--> Skip to main content
Menu

Apa Pengertian Noah dan Cerita Peterpan Berubah Menjadi Noah

Pencinta Musik Tanah Air tentunya sudah tidak asing lagi dengan grub band noah yang dulunya pernah bernama peterpan. Kenapa band peterpan berganti mama jadi NOAH, lalu, apa pengertian Noah? Nah, bagi kamu yang belum tahu maka dalam pembahasan kali ini akan kami bahas tentang pengertian noah dan cerita peterpan berubah menjadi noah.

Apa Pengertian Noah

Pengertian Dari Noah

Pengertian kata noah berasal dari bahasa ibrani “Noach” yang berarti tenang, damai, berumur panjang, penghibur dan penggembira. Sebutan noah dalam bahasa arab lebih dikenal dengan Nuh. Baik noah dalam bahasa ibrani maupun nuh dalam bahasa arab mempunyai arti yang sama. Keduanya hanya berbeda dalam penulisan saja.

Di beberapa negara, penulisan nama Noah atau Nuh juga mempunyai beberapa perbedaan, diantarnya yaitu:

  • Noach (Ibrani, Belanda).
  • Nuh (Arab, Turki, dan Indonesia).
  • NoĆ© (Spanyol, Portugis, dan Prancis).
  • Noa (Kroasia dan Prancis ).
  • Nooa (Finlandia).
  • Noak (Swedia).
  • Nojus (Lithuania).

Sementara dalam bahasa karakter, Noah mempunyai makna yang mengarah pada karakter yang mudah bergaul, bisa diajak kerja sama dengan baik, penuh prasangka dan menebak perasaan orang dengan mudah.

Dari beberapa pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pengertian naoh adalah menentramkan dan memberi kenyamanan.

Cerita Peterpan Berubah Menjadi Noah

Memilih nama baru sebagai pengganti grup band peterpan yang sudah terlanjur melekat di hati masyarakat tentu bukanlah hal mudah. Peterpan merupakan sebuah grub band yang popular di Indonesia yang terkenal dengan lagu-lagunya yang puitis dengan bertemakan cinta yang hingga akhirnya mengubah namanya menjadi Noah.

Peterpan merupakan grub band yang berdiri pada 1 September 2000 dengan beranggotakan Andika, Ariel, Uki, Reza, Indra dan Lukman. Dalam karirnya di blantika musik Indonesia, peterpan telah sukses merilis album Taman Langit dan Bintang di Surga.

Tetapi di tengah kesuksesannya, pada tanggal 4 November 2006, personil Peterpan yang bernama Andika dan Indra resmi keluar dari Peterpan. Kemuduran Andika dan Indra pada saat itu menjadi berita yang hangat. Sebab, sejarah terbentuknya peterpan tidak lepas dari kontribusi yang banyak dari Andika termasuk yang mengusulkan nama peterpan untuk grub bandnya.

Isu perpecahan kala itu pun cukup banyak terdengar, kondisi semakin memanas pada saat ibundanya Andika merasa keberatan apabila Aril, Lukman, Uki dan Reza masih memakai nama Peterpan. Bahkan, Andika tidak memperbolehkan 4 temannya tersebut manggung sebelum mengganti nama band.

Meskipun begitu, kala itu nama Peterpan masih tetap dipakai. Setelah Andika dan Indra mundur, posisi bass dan keybord ditempati oleh Lucky dan David. Pada bulan Mei 2007, Peterpan dengan formasi dan personel baru merilis album keempatnya dengan judul Hari yang Cerah. Album ini diklaim sebagai album terakhir yang menggunaka nama Peterpan. Meskipun demikian di tahun 2008, peterpen kembali merilis album kopilasi dengan tajuk Sebuah nama Sebuah Cerita. Album ini menjadi karya terakhir peterpan dan juga menjadi ancang-ancang pergantian nama grup band tersebut.

Ariel bersama dengan personel yang lain kemudian mencari nama pengganti peterpan. Saat itu ada 4 nama yang diusulkan yaitu Masterplan, Tanaris, Raokin, dan Noah. Dan akhirnya yang dipilihnya adalah Noah dan pada tanggal 2 Agustus 2012 grup band ini mengumumkan nama barunya yaitu Noah.

Menurut Ariel sebagai vokalis grup band tersebut, NOAH berarti memberi kenyamanan, menenangkan, dan panjang umur. Setelah berganti nama, grup musik tersebut merilis singel yang berjudul "Separuh Aku". Kala itu NOAH telah terbentuk tetapi personel yang bernama lucky mundur sehingga noah memiliki 5 personel yaitu Ariel, Uki, Lukman, Reza, dan David.

Itulah penjelasan tentang apa pengertian noah dan cerita peterpan berubah menjadi noah. Semoga apa yang kami tulis dalam artikel ini dapat menambah pengetahuan kita.