bisnis dan manfaat blog bisnis dalam artikel ini.

Pengertian Blog Bisnis dan Manfaatnya

Pengertian Blog Bisnis

Blog bisnis adalah halaman blog yang konten artikelnya berusaha untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis tertentu. Contohnya untuk meraih pasar yang lebih luas atau menarik para audiens agar mau membeli suatu produk maupun menggunakan jasa tertentu. Blog bisnis intinya adalah memanfaatkan blog sebagai media untuk mengembangkan bisnis, maka dari itulah blog bisnis disebut sebagai saluran pemasaran.

Blog bisnis tidak seperti pada umumnya blog yang hanya dikerjakan semata-mata karena menjalani hobi. Dilihat dari segi isinya, blog bisnis lebih cenderung membahas tentang topik-topik yang berkaitan dengan industri yang digeluti oleh suatu brand tertentu. Sebagai contoh brand tentang layanan jasa pembuatan website, tentu akan mempunyai blog bisnis yang topik pembahasannya tentang segala hal yang berkaitan dengan internet, teknologi website dan desain website. Kemudian contoh lagi, brand tentang produk kue, tentu akan mempunyai blog bisnis topik pembahasannya tentang cara membuat kue, gaya hidup mengkonsumsi kue, atau tentang acara-acara pesta.

Mengapa isi blog bisnis ada bermacam-macam dan tidak hanya membahas tentang produk secara tunggal saja? Hal tersebut dikarenakan produk yang dimaksud dapat muncul di berbagai situasi dan kondisi maupun berbagai konteks yang dialami konsumen. Contohnya kue coklat, dimana konsumennya tidak hanya mengkonsumsi kue coklat tersebut saat santai atau sesudah makan. Kue coklat dapat juga disajikan ketika ada tamu, ketika ada acara pesta tertentu atau dapat juga digunakan sebagai oleh-oleh. Beragam jenis topik yang dibahas pada blog bisnis akan dapat menampilkan sebuah bisnis secara daring yang disebut sebagai online visibility. Pebisnis yang paham akan manfaat internet akan selalu berusaha untuk dapat tampil secara daring.

Manfaat Blog Bisnis

Manfaat blog bisnis yang bisa didapatkan yaitu dengan blog bisnis maka sebuah bisnis akan dapat terindeks dalam jaringan internet yang luas. Jaringan internet itulah yang selanjutnya berusaha dipetakan dan diindeks oleh search engine seperti Bing, Google, yandex, DuckduckGo dan lain sebagainya. Sehingga blog bisnis tersebut akan bisa ditemukan melalui search engine atau mesin pencari tersebut.

Karena blog bisnis dapat muncul dalam mesin pencari maka bisnis akan menjadi semakin terkenal. Selain itu, kemunculan bisnis di mesin pencari itu menunjukkan bahwa blog bisnis bisa memberikan solusi terhadap calon konsumen.

Bagaimana sekarang sudah cukup jelas kan apa yang dimaksud dengan blog bisnis. Jadi, pada dasarnya blog bisnis itu merupakan saluran yang digunakan untuk pemasaran melalui konten yang dapat menempatkan brand pada saat pengguna internet melakukan pencarian. Brand akan dapat ditemukan dengan mudah oleh pengguna internet hingga akhirnya menjadi lebih dikenal oleh banyak orang. Nah, bagi kamu seorang pebisnis yang belum mempunyai blog bisnis, maka segeralah bangun blog bisnis anda, sebelum semakin banyak brand-brand lain yang juga membangun blog bisnis.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian blog bisnis dan manfaatnya. Semoga penjelasan yang dapat kami tulis di sini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar